Kapal

Alat Keselamatan Kerja Awak Kapal Laut

Awak kapal laut merupakan bagian penting dari kapal laut yang sedang beroperasi. Tanpa awak kapal, kapal laut tidak dapat berfungsi secara baik....

Written by Dennis · 3 min read >
alat keselamatan pekerja

Awak kapal laut merupakan bagian penting dari kapal laut yang sedang beroperasi. Tanpa awak kapal, kapal laut tidak dapat berfungsi secara baik. Awak kapal laut ini secara umumnya dikenal sebagai ABK atau Anak Buah Kapal.  Anak buah kapal biasanya bekerja di atas kapal. Mereka dapat bekerja di salah satu dari banyak bidang yang berbeda di alam kapal tersebut. Kini, anda harus melengkapi semua pekerja dengan alat keselamatan kerja.

Mereka biasanya bekerja dalam bidang pengoperasian dan pemeliharaan kapal. Sebelum anak buah kapal bekerja di atas kapal, mereka harus terlebih dahulu memiliki sertfikat khusus kepelautan. Namun, ada juga beberapa kasus yang dimana anak buah kapal tersebut bisa bekerja tanpa sertifikat ini.

Pekerjaan yang dilakukan anak buah kapal pun tergolong pekerjaan yang tangguh dan cukup berbahaya. Mereka bertugas menjaga mesin, memperbaiki dan merawat kapal serta memastikan bahwa stok makanan dan minuman ada. Selain itu, ada juga yang bertanggung jawab menjaga mesin pompa dan bahan bakar.

Dalam kapal ikan, anak buah kapal biasanya ditugaskan untuk ikut menangkap ikan dan memindahkan ikan untuk ditaruh di pendingin agar utuh. Dalam kapal barang, anak buah kapal bertugas menjaga agar barang tidak ada yang rusak. Di atas itu semua, mereka harus kuat meninggalkan rumah dan keluarga karena dapat berada di kawasan perairan selama berbulan bulan.

Penyebab kecelakaan

Ada banyak penyebab dari kecelakaan kerja di atas kapal laut. Yang pertama adalah ketidakpahaman dari anak buah kapal tersebut. Terkadang kurangnya training atau pengalaman dalam pekerjaan dapat mengakibatkan bahaya. Tidak tahu cara mengoperasikan mesin atau tidak memahami prosedur keselamatan kerja dapat memicu kecelakaan kerja. Perlengkapan navigasi juga bisa mengganggu para awak kapal dalam berlayar.

Terkadang anak buah kapal mengerti prosedur keamanan dan mengerti cara mengoperasikan mesin, namun malas dalam melaksanakannya. Ini dapat berujung kecelakaan. Yang terakhir adalah faktor eksternal. Terkadang ada pipa bocor ataupun kebakaran terjadi. Hal ini pastinya tidak dapat dihindari sehingga terjadilah kecelakaan.

Akibat kecelakaan kerja

Ada banyak akibat dari kecelakaan kerja yang terjadi pada semua pihak yang bersangkutan pada kapal laut tersebut. Akibat pertama mengacu pada anak buah kapal itu sendiri. Jika mereka mengalami kecelakaan kerja, mereka dapat mengalami cacat atau kehilangan bagian badan.

Mereka dapat kehilangan lengan ataupun kaki karena kecelakaan kerja yang fatal. Selain cacat, pastinya mereka juga dapat memiliki masalah kejiwaan karena tidak lagi dapat berpikir secara lurus. Yang paling parah adalah kematian, yang dimana anak buah kapal ini dapat berada dalam kecelakaan kerja yang merenggut nyawa mereka.

Bahaya yang harus diwaspadai

Tugas tugas anak buah kapal yang berat dan berbahaya ini tentu menakutkan. Tak sedikit anak buah kapal yang mengalami kecelakaan bahkan meninggal dalam kapal. Di saat mereka meninggal karena penyakit atau kelelahan, hal tersebut memang tidak bisa terhindari. Namun ada juga yang celaka ataupun bahkan meninggal karena bertugas menjaga mesin ataupun terbakar bahan bakar yang panas.

Karena hal itu, keselamatan kerja para anak buah kapal merupakan prioritas yang penting. Kapal laut yang menghargai anak buah kapalnya harus dapat memastikan bahwa anak buah kapal mereka mengikuti prosedur keamanan. Untuk mencapai keselamatan kerja tersebut, pastinya mereka harus dapat menyediakan alat alat keselamatan kerja untuk anak buah kapal.

Alat keselamatan

Ada banyak alat keselamatan kerja yang dapat digunakan oleh anak buah kapal dalam kapal laut. Alat alat ini nantinya dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan atau bahkan menyelamatkan mereka dari situasi kecelakaan. Alat keselamatan kerja pertama pakaian pelindung. Pakaian pelindung ini berguna untuk melindungi anak kapal laut dari bahan bahan berbahaya. Bahan bahan ini dapat berupa minyak panas, bahan kimia atau bahkan percikan pengelasan.

Safety coverall

Salah satu bentuk dari pakain pelindung adalah safety coverall. Safety coverall, selain melindungi anak buah kapal dari bahan bahan berbahaya, juga dapat menjaga kebersihan pakain kerja mereka. Coverall juga tergolong nyaman untuk dipakai dan memberikan ruang bebas untuk bergerak. Safety coverall juga memberikan perlindungan kepada seluruh tubuh dari anak buah kapal; mulai dari pergelangan tangan sampai pergelangan kaki.

Helm

Selain safety coverall, alat keselamatan kerja lainnya yang penting digunakan adalah helm. Bagian paling penting yang harus dilindungi adalah kepala. Maka dari itu, anak buah kapal, jika sedang bekerja, wajib menggunakan helm pelindung. Helm yang bagus terbuat dari plastik keras. Helm ini nantinya dapat melindungi anak buah kapal dari barang yang jatuh ataupun disaat terjatuh.

Sepatu dan sarung tangan

Rata rata lantai dari ruang internal dan ruang mesin di kapal terbuat dari logam keras yang sangat berbahaya bagi pekerja. Belum lagi lantai yang kotor, berkuman dan bahkan ada pecahan gelas atau sejenisnya. Maka dari itu, sangat penting untuk melindungi kaki anak buah kapal. Disinilah sepatu safety sangat berguna. Sepatu ini nantinya akan melindungi kaki anak buah kapal saat bekerja.

Selain sepatu, sarung tangan juga menjadi alat keselamatan kerja yang wajib digunakan. Sarung tangan biasa digunakan dalam kegiatan yang dimana ada keharusan untuk melindungi tangan. Sarung tangan ini nantinya akan melindungi tangan anak buah kapal dari permukaan yang panas ataupun berbahaya untuk disentuh.

Ada banyak macam sarung tangan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Sarung tangan kapas, sarung tangan panas, sarung tangan las dan sarung tangan kimia. Sarung tangan yang tepat harus dapat digunakan untuk kegiatan yang tepat pula.

Earplugs dan Masker

Alat keselamatan kerja lainnya adalah earplugs. Dikarenakan ruang mesin dalam kapal laut dapat menghasilkan suara mencapai 120db, earplugs sangat berguna. Ini dikarenakan frekuensi suara yang sangat tinggi dapat membuat anak buah kapal kehilangan pendengaran. Maka dari itu earplugs adalah salah satu alat yang juga wajib dipakai.

Alat keselmatan kerja terakhir adalah masker. Ada banyak partikel dan udara kimia yang terdapat di ruang ruang kapal laut seperti di ruang mesin dan ruang bahan bakar. Agar mencegah penghirupan bahan kimia yang tidak diinginkan, anak buah kapal wajib memakai masker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *