Perlengkapan Safety

Alat safety Pertambangan yang Perlu Dimiliki

Pertambangan adalah salah satu area kerja yang sangat populer. Hasilnya sangat beragam, mulai dengan barang-barang yang langka hingga yang perlu dalam kehidupan...

Written by SEO Expert · 3 min read >
alat safety pertambangan

Pertambangan adalah salah satu area kerja yang sangat populer. Hasilnya sangat beragam, mulai dengan barang-barang yang langka hingga yang perlu dalam kehidupan sehari-hari. Tempat kerja ini juga merupakan tempat rumit dan memiliki banyak kesulitan sendiri.  Salah satu kesulitan yang paling terkenal adalah bahaya yang ada dalam lingkungan kerja ini. Bahaya bisa terhindar oleh pekerja dengan menggunakan perlengkapan safety pertambangan.

Berhubungan dengan tempat-tempat gelap serta berbatuan yang dapat mencelakakan membuatnya pekerjaan yang berbahaya. Namun, ini tidak lantas menjadi sesuatu yang harus anda takuti. Untuk menghadapi kemungkinan kecelakaan maka pekerja perlu persiapan matang. Ini dengan mempersiapkan segala alat pelindung yang aman. Ini berupa beberapa alat pelindung diri yang kami rangkum.

Safety Helmet

Ini adalah salah satu alat yang wajib digunakan oleh para pekerja tambang. Safety helmet atau helm pelindung adalah sesuatu yang akan melindungi kepala pekerja dari segala kegelisahan yang ada. Ini kecelakaan seperti benturan, pukulan, benda-benda yang berjatuhan dan tajam, panas, api, zat berbahaya, mikro organisme berbahaya dan berbagai hal yang mengganggu kepala lainnya.  Alat ini sangat perlu dalam keadaan pertambangan yang penuh dengan banyak bahaya.

Selain sebagai penjaga agar kepala tidak cedera. Safety helmet juga dapat menjadi pertanda bagi pekerja. Ini dilakukan dengan melihat warna helm yang dipakai sang pekerja. Jika berwarna maka kemungkinan pekerja adalah operator, sub-kontraktor atau pekerja umum. Jika merah maka mereka adalah safety officer.

Kalau hijau adalah pengawas lingkungan. Biru untuk supervisor, pekerja listrik ataupun operator teknis. Oranye untuk tamu perusahaan. Putih untuk manajer, pengawas, insinyur ataupun mandor. Cokelat untuk tukang las ataupun pekerja yang bekerja dengan panas tinggi. Mengenal dan mengingat warna-warna ini akan membuat pekerjaan lebih efisien.

Safety Vest

Safety vest adalah sebuah pakaian berupa rompi yang memiliki fungsi untuk melindungi badan. Rompi ini didesain dengan warna neon yang mencolok agar tampak jelas pada yang lain. Rompi juga didesain khusus dengan bahan illuminator.

Ini berarti rompi atau vest dapat menyala dengan baik dan tampak jelas saat cahaya menyinarinya. Tidak hanya pada siang, safety vest juga sangat berguna pada malam hari. Di dalam tempat gelap ataupun malam hari dimana tidak ada cahaya, pakaian pelindung ini dapat bercahaya.

Earplug & Earmuff

Karena banyak mesin yang ada pada lingkungan pertambangan, maka pasti akan sangat ribut dan bising sekitar area lapangan pertambangan. Hal ini bisa mengganggu pekerja dan menimbulkan penyakit pada pekerja. Gendang telinga merupakan salah satu area yang sensitif dalam tubuh. Banyaknya suara bising dan tidak mengenakan dapat merusak gendang telinga.

Kasus ini dapat berujung pada luka hingga gangguan pendengaran seperti tuli. Untuk mencegah hal ini memperlukan penggunaan earplug atau earmuff. Mereka adalah pelindung untuk telinga . Ear plug adalah pelindung yang lebih kecil dan sedang untuk membuat kebisingan lebih kecil. Bentuknya seperti ukuran earphone. Ear muff sendiri berukuran lebih besar dan lebih aman untuk keadaan yang lebih bising lagi. Bentuknya sendiri mirip seperti headphone. Alat safety pertambangan yang satu ini wajib anda miliki.

Safety Gloves

Permukaan dalam pertambangan adalah tempat yang berbahaya untuk langsung kontak dengan  kulit pekerja. Ini karena permukaan tidak rata dan terkadang tajam. Selain itu, permukaan juga dapat memiliki temperatur yang tidak wajar. Contohnya adalah dari ekstrim yang panas hingga yang sangat dingin. Terkadang dalam keadaan tertentu ada arus listrik yang mengalir yang dapat membahayakan.

Terkadang ada juga api, beberapa zat berbahaya, dan juga mikro organisme yang mengalir ke tempat pertambangan. Maka dari itu, sarung tangan untuk melindungi par pekerja penting untuk menghindari bahaya itu. Sarung tangan sendiri memiliki banyak bahan untuk berbagai kebutuhan dan juga dalam berbagai ukuran.

Safety Shoes

Selain permukaan tangan, permukaan kaki juga harus terlindungi. Safety shoes adalah alat pelindung kaki yang terbuat dari bahan khusus. Bahan khusus ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap benda tajam, bebatuan, panas yang tinggi. Hingga zat berbahaya yang ada, mulai dari kimia dan zat asing. Ini juga dapat melindungi pekerja dari mikro organisme yang berbahaya. Adapan safety shoes terbuat dari beberapa bahan berbeda.

Dalam keadaan kering, sepatu yang terbuat dari kain dan tebal dapat menjadi pilihan yang baik. Karena nyaman dan kainnya juga pas untuk keadaan yang tidak baik dalam lapangan. Namun, jika cuaca sedang tidak mendukung, maka pekerja harus mempersiapkan sepatu pelindung khusus. Ini adalah rubber boots. Ia terbuat dari bahan karet yang tahan akan air. Semua keunggulan lain juga ada pada sepatu ini. Namun, sepatu ini tahan air dan ringan untuk keadaan hujan atau lembab.

Safety Goggles

Mata juga merupakan salah satu hal yang wajib terlindungi dari bahaya dan memperlukan perhatian khusus. Safety goggles atau kacamata pelindung melindungi keseluruhan mata dari terkena infeksi. Dalam daerah pertambangan, biasanya banyak debu-debu serta serpihan yang dapat melukai mata. Kacamata pelindung memiliki desain untuk menghalau hal-hal tersebut, namun juga tetap memberikan penglihatan yang baik dalam keadaan seperti pertambangan.

Face Shield

Dalam keadaan tertentu, tidak hanya mata yang perlu keamanan, namun seluruh wajah sekaligus. Untuk itu maka face shield adalah pilihan yang cocok. Face shield memiliki keunggulan serta perlindungan yang sama dengan kacamata pelindung namun memberikan perlindungan itu tidak hanya kacamata, namun seluruh wajah.

Safety Harness

Dalam keadaan ketinggian, maka dibutuhkan safety harness. Safety harness atau tali yang mengamankan tubuh adalah sesuatu yang akan membantu menjaga keseimbangan pekerja di ketinggian agar tidak jatuh. Harness juga dibantu dengan tali ke satu pusat yang akan menjadi pusat pengendalian keseimbangan.

Lifevest

Jika dari ketinggian ada tali pengaman, maka ada pelampung atau lifevest pada perairan yang membantu agar pekerja terus terapung dan tidak tenggelam. Lifevest juga tersedia dalam beberapa ukuran agar pas dengan tubuh pekerja. Ini karena area pertambangan terkadang melewati perairan

Berikut adalah beberapa peralatan yang sangat penting dalam lapangan kerja pertambangan. Pertambangan memang tampak seperti tempat yang menakutkan. Namun, dengan persiapan, anda harus memastikan lapangan kerja sudah aman. Mari mulai mempersiapkan dengan membeli barang-barang dari toko alat safety pertambangan terdekat.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *