Perlengkapan Safety

Alat Safety Dalam Bidang Bangunan

Bidang konstruksi adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat penting di dalam hidup kita. Konstruksi sendiri adalah pekerjaan lapangan kerja yang memiliki banyak...

Written by SEO Expert · 3 min read >
alat safety

Bidang konstruksi adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat penting di dalam hidup kita. Konstruksi sendiri adalah pekerjaan lapangan kerja yang memiliki banyak bahaya di dalamnya. Secara fisik, pekerja dalam proyek pembangunan tercemar banyak bahaya fisik. Ada kemungkinan seperti jatuhnya barang atau konstruksi gedung yang dapat menimpa pekerja. Solusi dari masalah seperti itu adalah alat safety.

Terkadang mesin juga bisa melakukan malfungsi atau pekerja dapat melakukan kesalahan yang akan membuat bahaya dalam lingkungan kerja. Terkadang ada juga bahan konstruksi serta zat kimia yang dapat juga mencelakakan. Dalam konstruksi terkadang ada bahan kimia yang dapat memberikan iritasi. Ini juga bisa beracun pada manusia. Dalam kasus tertentu, mereka dapat membuat percikan api yang jika membesar berbahaya. Selain dari bahan kimia, ada juga mikro organisme yang dapat membahayakan. Ini seperti jamur, bakteri ataupun hal-hal lain yang jika terkena manusia bisa membuat penyakit.

Mengingat hal ini, maka ada beberapa protokol dan perlengkapan alat yang harus diketahui. Ini dibuat dalam program K3 yang harus dipenuhi setiap perusahaan. Untuk bidang konstruksi sendiri ada beberapa alat pelindung khusus yang diperlukan. DIbawah ini adalah beberapa dari itu.

Sepatu Safety

Daerah konstruksi memiliki permukaan yang tidak rata dan berbahaya. Banyak benda-benda tajam yang bisa  melukai kaki para pekerja. Terkadang banyak bahan-bahan konstruksi seperti keramik, semen yang belum jadi, dan juga bahan lain yang dapat melukai pekerja. Selain bahan ada juga alat-alat konstruksi manual seperti palu, paku, gergaji. Bahkan terkadang ada banyak sekali mesin yang dapat mencederai pekerja. Sepatu safety sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi semua pekerja. Ini dibuat dari bahan khusus yang tebal untuk mecegah hal-hal yang disebutkan tadi untuk mencederai pekerja.

Sepatu datang dalam bentuk dan warna yang bervariasi. Ini bisa digunakan dalam keadaan kering. Sepatu pelindung ini terbuat dari kain. Namun, dalam keadaan becek, lembab, atau hujan, maka sepatu yang cocok adalah rubber boots yang terbuat dari karet. Bahannya diubah agar tetap ringan dan juga memiliki kegunaan maksimal dalam keadaan banyak air. Pastikan anda membeli alat safety ini.

Masker

Debu serta serbuk bahan menjadi keseharian dalam tempat konstruksi. Terkadang juga ada aroma serta asap yang tidak sehat yang berkeliaran mengelilingi tempat itu. Bau serta hal-hal itu dapat mengganggu sistem pernapasan dan juga dalam beberapa kasus dapat menjadi penyakit berbahaya dalam pekerja. Maka dari itu, dianjurkan jika dalam daerah konstruksi untuk selalu memakai masker.

Masker sendiri tersedia dalam berbagai bentuk, ketebalan, dan dalam keadaan yang berbeda-beda. Ada beberapa masker yang lebih tipis terbuat dari kain biasa yang nyaman dan cocok dalam tempat-tempat yang tidak terlalu bahaya. Namun jika tempat memiliki udara yang tingkat pencemarannya tinggi, maka masker tebal seperti N-95 atau pun penutup mulut yang memiliki filter. Maka dari itu, pilihlah masker sesuai dengan keadaan daerah pengerjaan

Sarung Tangan

Sarung tangan adalah salah satu alat pelindung yang sangat penting. Banyak kerja konstruksi yang menggunakan tangan, namun terkadang kontak langsung dengan alat serta bahan konstruksi bisa berbahaya. Ini karena ketajaman dari bahan-bahan ini, Terkadang ada juga yang berada dalam kontak listrik ataupun dekat dengan api. Dalam keadaan tertentu bisa jadi ada mikro organisme berbahaya seperti bakteri, dan lain-lain. Terkadang juga terdapat zat atau bahan kimia berbahaya dalam lokasi konstruksi. Alat safety bisa mencegah bahan ini dari menyakiti para pekerja.

Maka dari itu, diperlukan hal-hal seperti sarung tangan. Sarung tangan sendiri berbeda-beda bahannya. Ada yang kain dan ada juga yang dari karet. Biasanya untuk konstruksi diperlukan kain yang tebal karena banyaknya bahaya mulai dari terlihat hingga tidak terlihat. Misal saja paku kecil tajam atau besi-besi yang tidak begitu tampak. Hal-hal seperti inilah yang perlu dicegah agar tidak melukai para pekerja dan membuat pekerjaan efisien.

Ear Plug/Ear Muff

Banyak sekali mesin yang sudah pasti berkeliaran dalam daerah konstruksi. Mesin-mesin ini juga membuat suara yang bising dan dapat melukai gendang telinga. Untuk itulah dibutuhkan pelindung telinga. Untuk tempat yang tidak terlalu bising, maka ear plug bisa menjadi pilihan yang baik. Bentuknya sendiri seperti earphone kecil yang akan mencegah suara masuk ke dalam telinga dalam jumlah besar.

Untuk daerah yang lebih bising, maka bisa menggunakan ear muff. Ear muff bentuknya lebih besar dan mirip seperti headphones. Ia juga dapat melindungi dari kebisingan dengan lebih efektif. Selain mencegah gendang telinga pecah, ini juga mempermudah mendengar dengan hal-hal yang penting saja.

Safety Goggles

Mata juga dapat terpapar debu serta serbuk-serbuk berbahaya dalam area konstruksi. Terkadang ada juga beberapa waktu dimana pekerja akan kesusahan melihat karena tempat konstruksi yang sangat kabur dan tidak jelas. Maka dari itu dibutuhkan kacamata pelindung.

Alat ini bukan hanya sebagai pelindung dari bahaya yang ada bagi mata dalam area konstruksi, namun juga sebagai alat yang membantu navigasi serta penglihatan dalam daerah itu. Kacamata sendiri berada dalam bentuk berbeda. Ada yang lebih ringan dan ada juga yang lebih ketat dan memiliki proteksi lebih karena keadaannya sangat tidak baik.

Face Shield

Terkadang, kacamata saja tidak memberi perlindungan yang dibutuhkan. Dalam saat-saat itu, maka face shield bisa dipakai. Face shield adalah suatu alat pelindung yang dapat melindungi keseluruhan muka dan mencegahnya dari hal-hal yang berbahaya. Fungsinya mirip sekali dengan kacamata pelindung, namun dapat melindungi lebih luas lagi. Ini cocok untuk daerah konstruksi yang sangat berbahaya.

Safety Helmet

Perlindungan untuk kepala tidak cukup hanya dengan perlindungan wajah, namun juga atas kepala. Diperlukan helm khusus untuk untuk mencegah cedera di kepala dan otak. Ini dikarenakan daerah konstruksi memiliki benyak bahan serta serpihan tajam yang dapat melukai kepala. Terkadang ada juga mesin ataupun hal lain. Helm yang keras didesain khusus untuk mencegah barang jatuh melukai kepala

Safety Harness

Dalam konstruksi banyak situasi dimana pekerja harus berada dalam ketinggian. Untuk mencegah jatuh ataupun cedera, maka ada safety harness. Alat ini berupa tali pengaman badan yang didistribusi khusus agar badan seimbang. Adapun juga tali diatasnya yang menjadi pusat pengatur keseimbangan.

Konstruksi memang memiliki banyak bahaya, namun alat-alat ini dapat meminimalisir bahaya yang ada. Alat ini pun bisa dicari di toko alat safety.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *