Info

Ini Dia 9 Cara Membersihkan Kamar Mandi yang Kamu Bisa Kerjakan Tanpa Bantuan Orang Lain

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib...

Written by SEO Expert · 3 min read >
Simak Yuk 9 Langkah Membersihkan Kamar Mandi yang Mudah dan Praktis Ini!

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan jika ingin kamar mandi menjadi tempat menyenangkan seperti tempat lainnya di dalam rumah kamu.

Bagi sebagian orang, kamar mandi hanya berfungsi sebagi tempat untuk mandi dan membuang hajat. Orang masuk hanya untuk mandi dan membuang hajat dengan buru-buru.

Akan tetapi bagi beberapa orang, kamar mandi juga menjadi tempat yang menyenangkan selain mandi dan buang hajat. Mereka bisa melakukan aktivitas lain yaitu membaca buku, bernyanyi dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, membersihkannya secara rutin adalah wajib agar kamar mandi selalu bersih dan nyaman bagi penghuni rumah.

Baca juga: 15 Alasan Mengapa Harus Membersihkan Kamar Mandi Anda Secara Rutin

Untuk bisa  membersihkan kamar mandi secara maksimal, kami akan memberitahukan beberapa tips. Pastikan bahwa semua anggota keluarga sudah selesai beraktivitas di kamar mandi agar supaya kegiatan kamu ini tidak terganggu.

Sebelum memulainya, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman agar leluasa bergerak, dan pastikan bahwa waktumu banyak sehingga tidak akan terburu-buru dalam melakukannya. Berikut caranya: 

Cara 1: Keluarkan Barang-barang Dari Kamar Mandi

Mengeluarkan semua barang yang terdapat di dalam kamar mandi merupakan cara awal membersihkan kamar mandi. Jika ada pakaian kotor atau handuk yang tergantung di dalam kamar mandi, keluarkan terlebih dahulu dan taruh di dalam mesin cuci. 

Semua peralatan mandi semisal sikat gigi, pasta gigi, shampoo, sabun mandi, sponge dan alat mandi lainnya baiknya kamu keluarkan. Tujuan dari melakukan hal ini agar supaya barang-barang ini tidak menghalangi aktivitas utama kamu.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Sangat Mengganggu

Kamu bisa melakukan ini sambil menyortir barang-barang mana yang harus kamu buang dan ganti. Sikat gigi yang sudah lama, baiknya kamu ganti. Botol shampo yang kosong bisa kamu isi lagi jika sudah mulai habis.

Cara 2:  Hilangkan Sarang Laba-laba di langit-langit kamar mandi

Langit-langit kamar mandi kita biasanya menjaditempat tinggal sarang laba-laba dan debu. Karena tinggi maka untuk membersihkannya, kamu harus gunakan sapu pembersih langit-langit. Mulailah membersihkan dari tiap sudut langit-langit hingga bagian tengah. Pastikan bahwa tidak ada kotoran yang beterbangan.

Cara 3: Bersihkan Rak atau Kabinet dari Debu

Setelah langit-langit bersih, waktunya membersihkan rak atau kabinet penyimpanan. Gunakan kain microfiber dan air untuk mengusir debu. Cara membersihkan kamar mandi ini harus kamu lakukan dengan baik agar bakteri dan debu tidak jadi sarang penyakit. Setelah selesai, lap dengan kain microfiber yang kering.

Cara 4: Bersihkan Cermin dan Sekat Kamar Mandi

Cermin dalam kamar mandi harus selalu dalam keadaan bersih. Penyebabnya adalah cermin ini adalah alat yang kamu biasanya gunakan untuk berdandan atau bercermin.

Cara membersihkan kamar mandi pada bagianini adalah dengan menggunakan kain microfiber saja. Kain ini fungsinya untuk mengelap kotoran yang menempel di cermin. Selanjutnya, gunakan sabun khusus kaca atau cermin yang kamu harus semprotkan ke cermin. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan wiper atau alat kebersihan lainnya.

Terapkan cara ini untuk membersihkan sekat pemisah shower dan toilet yang terbuat kaca. Lakukan hal yang sama hingga kaca benar-benar bersih dan jernih.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 5: Bersihkan Wastafel dari Kotoran dan Kerak

Cara membersihkan kamar mandi selanjutnya adalah membersihkan wastafel. Jangan lupa menggunakan spons .

