Connect with us

Hi, what are you looking for?

Culture

Jenis Alat Musik Tradisional Sumbawa dan Waktu Penggunaannya

Alat Musik Tradisional Sumbawa

Sumbawa merupakan sebuah pulau yang sangat luas dan terletak di Indonesia tepatnya provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki keanekaragaman budaya yang masih kental secara tradisional dan terus dikembangkan. Salah satunya alat musik tradisional Sumbawa dengan waktu penggunaannya yang berbeda-beda. Namun dimainkan bersamaan akan menghasilkan perpaduan suara indah.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, pulau ini memiliki jenis alat musik tradisional yang saat ini terus dikenalkan ke kancah dunia. Biasanya digunakan untuk berbagai acara tertentu di setiap daerah dengan jenis yang berbeda. Hingga saat ini alat musik tersebut masih sering digunakan dan terus dimainkan agar tidak menghilangkan sesuatu yang masih tradisional.

Kegunaan Alat Musik yang Sangat Luas

Alat Musik Tradisional Sumbawa
Gambar oleh Catherine Chandler dari Pixabay

Mengembangkan minat bakat seseorang bisa mempelajari sebuah penggunaan setiap alat musik yang diinginkan. Disetiap daerah Indonesia sangat beragam jenis alatnya dan suara yang dihasilkan dengan cara memainkan yang berbeda pula. Dengan jenis yang berbeda membuat Indonesia memiliki keragaman alat musik yang sangat banyak.

Menjadi pengisi suara ketika adanya seni tari menjadi salah satu cara untuk menggunakan sebuah alat untuk menghasilkan musik. Tarian tanpa sebuah musik akan kurang menarik dan tidak bersemangat. Menjadi penghibur ketika seseorang sedang jenuh atau bosan, kejenuhan tersebut bisa diatasi dengan musik yang merdu. Saat ini sangat mudah untuk mendengarkan suara musik hanya dengan membuka smartphone

Suara musik yang dihasilkan dari setiap alatnya sangat berbeda dan memiliki ciri khas yang unik. Berfungsi untuk mengadakan sebuah upacara keagamaan dan acara khusus dari daerah tertentu salah satunya Sumbawa. Ketika berkunjung di daerah tertentu akan mendengar suara musik yang dimainkan dengan alat berbentuk unik sebagai pengenalan suara yang dihasilkan kepada banyak orang.

Iringan alat musik dengan berbagai acara seni tari dan lainnya membuat sesuatu menjadi meriah. Ada suara yang dihasilkan untuk melakukan pengobatan yang sudah dipercayai oleh masyarakat yang tinggal di salah satu daerah NTB tersebut.

Daftar Alat Musik Serta Waktu Penggunaannya

Desain dan juga cara memainkannya masih menggunakan cara lama yang dimainkan oleh orang zaman dulu. Alat musik mengeluarkan suara yang berbeda di setiap jenisnya, hal ini yang membuat banyak orang tertarik dengan budaya tradisional dan jenisnya. Ada banyak alat musik tradisional Sumbawa yang saat ini masih digunakan dan terus dipelajari masyarakatnya, berikut di antaranya:

1. Satong Srek

Alat musik pertama yang menarik perhatian banyak orang ketika dimainkannya memiliki nama satong srek. Dengan desain yang terlihat tradisional masih terbuat dari sebuah kayu dan penghasil musiknya dari seng. Teknik memainkan satong srek ini sangat mudah yaitu dengan cara dipukul sehingga mengeluarkan suaranya.

Biasanya satong srek dimainkan sebagai pengiring tarian yang salah satunya adalah tari nguri dan badede. Ketika dimainkan dengan alat musik modern akan menghasilkan perpaduan yang mengesankan. Jika ingin mencobanya dapat mengunjungi daerah asalnya sehingga bisa mempelajari tekniknya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Gendang Beleq

Masih berada di alat musik yang terbuat dari kayu yaitu gendang beleq yang memiliki ukuran seperti artinya. Untuk menggunakannya harus digendong dengan mengaitkan tali ke leher pemain. Kemudian suara yang dihasilkan akan keluar ketika pemain memukul bagian kanan dan kirinya yang terbuat dari kulit. Kulit tersebut memantulkan suara yang besar di setiap pukulannya.

Untuk menggunakan gendang beleq ini harus dimainkan di lapangan yang berukuran luas sehingga para penonton dapat mendengar hasil suara yang indah. Sepertinya digunakan untuk acara besar yang dilaksanakan di luar ruangan sesuai dengan budaya Sumbawa.

3. Pelompong

Diketahui alat musik tradisional Sumbawa sangat banyak yang salah satunya adalah pelompong. Rata-rata terbuat dari kayu untuk menghasilkan sebuah suara dan dipadukan dengan alat lainnya dan menghasilkan musik. Memainkannya hanya dengan memukul kayu yang berada di bagian atas sesuai dengan urutan suara yang ingin dihasilkan.

Penggunaan alat musik ini untuk menghibur diri sendiri yang sedang kesepian dengan memainkannya menggunakan palu kayu. Namun saat ini penggunaannya di mainkan oleh wanita yang menjadi pengiring tarian berirama cepat.

Baca juga: Alat Musik Tradisional Suku Dayak

4. Serunai Pareret

Bentuk alat musik satu ini seperti terompet datar yang menghasilkan musik melalui 7 lobang di kayunya. Serunai pareret memiliki satu lobang berlawanan seperti suling sehingga menjadi bagian dari musik orkestra. Jenis serunai sangat banyak sehingga memiliki lubang yang sangat bervariatif untuk menghasilkan musik yang beriringan dengan alat tradisional lainnya.

Menggunakan serunai pareret pada orkestra yang berfungsi untuk menghasilkan suara melodi yang indah. Biasanya pareret dimainkan ketika upacara persembahyangan atau acara keagamaan bagi penganut agama Hindu.

5. Sarone

Permainan musik yang indah akan didapatkan dengan memainkan alat yang bernama sarone dan berasal dari Sumbawa. Ciri fisiknya yang menyerupai klarinet namun terbuat dari bahan tradisional yaitu daun lontar dan juga bambu. Perpaduan kedua bahan ini menghasilkan suara yang cukup besar, pada bambunya terdapat lubang nada.

Dipercayai bahwa alat musik ini dapat mengusir roh yang berada pada badan manusia dan dapat menyembuhkan penyakit dengan membakar kemenyan terlebih dahulu. Cara memainkannya dengan menutup dan membuka lubang nada dan meniupnya sehingga melodi yang indah akan terdengar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Genggong

Menggunakan alat musik tradisional Sumbawa dengan cara meniupnya untuk menghasilkan suara bernama Genggong. Tidak terbuat dari kayu melainkan bambu dengan beras dan andang lainnya yang dibuat setiap hari jumat. Ada 2 jenis yang dimiliki alat musik ini yaitu lanang dan wadah serta suara yang dihasilkan akan bernada tinggi dan rendah.

Penggunaan genggong ini digunakan ketika adanya acara pernikahan adat dan juga acara hiburan seperti seni tari. Genggong dimainkan bersama dengan alat musik lain sebagai pengiring dengan cara ditiup seperti harpa.

7. Drudiana

Masih dengan alat musik tradisional Sumbawa yang terbuat dari bambu dengan bentuknya seperti garpu tala yang menyerupai huruf Y. Suara yang dihasilkan sangat besar dan cara memainkannya dengan menghentakkannya pada lantai. Resonansi akan keluar setelah alat ini dihentakkan sehingga dapat dimainkan bersamaan dengan musik lainnya.

8. Gula Gending

Mendengar dan melihat permainan alat musik tradisional Sumbawa yang dilakukan dengan cara dipukul akan sangat menyenangkan. Karena gula gending sangat menarik banyak orang ketika mendengar pukulannya. Bahan yang berasal dari seng digunakan sebagai jualan arum manis dan mengeluarkan suara yang nyaring akan menarik pembeli.

Penggunaannya dilakukan setiap penjual arum manis berkeliling di desa untuk menemukan pembeli. Suara yang dihasilkan sudah memiliki ciri khas tersendiri untuk menandakan kehadiran penjual arum manis ini.

9. Terumpang

Sumbawa masih memiliki alat musik yang menarik perhatian banyak orang yaitu terumpang dengan desainnya yang bulat. Suara yang dihasilkan tersebut berasal dari alat musik berbentuk seperti mangkuk ini. Memainkannya dengan cara memukul bagian tengah yang terlihat menonjol sehingga menghasilkan suaranya yang khas.

Terumpang biasanya digunakan ketika adanya tarian dan juga acara yang dilakukan di ruangan terbuka. Suara musik tersebut akan mengiringi alat musik tradisional Sumbawa lainnya dan menghasilkan iringan yang merdu.

Itulah beberapa alat musik tradisional Sumbawa beserta waktu penggunaannya. Ada banyak acara yang membutuhkan alat musik tersebut yang memiliki makna tersendiri. Selain itu musik dimainkan dan menghasilkan suara dapat menghibur banyak orang yang mendengarnya. Sumbawa tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah namun juga alat musik dan tarian untuk berbagai acara.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...