Connect with us

Hi, what are you looking for?

Perlengkapan Safety

Alat safety Pengelasan: Kegunaan dan Fungsi

alat safety pengelasan

Pengelasan adalah salah satu pekerjaan yang melihatnya saja anda sudah tahu bahwa itu akan menjadi pekerjaan yang membahayakan. Pengelasan adalah pekerjaan dimana terdapat banyak percikan api. Ada juga temperatur panas yang akan mengelilingi pekerja. Bahkan panas ini juga sangat berinterkasi dengan pekerja. Selain itu, cahaya dari pengelasan juga sangat menyakitkan mata. Ini menjadi alasan utama mengapa perlengkapan alat kerja pengelasan sangat dibutuhkan.

Seperti yang bisa dibayangkan, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan biasa. Para pekerja dalam bidang ini, memiliki risiko yang amat sangat tinggi. Bisa jadi mesin malfungsi dan mencelakai para pekerja. Ataupun kelalaian pekerja yang menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Resiko seperti inilah yang harus selalu kita pikirkan dan ingat dalam menjalankan sebuah proyek dengan menggunakan alat safety pengelasan.

Untuk menyikapi hal itu, maka diperlukan pencegahan agar resiko dapat diminimalisir dan pekerja tetap aman. Ini bisa dilakukan dengan mengikuti prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Protokol ini dapat disebarkan ke seluruh unit pekerja pengelasan dan diajarkan pada pekerja. Selain itu diperlukan juga Alat Pelindung Diri (APD). Rangkuman alat ini adalah hal yang penting dalam mencegah pekerja celaka atau cedera ketika melakukan pengelasan.

Pelindung mata

Cahaya yang ditimbulkan pengelasan merupakan cahaya yang berbahaya dan dapat menyakiti mata. Sinar yang dikeluarkan berupa campuran ultraviolet dan inframerah dalam  jumlah yang besar. Dalam kekuatan yang sangat besar itu, pengelasan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya bagi mata.

Maka dari itu dibutuhkan pelindung mata. Pelindung mata juga dikenal sebagai gogle. Pelindung mata memiliki beberapa warna sebagai segregasi untuk seberapa besar cahaya serta busur listrik. Warna memiliki range dari 1,5 hingga 14. Semakin besar nomor warnanya, maka semakin besar juga busur pemotongan listrik serta intensitas cahayanya.

Dalam memilih gogel dibutuhkan perhatian dalam beberapa hal. Pelindung mata harus nyaman dan tidak melelahkan sang pengguna. Standar yang tinggi juga harus ada agar ia tidak cepat rusak. Sinar yang bisa ditangkis juga harus pas dan tetap memiliki penglihatan terhadap cahaya tampak yang bagus.

Pelindung muka

Jika pelindung mata hanya melindungi mata, maka ada pelindung muka untuk seluruh bagian wajah. Pelindung muka didesain khusus seperti helm besar yang mencegah adanya luka di wajah. Hal-hal yang dapat melukai muka adalah seperti luka bakar karena panasnya pengelasan. Ini juga bisa datang dari percikan api. Selain itu juga bisa datang dari cahaya busur.

Jika tidak diperhatikan, maka akan ada dampak jangka panjang pada mata. Pastikan anda menggunakan perlindungan dan alat safety pengelasan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pelindung pernapasan

Terkadang pengelasan berada di daerah yang memiliki udara yang kurang baik. Beberapa diantara tempat pengerjaan pengelasan merupakan tempat yang sempit. Di dalam tempat itu ventilasi udara akan kecil dan pekerja dapat susah bernapas. Terkadang udara ini pun akan beracun karena mesin pengelasan mengeluarkan debu dan terkadang ada juga hal lain yang dapat menganggu pernapasan. Maka dari itu diperlukan alat pernapasan yang juga memiliki filter untuk hal-hal asing yang akan membantu para pekerja.

Dalam memilih alat pelindung, maka kalian harus memilih alat yang nyaman dipakai karena pas dengan pekerja. Ia harus mudah dipakai dan juga mudah dibawa dan dirawat. Ia harus membantu pernafasan dan bukan menganggunya dan juga memiliki daya tampung yang tinggi.

Sarung Tangan

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat digunakan dalam pengelasan. Maka dari itu, diperlukan sarung tangan untuk melindungi tangan agar tidak terbakar. Pengelasan yang membuat percikan api jika tidak memakai sarung tangan akan membuat luka bakar. Sarung tangan juga harus memiliki katun di dalamnya agar menyerap keringat dan juga agar tidak tersengat listrik. Jenis sarung tangan sendiri juga ada beberapa tergantung jika untuk pengelasan saja atau ada pemotongan juga.

Baju Las

Baju las merupakan sebuah apron yang didesain untuk melindungi seluruh badan. Bentuknya sangat mirip dengan apron yang sering dipakai di dapur. Hanya saja, bahannya lebih tebal dan aman. Inilah yang membuatnya tahan akan bahaya yang ada.

Ini berupa perlindungan terhadap percikan api dan panas. Bisa juga perlindungan dari besi serta serbuk besi yang beterbangan. Bajunya juga sangat ringan dan mudah dipakai. Jika bagus, maka alat ini dapat melindungi beberapa bagian lengan dan kaki.

Safety Shoes

Sepatu safety adalah salah satu alat pelindung yang diperlukan dimanapun. Sepatu ini dibuat dari bahan kain khusus untuk mencegah hal-hal yang dapat membahayakan para pekerja. Ini seperti percikan api yang bisa membuat luka pada kaki sang pekerja. Selain itu ada juga temperatur ekstrim pada daerah pengelasan yang dapat melukai kaki.

Ada juga besi-besi yang tidak tampak yang bisa menembus sepatu biasa. Sepatu ini juga didesain agar bisa menjaga jika ada sesuatu yang ingin menimpa sepatu. Misal besi yang jatuh. Ini dilakukan dengan ujung sepatu yang dilengkapi besi. Beberapa sumber mengatakan bahwa sepatu ini pun dapat menahan hingga 2 ton.

Itulah beberapa dari alat pelindung diri yang perlu dipersiapkan jika ada pengelasan. Ketika menggunakan alat-alat ini, para pekerja harus diberikan instruksi khusus juga. Karena walaupun barang-barangnya aman dan bagus namun jika tidak ada regulasi yang pas untuknya, maka tetap saja keamanan akan berkurang.

Maka dari itu, diperlukan pelatihan khusus dengan alat yang ada. Selain dari itu, diperlukan juga pelatihan khusus akan mesin pengelasan. Jika melakukannya dengan asal dan tidak sesuai instruksi maka dapat berakibat fatal pada ujungnya. Mesin dapat cepat rusak atau melakukan malfungsi dan membahayakan banyak orang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selalu perhatikan apabila mesin dalam keadaan yang aman dan bagus. Jangan sampai mesin dalam keadaan rusak dan tetap dipakai karena bisa saja meledak. Hati-hati juga dengan listrik yang ada dan selalu ingat untuk melapisi dan mengamankan bagian-bagian tersebut. Jika semua protokol dan persiapan secara konsisten dilakukan dengan benar maka kecelakaan akan diminimalisir.

Maka dari itu, jika perusahaan anda yang melakukan pengelasan ingin meminimailisir resiko, anda bisa mampir ke toko alat safety pengelasan. Disana anda dapat membeli segala alat perlindungan yang dibutuhkan untuk pekerja anda. Ini pun kemudian akan membuat kerja lebih aman, nyaman, dan efisien.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...