Inspirasi Tokoh

10 Tokoh Wanita Indonesia Masa Kini yang Inspiratif

10 Tokoh Wanita Indonesia Masa Kini yang Inspiratif

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A. Kartini memperjuangkan kesetaraan bagi kaum wanita. Kini telah lahir banyak sekali tokoh-tokoh perempuan yang menginspirasi di Tanah Air.

Beberapa diantaranya, ada yang berkiprah sebagai pebisnis, pejabat dan lainnya. Tokoh-tokoh tersebut bahkan memberikan teladan bagi setiap perempuan Indonesia. Baik itu menjadi teladan tentang kecerdasan, profesionalisme hingga kemandirian.

Siapa sajakah tokoh-tokoh wanita tersebut? Berikut pemaparan tentang 10 wanita paling inspiratif dan berprestasi di Indonesia.

Daftar Tokoh Wanita Indonesia yang Menginspirasi

  • Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti adalah tokoh wanita Indonesia berprestasi yang banyak menuai kekaguman. Beliau menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jabatan yang disandangnya berada di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Susi Pudjiastuti adalah menteri yang sering membuat banyak gebrakan besar.

Kisah kehidupan Ibu Susi dapat dibilang unik. Pada saat kelas 2 SMA, beliau harus rela dikeluarkan dari sekolah karena aktif dalam gerakan Golput. Dirinya pun kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah.

Kemudian dirinya lebih memilih untuk menjadi seorang pelaku usaha. Bermodalkan uang Rp 1 juta, Susi kemudian memutuskan untuk menjadi pengepul ikan. Usaha yang dijalankannya dari nol kini semakin membesar.

Dirinya bahkan telah mendirikan maskapai penerbangan sendiri di bawah naungan Susi Air. Dari kegigihannya ini, Menteri Susi menjadi inspirasi bagi banyak orang. Khususnya kaum perempuan yang ingin sukses berkarier.

Menteri Susi bahkan dapat membuktikan mampu meraih kesuksesan tanpa menamatkan Sekolah Menengah Atas.

  • Grace Natalie

Grace Natalie adalah pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Berawal dari dunia wartawan, kemudian dirinya terjun ke dunia politik. Selain pendiri, Grace pun merupakan sosok ketua umum dari partai PSI.

Grace Natalie Louisa dilahirkan di Jakarta 4 Juli 1982. Ia adalah lulusan SMAK 3BPK Penabur. Kemudian menuntaskan pendidikan Manajemen Akuntansi di Institut Bisnis Indonesia, yang kini berubah menjadi Universitas Kwik Kian Gie.

Tahun 2004, Grace direkrut menjadi reporter di salah satu TV swasta. Tahun selanjutnya Grace dipercaya menjadi anchor berita di stasiun TV yang sama.

Selama bekerja menjadi jurnalis, dirinya pernah meliput konflik terorisme yang pernah marak di Indonesia.

8 tahun menjadi seorang wartawan, kemudian dirinya masuk dalam lembaga survei. Lembaga tersebut bernama Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Di SMRC, ia diangkat menjadi Chief Executive Officer (CEO). Lewat pengalamannya inilah kemudian ia berkeinginan terjun ke dunia politik.

  • Tri Rismaharini

Tokoh wanita Indonesia yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang. Tri Rismaharini adalah sosok pemimpin daerah yang tegas. Dengan keberanian, kejujuran dan ketegasannya, Ibu Risma semakin dipercaya menjadi Walikota Surabaya.

Gaya kepemimpinannya merakyat dan juga rendah hati. Dirinya bahkan tak segan untuk turun langsung ke lapangan. Tahun 2014, Ibu Risma berhasil meraih titel sebagai walikota terbaik nomor 3 menurut The City Mayor Foundation.

  • Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah seorang wartawan atau reporter yang menjadi presenter. Najwa Shihab lahir di Makasar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977.

Najwa adalah putri kedua dari Quraisy Shihab. Perempuan yang akrab disapa Nana ini adalah alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000.

Pada tahun 2005, Nana berhasil meraih penghargaan dari PWI pusat dan PWI Jaya. Penghargaan tersebut, untuk laporan-laporannya dari Aceh pada saat bencana Tsunami. Tahun 2006, Nana pun berhasil terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV.

Dan penghargaan bergengsi lain seperti Young Global Leader (YGL) 2011.

  • Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati adalah tokoh wanita Indonesia paling fenomenal. Perempuan kelahiran Bandar Lampung ini telah dikenal hingga ke seluruh dunia.

Sri Mulyani bisa disebut juga sebagai sosok Kartini modern. Dirinya sangat menginspirasi perempuan-perempuan millennial di Tanah Air.

Majalah Forbes menobatkannya sebagai wanita paling berpengaruh urutan 38, tahun 2014.

Prestasi terbarunya adalah menteri terbaik di Asia Pasifik tahun 2018 oleh FinanceAsia. Penghargaan tersebut diraih karena dirinya piawai mengelola keuangan negara.

  • Merry Riana

Merry Riana saat ini menjadi tokoh wanita Indonesia yang sedang naik daun.

Merry ialah seorang pengusaha sekaligus motivator. Perempuan kelahiran Jakarta 29 Mei 1980 ini telah menjadi pembicara di berbagai seminar. Selain itu, sering juga menjadi pembicara di sekolah, perusahaan dan media masa.

Di usia 26 tahun, dirinya berhasil menghasilkan uang 1 juta dolar Singapura. Pencapaian tersebutlah yang kemudian dikenal oleh publik atas dirinya.

Merry pun penulis dari buku yang berjudul A Gift From a Friend.

  • Dian Pelangi

Dian Pelangi adalah perempuan kelahiran Palembang tahun 1991. Dian meraih pendidikan sekolah mode di Ecole des Arts et Techniques Superieur de la Mode (ESMODE) tahun 2008. Setelah lulus, dirinya mampu menggebrak dunia fashion di Indonesia.

Dian Pelangi adalah perancang busana genre hijab yang namanya harum di dunia.

Dian berhasil membawa perubahan dalam segmen fashion karyanya. Dian pun sering menghiasi acara fashion bergengsi. Diantaranya seperti The International Fair of Muslim World di Paris, Jakarta Fashion Week dan lainnya.

Dian juga dinobatkan dalam daftar “30 under 30” versi Majalah Forbes untuk kategori The Arts and Celebrities.

  • Angkie Yudistia

Angkie Yudistia adalah penulis buku L’Oreal. Buku tersebut berisi tentang kisah dan profil peneliti wanita yang menginspirasi. L’Oreal adalah buku keduanya yang merupakan hasil wawancara.

Sebelumnya, perempuan kelahiran 5 Juni 1987 ini telah menerbitkan buku terbaik. Buku pertamanya berjudul Perempuan Tunarungu Menembus Batas.

Buku pertamanya adalah wujud dari mimpinya dalam keterbatasannya sebagai seorang difabel.

  • Sri Wahyuni Agustiani

Sosok wanita yang menginspirasi ini adalah seorang atlet angkat besi Indonesia. Sri Wahyuni lahir tanggal 13 Agustus 1994 di Bandung. Dirinya berhasil meraih medali perak angkat besi di Olimpiade Rio de Janaeiro 2016.

Olimpiade tersebut adalah debut pertama dirinya di pesta olahraga terbesar dunia.

Sri pun pernah merebut emas Islamic Solidarity Games 2013 di Palembang. Dirinya pun berhasil merebut emas di Sea Games Myanmar di tahun yang sama.

Selain itu, Sri masih memiliki segudang prestasi lain. Salah satunya meraih dua emas dan satu perak kejuaraan Dunia Junior Angkat Besi di Rusia tahun 2014.

  • Diajeng Lestari

Diajeng Lestari lahir pada tanggal 17 Januari 1986 di Bekasi. Diajeng adalah seorang pendiri Hijup.com. Situs yang didirikannya merupakan situs fashion Muslimah dan brand ternama.

Diajeng Lestari adalah istri Achmad Zaky seorang pendiri Bukalapak. Diajeng sangat menyukai mata kuliah Management of Changes.

Perjalanannya dalam membesarkan Hijup.com penuh dengan lika-liku. Awalnya, perusahaan yang ia kembangkan hanya mempekerjakan 2 pegawai. Yakni untuk bagian komputer dan gudang. Saat ini, situs tersebut kian berkembang dan sudah terkenal di Indonesia.

Hijup.com adalah e-commerce pertama di Indonesia yang bergerak dalam fashion Muslimah.

Nah, itulah tokoh wanita Indonesia yang saat ini banyak menginspirasi wanita lain. 10 tokoh tersebut merupakan wanita-wanita yang berprestasi. Dari tokoh-tokoh di atas, siapakah yang paling Anda jagokan?

Baca selengkapnya: Biografi Tokoh Wanita Indonesia

Related posts

3 Alasan kenapa Wanita dan Pendidikan Kini Tidak Bisa Dipisahkan

Jeng Susan

Mencontoh Semangat Perjuangan Dian Pelangi

Jeng Susan

Tri Rismaharini: Profil Mengenai Pemimpin Wanita yang Tegas

Jeng Susan

Leave a Comment