Tuangkan sedikit sabun pembersih pada spon, mulailah menggosokannya pada wastafel dan kran air. Gunakan sikat gigi jika terdapat noda yang terselip. Setelah itu, lap dengan air bersih.

Cara 6: Gosok closet menggunakan sikat dan sabun pembersih

Perlu kita ketahui bahwa sumber bau tak sedap dalam kamar mandi biasanya berasal dari kloset. Maka dari itu, closet harus selalu bersih agar tidak menyisakan bau.

Cara pertama membersihkan kamar mandi ini bisa kamu mulai dengan menuangkan pembersih khusus ke dalam closet. Tunggu beberapa saat. Setelah itu gosok closet hingga ke sudut-sudut terdalamnya dengan sikat closet.

Untuk membuang sabun dan kotorannya, tekan tombol flush untuk menyiram dengan air. Bersihkan juga dudukan dan sandaran closet. Perlu kamu tahu bahwa membersihkan closet duduk dan jongkok itu berbeda. Untuk closet duduk, jangan lupa untuk membersihkan sandaran closetnya juga.

Dan untuk closet jongkok, sikat alas kaki dan sekitarnya dengan menggunakan sabun pembersih lantai hingga bersih. Selesaikan cara membersihkan kamar mandi ini dengan menyiramkan air yang banyak hingga bersih. JIka kamu punya bidet, bersihkan bidet dengan cara yang sama seperti di atas.

Baca juga: 12 Jenis Tanaman Penghilang Bau Kamar Mandi

Bukan hanya membersihkan saja, pastikan juga kamu selalu mengecek keadaan kloset secara rutin. Jika mulai mampet, lakukan penyedotan agar keadaan ini tidak semakin parah.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 7: Sikat Dinding Keramik

Dinding kamar mandi kamu juga harus selalu bersih sebab ini adalah bagian terbesar dari sebuah kamar mandi. Mulailah membersihkan kamar mandi dengan menyemprotkan sabun pembersih khusus dinding . Setelah cukup lama, mulailah menggosok dengan sikat hingga bersih. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian sela-selanya. Bilas dengan air yang banyak.

Cara 8: Bersihkan Shower, Bath tub, atau Bak Mandi

Untuk mengalirkan air atau menampung air maka bak mandi, bath tub dan shower adalah barang yang kita butuhkan. Kebersihannya  harus selalu kamu jaga. Cara membersihkan kamar mandi disini adalah dengan menggunakan sikat gigi dan sabun pembersih. Sikat shower dan sela-sela krannya hingga bersih total.

Untuk bath tub dan bak mandi, cara membersihkannya juga sama. Tuangkan sabun pembersih ke dalam bak atau bath tub, dan tunggu beberapa saat. Gosok setiap sudut-sudutnya dengan menggunakan sikat. Setelah itu bilaslah dengan air bersih dan lap dengan kain microfiber yang kering.

Cara Membersihkan Kamar Mandi 9: Sikat Lantai Kamar Mandi

Cara untuk membersihkan kamar mandi yang terakhir adalah menyikat lantainya. Sikat semua sela-sela lantai dengan sikat sampai bersih. Cara ini sangat menguras tenaga karena kamu harus menyikatnya sampai ke sela-sela lantai dan kerak yang membandel.

Sebelum menyikatnya, tuangkan terlebih dahulu sabun pembersih dan dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, sikat hingga bersih. Untuk sela-sela lantai, gunakan sikat gigi agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian tips yang bisa kamu gunakan sebagai panduan membersihkan kamar mandi kamu.

Jangan lupa untuk membuka pintu kamar mandi dan menyalakan exhaust jika ada selama proses pembersihan ini agar sirkulasi udara tetap ada.

Dan jangan lupa bersihkan kain microfiber dan sikat setiap kamu berpindah membersihkan dari satu benda ke benda lainnya. Semangat!

Tips tambahan: bagi kamu yang mulai bermasalah dengan wc yang penuh, lakukan penyedotan berkala sebab wc yang penuh akan membuat ketidak-nyamanan sekalipun kamu memiliki kamar mandi yang bersih.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *