Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

Alat Komunikasi Perkapalan Yang Wajib Untuk Dimiliki

alat komunikasi

Komunikasi merupakan suatu unsur yang sangat penting, bahkan bisa dibilang sebagai unsur paling penting dalam kehidupan antara manusia. Komunikasi merupakan suatu kegiatan proses seseorang menggunakan informasi yang tersedia agar dapat terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik antar individu, diperlukan beberapa komponen yang penting. Seperti alat komunikasi pengirim, pesan, saluran, penerima, umpan balik, dan aturan. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang terus maju, komunikasi semakin menjadi mudah dan cepat.

Pentingnya alat komunikasi

Komunikasi memiliki peran penting di dalam kehidupan manusia, dan telah berselimut di hampir di seluruh aspek kehidupan manusia sekarang ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas komunikasi di bidang pelayaran terutama alat alat komunikasi yang di pakai di kapal. Semua jenis kapal pasti membutuhkan peralatan kapal untuk berkomunikasi jarak panjang.

Dalam perlayaran, komunikasi tidak kalah penting dengan aspek aspek pelayaran lainnya. Di tengah laut yang luas dan penuh akan hal yang tidak terduga semuanya bisa terjadi. Oleh karena itu dibutuhkan alat alat komunikasi yang memadai di kapal. Alat komunikasi membantu agar sebuah kapal dapat terhubung dengan pusat untuk menolong anda.

Di saat itu juga, anda bisa mendapatkan update kondisi laut dan posisi kapal secara terus menerus. Alat komunikasi juga dapat dipakai sebagai media untuk berkomunikasi antar kapal kapal lain. Semua kapal ini akan tentunya juga penting untuk bertukar informasi dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Berikut perlengkapan kapal di bidang komunikasi yang dapat kita temukan di kapal.

Telegraf

Kalian pasti pernah menjumpai alat yang satu ini ketika menonton film. Terutama film film yang bertemakan seperti perang dunia atau tahun 1900. Nah kemungkinan besar orang itu sedang menggunakan alat komunikasi telegraf. Telegraf adalah sebuah mesin atau alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan. Dari jarak yang jauh, anda bisa menggunakan sebuah kode morse sebagai kode atau bahasa komunikasi.

Kode morse merupakan metode pengiriman informasi dengan menggunakan semacam nada, suara, atau cahaya dengan membedakan ketukan dash and dot. Kode ini dikirim dalam pesan kalimat, kata, huruf, angka, dan tanda baca. Pesan kode morse pada telegraf dikirimkan oleh sebuah operator telegraf lewat telegram. Dengan telegram, keterbatasan penyampaian pesan jarak jauh dapat diselesaikan.

Pengiriman dan penerimaan informasi bersifat hampir mendekati instan. Tentunya alat ini sangat bermanfaat tidak hanya di bidang pelayaran. Namun untuk penggunaan luas masyarakat juga. Telegraf yang masih bisa ditemukan zaman sekarang saat dikit. Para pemiliki yang bisa melakukan pemeliharaan kapal dengan baik pasti mashi memiliki mesin ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Marine VHF radio

Alat komunikasi yang terdapat di kapal dan akan dijelaskan selanjutnya ialah Marine VHF radio. Alat ini merupakan sesuatu yang sangat wajib untuk dimiliki hampir seluruh kapal. VHF radio berfungsi untuk memenuhi tujuan menghubungi atau memanggil tim penyelamat ketika dalam keadaan darurat. Radio adalah alat yang cukup bagus dalam keadaan darurat dikarenakan memiliki frequensi yang sangat tinggi. Sama seperti namanya VHF yang merupakan very high frequency.

Marine VHF radio ini terdiri dari sebuah pemancar dan penerima. Alat radio VHF yang terdapat di kapal ini hanya dapat bekerja pada frequensi tertentu yang biasa disebut sebagai channel. Ada 2 frquensi radio yang paling penting untuk radio VHF, Yaitu frequensi 156.525 MHz dan 156.8 MHz. Frequensi 156.525 biasa juga disebut sebagai channel 70, dimana channel tersebut digunakan untuk memancarkan distress alert dan menjadi perlengkapan navigasi yang bagus.

Ketika keadaan darurat radio pantai atau kapal kapal lain yang memiliki radio VHF akan mendengar anda. Sedangkan channel 156.8 atau channel 16 merupakan channel untuk panggilan marabahaya internasional yang bisa digunakan untuk memanggil dan menjawab panggilan.

Hand held VHF radio

Alat komunikasi yang terdapat di kapal selanjutnya adalah Hand held radio VHF. Hand held radio VHF atau biasa juga dikenal sebagai HT atau Handy Talkie. Alat ini merupakan perangkat radio yang fitur fiturnya hampir sama dengan yang ditemukan di Marine VHF radio. Hanya saja Hand held VHF radio ini jauh lebih mudah dibawa. Sehingga lebih cocok untuk kapal kapal kecil atau penggunaan pribadi. Alat komunikasi ini tetap diperlukan untuk berjaga jaga misalnya terjadi kejadian darurat yang tidak diinginkan.

Dikarenakan bentuknya yang jauh lebih kecil dan portabel, harus ada aspek yang dikurangi dibandingkan dengan Marine VHF radio. Output marine radio VHF yang biasanya dapat mencapai sebesar 25 watt menurun drastis menjadi sekisar 6 watt. Kemudian hand held VHF radio ini memiliki antena yang tidak terlalu panjang. Kedua hal tersebut membuat alat komunikasi kapal yang satu ini hanya memiliki radius radio yang tidak terlalu besar.

Yaitu hanya berkisar sampai lima mil. Walaupun demikian, antena hand held VHF radio dapat diperpanjang dengan menggunakan eksternal antena. Ini dapat membantu sedikit dalam masalah kecilnya radius gelombang radio yang dipancarkan. Radio VHF genggam juga memiliki masa pakai baterai yang bermacam macam.

Ada model radio genggam yang daya transmisi nya besar akan tetapi untuk ketahanan baterai tidak terlalu lama. Ada juga model yang dapat bertahan cukup lama dengan menggunakan daya transmisi yang cukup kecil. Secara keseluruhan, alat ini sangat cocok untuk kapal kecil. Alat ini juga sangat bagus dimiliki sebagai cadangan radio jika misalnya terjadi situasi dimana radio utama anda rusak.

Telepon satelit

Kalian pasti pernah berpikir, saat dalam keadaan yang tidak dinginkan di atas kapal. Bahwa anda bisa langsung mencari bantuan dengan menggunakan alat komunikasi telepon seluler biasa. Hal itu memang mungkin untuk terjadi. Akan tetapi, anda perlu mengetahui, bahwa telepon seluler biasa memiliki jangkauan yang tidak terlalu besar dan terbatas. Sehingga kemungkinan anda tidak bisa melakukan panggilan di keadaan diatas kapal. Itulah mengapa alat ini bisa menjadi alat keselamatan di saat saat mendadak.

Sebagai solusinya, alat komunikasi kapal yang satu ini bisa mengatasi masalah tersebut. Alat yang dimaksud adalah telepon satelit. Berbeda dengan telepon seluler yang memiliki base tranceivernya di daratan, telepon satelit memiliki base tranceiver yang terletak di udara. Sehingga, jangkauan yang dimiliki telepon satelit jauh lebih besar dan anda bisa melakukan panggilan komunikasi. Kondisi ini adalah contoh yang biasanya tidak terjangkau dengan telepon seluler. Seperti gunung dan laut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Demikian artikel kali ini mengenai alat alat komunikasi di dunia pelayaran. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan dapat berguna untuk diri kita.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...