Intermezzo

Alasan Mengapa Kamu Perlu VPS ?

Written by SEO Expert · 2 min read >
Ilustrasi VPS
(foto: freepik.com)

Orang bisa saja membeli perangkat server sendiri di marketplace. Namun perkembangan teknologi yang pesat akan memaksa mereka untuk sering berganti perangkat server. Jika diandaikan ini mirip dengan perkembangan smartphone yang mana belum sampai setengah tahun sudah muncul seri terbarunya dengan spesifikasi jauh lebih tinggi.

Tentunya itu akan membuat orang tersebut keteteran, apalagi kalau masih pemula dalam dunia website. Menggunakan perangkat yang kuno bisa membuat kecepatan akses menjadi rendah dan juga kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar serta RAM yang kecil. Semua kekurangan tersebut bisa sangat berdampak pada performa website. Solusinya adalah dengan berlangganan VPS.

Beberapa AlasanMenggunakan Virtual Private Server

Ada beberapa alasanyang bisa kamu jadikan tolak ukur mengapa penggunaan virtual private server penting. Seluruh alasan tadi akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan akses data dengan menggunakan internet. Langsung saja kita semua mengenai beberapa alasan tersebut:

1. Kemudahan Mengakses Informasi dan Berkolaborasi

Baru-baru ini Google workspace tengah gencar-gencarnya diperkenalkan kepada masyarakat milenial. Mereka menekankan kemudahan untuk berkolaborasi dengan rekan satu perusahaan dan juga perusahaan lain. Mereka juga menawarkan tentang keamanan privasi. Namun tetap saja tidak semua masyarakat percaya tentang seluruh fitur yang diberikan oleh Google.

Ada beberapa orang yang tetap memutuskan untuk memiliki website sendiri untuk bisa berkolaborasi dengan rekan satu tim maupun menarik perhatian perusahaan lainnya. Sebagian besar orang-orang tersebut memilih untuk menggunakan virtual private server. Selain kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, mereka juga tidak harus berbagi resource dengan orang lain.

Ini benar-benar merupakan sebuah cara untuk berkolaborasi dengan sistem keamanan yang tinggi. Rekan kerja dan kamu sama-sama bisa membuat platform yang bisa diakses secara bersama tanpa harus menggunakan Google docs.

2. Kapasitas Penyimpanan Besar

Setiap orang yang memiliki profesi berkaitan dengan dunia IT, biasanya mereka akan perlu tempat penyimpanan khusus yang sifatnya personal. Tidak peduli itu untuk menyimpan musik, video, software, dan lain sebagainya, mereka tidak ingin seluruh hal tersebut diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Sampai dengan saat ini kebanyakan servis dengan konsep tersebut yang disediakan oleh Google masih ditujukan masyarakat yang bertempat tinggal di Amerika serikat. Kamu tidak usah berharap untuk bisa menggunakannya dalam waktu dekat. Kamubisa membuat layanan tersebut sendiri dengan menggunakan virtual private server.

Keunggulanmembuat platform sendiriadalah bisa mengontrol seluruh data yang kamu simpan dalam server hanya untuk kamu seorang. Proses pengendalian data tersebut juga bersifat lebih fleksibel, sehingga itu semakin memudahkan kamu untuk bisa menyimpan data secara khusus yang sifatnya pribadi.

Baca juga : Mengenal Material Geotextile dan Fungsinya

3. Kemudahan Berkomunikasi

Selama kamu tinggal di daerah yang bisa dijangkau secara mudah oleh satelit, kamu dapat berkomunikasi dengan siapa saja menggunakan smartphone. Kamu juga akan bisa menjalinkomunikasi melalui media sosial. Namun menggunakan media sosial terdapat batasan dimana tidak bisa digunakan untuk berdiskusi sesuatu hal yang serius, misalkan saja keperluan kantor.

Solusi dari kemudahan berkomunikasi mengenai keperluan kantor adalah menggunakan website tersendiri. Website tersebut mengandalkan server dengan jenis VPS untuk bisa menyimpan data dari seluruh karyawan yang lebih besar jumlahnya. Seluruh karyawan tidak perlu takut untuk di-banned ataupun di blog selama bagian admin tidak melakukan hal tersebut.

Sangat berbeda bukan dengan media sosial, dimana orang lain bisa saja melakukan ban dan block terhadap seseorang. Tidak heran bila kebanyakan perusahaan besar menggunakan layanan provider yang satu ini.

4. Membuat Game Hosting

Kamu sudah melihat ada banyak sekali developer muda yang bisa berhasil dengan menciptakan game yang menyebabkan ketagihan. Tidak bisa dibayangkan jika game berbasiskan website tersebut dijalankan dengan menggunakan shared hosting. Adanya setiap gamers di dalamnya akan merasakan macet-macet saat bermain game dan akhirnya mereka keluar dari game tersebutsambilmarah-marah.

Itulah mengapa minimal sebuah perusahaan game hosting perlu berlangganan virtual private server. Sedangkan menggunakan dedicated server perlu mengeluarkan banyak dana dan itu bisa sangat membebani developer yang baru berdiri. Penggunaan dedicated server sendiri juga mengharuskan pemiliknya untuk melakukan banyak sekali pengaturan yang tidak mudah.

Padahal bila developer tersebut memutuskan untuk berlangganan virtual private server, mereka akan bisa dibantu oleh provider dalam melakukan sejumlah setting root. Tidak lagi harus mengatasi semuanya sendirian, termasuk ketika ada serangan hacker. Pihak developer bisa dibantu oleh tim support yang disediakan oleh provider.

Apabila kamu ingin membangun sebuah developer game, kamu harus mencari tahu tentang VPS mana yang ingin kamu gunakan. Jika kamu sudah membaca artikel ini, apakah kamu sudah menemukan solusi yang tepat. Kamu hanya perlu mengunjungi website Domainesia dan berkonsultasi dengan tim kami.

Kamu akan diberitahu dengan sejumlah kelebihan fitur yang disediakan oleh kami. Beberapa kelebihan fitur VPS kami adalah adanya instan spin, Native SSD, dan teknologi mutakhir berupa Intel Xeon E5. Setidaknya ada 3 paket VPS yang bisa kamu pilih, seperti 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *