Nature, Travel

Pesona Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani di Lombok

Air terjun Benang Kelambu geopark Rinjani di Lombok, jadi destinasi tepat saat liburan. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak wisata alam, yang...

Written by Jeng Susan · 1 min read >
Pesona Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani di Lombok 2

Air terjun Benang Kelambu geopark Rinjani di Lombok, jadi destinasi tepat saat liburan. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak wisata alam, yang bisa dipilih. Salah satu wisata terkenal dari daerah itu adalah, Pantai Kuta. Ternyata, bukan saja Pantai Kuta. Air Terjun Benang Kelambu tak kalah indahnya.

Air terjun ini, memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, air terjun berasal dari aliran sungai. Berbeda dari air terjun ini. Benang Kelambu, berasal dari mata air langsung. Airnya jernih dan segar. Keunikan ini, dikombinasikan dengan pemandangan alam penuh pesona.

Hal ini sudah diakui oleh banyak orang. Seorang asesor geopark dunia, Prof Watanabe pun mengakuinya.

Keindahan Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani di Lombok

Di dekat air terjun ini, juga ada potensi alam menakjubkan. Namanya adalah, air terjun Benang Stokel. Tampilannya hampir sama, dengan air yang tipis dan lembut. Air terjun Benang Kelambu, memiliki kesegaran alami.

Anda bisa merasakan sendiri, bagaimana suasana alamnya. Udaranya pun terasa segar, dan masih alami. Jauh dari kesan polusi.

Sumber air terjun ini adalah, Danau Segara Anak. Masyarakat percaya, jika air di sini mampu menyembuhkan penyakit. Anda pun bisa terlihat lebih awet muda, dengan air ini. Tapi, terserah masing-masing orang. Boleh percaya ataupun tidak.

Ada dua kelompok, pada air terjun ini. Kelompok pertama, terdiri dari dua air terjun. Kelompok ini, berada di sebelah kiri undakan.

Kelompok kedua juga, terdiri dari dua sampai tingkatan air terjun. Kelompok kedua adalah, kelompok utama. Letaknya, di depan undakan. Tinggi air terjun kelompok kedua, sekitar 40 meter.

Curahan air tidak langsung jatuh ke kolam. Air jatuh ke ketiga susunan batu terlebih dulu. Batu tersebut, berbentuk pipih dan lebar. Batu berada di tingkatan kedua.

Batu ini, mampu menahan curahan air sebelum jatuh ke piringan dan kolam. Aliran air menjadi tidak deras. Itulah mengapa, banyak wisatawan yang mandi di kolam ini. Mereka juga berendam.

Akses Jalan Menuju Air Terjun Benang Kelambu

Berjarak 30 km, dari Mataram ke arah timur. Waktu tempuh, sekitar 45 menit dari Kota Mataram. Jika dari Kota Praya, waktu tempuh sekitar 30 menit untuk 25 km. Belum ada angkutan umum, menuju lokasi ini. Anda perlu kendaraan pribadi atau sewa. Kendaraan roda dua, dan empat bisa melaluinya.

Jika berangkat dari Mataram. Anda akan melalui Narmada, Sedau dan pertigaan Desa Pancor Dao. Lalu arahkan ke timur laut. Sampai ke pertigaan pasar Teratak. Kemudian, belok ke kiri melalui jalan pedesaan.

Kondisi jalan sudah beraspal. Tapi, masih ada jalan yang berlubang. Ukurannya pun sempit, untuk berpapasan dua kendaraan. Petunjuk jalan menuju lokasi cukup minim. Sudah banyak orang yang tersesat. Karena banyak ditemukan juga, pertigaan dan tikungan menuju lokasi.

Anda harus melewati air terjun Benang Setokel dulu. Lalu jalan kaki, melalui jalan setapak berupa tanggal. Sekitar 20 menit melewati hutan. Anda sudah sampai, ke kawasan air terjun. Sebelum sampai air terjun Setokel. Sekitar 50 m, masuk jalan tanah setapak di kiri. Kondisi jalan cukup terjal dan licin. Anda harus berhati-hati.

Anda akan melalui hutan sejauh 1 km. Waktu tempuh perjalanan ini adalah 30 menit. Tak berapa lama, Anda akan sampai ke lokasi. Demikian pesona air terjun Benang Kelambu geopark Rinjani di Lombok.

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata dari Jeng Susan

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *