Tokoh

Anggun C Sasmi, Raih Penghargaan Billboard & Kukuhkan Diri sebagai Penyanyi Internasional

Anggun C Sasmi, Raih Penghargaan Billboard & Kukuhkan Diri sebagai Penyanyi Internasional 2

Anggun C Sasmi? Saat seorang penyanyi sudah sukses di tanah air, tentu keinginan melangkah ke dunia internasional semakin besar. Itu juga yang terjadi pada sosok penyanyi wanita satu ini.

Tenar karena lagu dan suaranya yang khas, Anggun terus membuktikan diri lewat berbagai karya dan penghargaan yang diraihnya. Yang terbaru, awal 2019 ini albumnya berhasil meraih penghargaan Billboard di Amerika Serikat.

Seperti apa perjuangan karier bermusik sosok wanita Indonesia satu ini??

Mengulik Perjuangan Karier Penyanyi Wanita Indonesia, Anggun C Sasmi

Biodata Umum

Anggun adalah penyanyi wanita Indonesia kelahiran Kroya, sebuah daerah kecil di Provinsi Jawa Tengah. Ia gemar bernyanyi sejak kecil dan sudah tampil di depan umum sejak umur enam tahun.

Ciri suaranya sangat mudah dikenali dan bahkan bisa langsung diketahui meski pendengarnya menutup mata.

Instagram Anggun

Lahir 44 tahun silam, Anggun memang sejak awal bertekad menjadi penyanyi sukses dan bisa go internasional.

Perjalanan Karier Anggun C Sasmi

Photo: akurat.co

Kariernya dimulai sejak Anggun masih anak-anak. Ia senang tampil di taman hiburan seperti Ancol di Ibu Kota Jakarta. Pada tahun 1986, ia berhasil menelurkan album pertamanya bertajuk Dunia Aku Punya.

Namun baru tiga tahun kemudian pada tahun 1989 barulah ia melejit dengan lagu Mimpi. Lagu tersebut memang sangat bagus dan mudah diingat, sehingga masih suka dinyanyikan sampai sekarang. Lalu Anggun pun melanjutkan kesuksesannya dengan single Tua-tua Keladi, Nafas Cinta, juga Laba-Laba.

Setelah delapan tahun sejak album pertamanya diluncurkan, ia langsung diproduseri seorang berkewarganegaraan Prancis, untuk go internasional. Ia pun pindah ke Prancis dan berkeluarga di sana. Produser musik yang membawanya pun tak salah langkah. Anggun menjadi sangat terkenal dengan menyanyikan dan menciptakan lagu-lagu berbahasa Prancis.

Album Snow on The Sahara bahkan diluncurkan ke 33 negara di dunia, termasuk Amerika serikat. Hingga saat ini, Anggun tercatat sebagai penyanyi sekaligus wanita Indonesia yang berprofesi di bidang musik yang tersukses di luar negeri.

Setelah itu, kegiatan bermusik pun terus berlanjut dengan melakukan berbagai kolaborasi dengan penyanyi bertaraf internasional lainnya. Sebut saja David Foster, Julio Iglesias, juga Melanie eks Spice Girls.

Meski berkewaganegaraan Prancis, Anggun tetap mengaku sebagai orang Indonesia dan bangga memperkenalkan diri sebagai orang Indonesia setiap kali manggung.

Prestasi dan Penghargaan

Photo: suara.com

Berikut ini sederet prestasi dan penghargaan yang pernah diperoleh Anggun dalam hal bermusik.

  1. Yang terbaru, penghargaan dari Billboard chart atas lagunya What We Remember yang berhasil bertahan di top 10 peringkat dance chart Amerika Serikat selama lebih dari 16 Minggu.
  2. World’s Best Selling Indonesian Artist pada World Music Awards di Monaco pada tahun 2014. Saat itu ia juga didaulat untuk tampil sepanggung bersama Ricky Martin, Miley Cyrus, serta Mariah Carey.
  3. Pada Marche International de l’edition Musicale di Prancis, Anggun mendapatkan Diamond Awards dari Menteri Kebudayaan Prancis. Ia dinilai berhasil sebagai penyanyi berbahasa Prancis yang sukses di Eropa.
  4. Beacon of Light Awards menganugerahinya titel TheWomen Inspire Award karena dianggap sebagai wanita menginspirasi di Asia.
  5. Pemerintah Prancis bahkan pernah memberikannya Chevalier de Arts et des Letters bersama artis Jude Law, Guruh Soekarnoputra, dan George Clooney.

Seorang penyanyi sekelas Anggun C Sasmi saja selalu bangga terhadap negara Indonesia. Meski berkarier hingga ke seluruh dunia, Indonesia tetap dianggapnya sebagai tanah air. Hal ini yang perlu dicontoh oleh kaum milenial di Indonesia kini.

Semoga ulasan ini menjadi pemantik semangat untuk terus maju ke depannya.

Baca juga sosok wanita Indonesia yang menginspirasi lainnya →

Related posts

Berani Bermimpi & Mewujudkannya, Moto Kesuksesan Agnes Mo

Jeng Susan

Perjalanan Panjang Sri Mulyani, Seperti Dijegal Negeri Sendiri

Jeng Susan

Putuskan Pensiun, Begini Perjalanan Sukses Pebulutangkis Handal, Lilyana Natsir

Jeng Susan

Leave a Comment