Bisnis

Apa Itu Content Placement Dan Manfaatnya Untuk Bisnis Online

Content Placement adalah tentang mengelola reputasi suatu merek bisnis. Ini salah satu strategi marketing yang ampuh di dunia online. Lalu apa itu...

Written by Garuda SEO · 4 min read >
apa itu content placement

Content Placement adalah tentang mengelola reputasi suatu merek bisnis. Ini salah satu strategi marketing yang ampuh di dunia online. Lalu apa itu content placement dan apa manfaatnya bagi bisnis online? Mari kita lihat lebih dalam.

Jika Anda bekerja di dunia digital marketing, Anda mungkin sudah terbiasa dengan beberapa pekerjaan utama. Khususnya tentang Hubungan Masyarakat.

Apa pun industri tempat Anda bekerja, semua bisnis dapat mengambil manfaat dari strategi Content Marketing yang progresif.

Saat ini, Content Placement dapat dikatakan sebagai salah satu komponen paling berpengaruh yang terpisah dari sebagian besar strategi pemasaran digital.

Agar team Content Marketing dapat meningkatkan atau membangun reputasi dan citra perusahaan, mereka harus mempublikasikan merek bisnis Anda ke publik. Dan tentunya, melalui platform publik yang berbeda diluar media Anda sendiri.

Dan di sinilah Content Placement ikut berperan kuat.

Sebelum berbicara lebih jauh, saya akan menjawab beberapa pertanyaan umum mengenai content placement. Dan hal-hal yang terkait dengannya;

FAQs Content Placement

Apa itu content placement?

Secara harafiah content placement artinya ‘penempatan konten’. Istilah ini akrab dalam dunia digital marketing. Secara spesifik arti content placement adalah Anda mempublikasikan konten pada media atau platform publik diluar website Anda. Yang sifatnya untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan penyedia jasa atau situs yang menerima permintaan content placement itu sendiri.

Apa itu content marketing?

Content marketing adalah apa pun yang Anda publikasikan melalui media online (website/blog) yang bertujuan agar tercapainya tujuan bisnis. Ini dapat berupa artikel, gambar, video, podcast dan lain sebagainya.

Content marketing atau pemasaran konten dianggap strategi paling efektif di dunia internet. Untuk lebih lengkapnya, baca disini: strategi content marketing

Apa manfaat content placement?

Manfaat content placement sangat banyak. Yang paling utama adalah, ini adalah strategi bisnis untuk meningkatkan trust, citra, traffic website, dan SEO (Search Engine Optimazion).

Manfaat content placement dan bagaimana aplikasinya akan kita bahas secara lengkap disini. Jadi teruslah membaca..

Manfaat Content Placement

Content Placement adalah salah satu dari banyak teknik yang dapat digunakan oleh team marketing untuk mempromosikan citra perusahaan kepada publik.

Penempatan konten ini dapat dalam bentuk majalah, posting blog online, atau outlet media lainnya yang akan dilihat oleh khalayak luas.

Ketika menganalisis konsep ini, sepertinya tujuan utama ini adalah untuk meningkatkan eksposur merek bisnis. Meskipun ini benar-benar benar, penting untuk dicatat bahwa, ada banyak manfaat lain untuk content placement yang berkontribusi pada kesuksesan bisnis online Anda.

Kali ini, kita lebih fokus membahas content placement pada media online berupa website/blog.

Meskipun sepertinya tujuan utama Content Placement ini adalah untuk mempromosikan kesadaran merek bisnis, ada banyak manfaat lain.

Jadi, content placement tidak melulu soal peningkatan kesadaran merek, ada hal hebat lain yang dapat Anda peroleh melalui strategi digital marketing jenis ini.

Dalam posting blog ini, kita akan menyoroti 4 manfaat content placement, dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi bisnis Anda. Melalui artikel ini, Anda akan dapat melihat betapa berharganya content placement bagi perusahaan Anda, dan bagaimana mereka juga mendukung saluran lain dari strategi pemasaran Anda.

SEO!

Anda tahu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazion. Strategi untuk mendorong situs/blog Anda mendapat peringkat di halaman mesin pencari. Baca: Apa itu SEO?

Percaya atau tidak, SEO bisa menjadi sahabat Content Placement dan sebaliknya.

Agar peringkat website perusahaan Anda meningkat secara organik, Anda harus mendapatkan backlink yang memiliki reputasi baik dari situs otoritatif lainnya. Baca apa itu backlink?

Saat kita berbicara tentang content placement, ada peluang membuat backlink dalam setiap penempatan. Tautan tersebut harus mendorong seseorang masuk ke website bisnis Anda.

Pastikan saat membuat backlink ini, Anda memilih jangkar teks dan tujuan URL tertentu yang akan membantu upaya SEO Anda secara keseluruhan.

SEO juga bermanfaat ketika situs resmi merujuk atau menyebutkan merek Anda. Google kemudian akan melihat Anda sebagai bisnis penting, karena itu tingkatkan otoritas domain Anda. Pikirkan saja bahwa; backlink sebagai cap persetujuan yang dinilai oleh google dari website lain.

Tidak peduli outlet apa yang Anda gunakan untuk strategi pemasaran digital Anda, Anda seharusnya bekerja untuk meningkatkan otoritas domain situs Anda.

Otoritas domain Anda adalah skor peringkat mesin pencari yang memprediksi seberapa baik peringkat website di Google dan mesin pencari lainnya. Semakin tinggi skor, semakin tinggi peluang bahwa situs Anda akan mendapat peringkat dan dilihat orang di hasil halaman pencarian.

Ketika Content Placement dibuat dimana Anda juga menempatkan backlink yang mengarah ke situs Anda, ini jelas sangat berdampak untuk meningkatkan otoritas domain Anda.

Ini tidak hanya membantu Anda mendapatkan peringkat lebih baik dengan Google, tetapi juga akan memaparkan merek Anda ke audiens yang lebih besar.

Traffic website

Demikian pula dengan cara backlink mendukung SEO, tautan juga mendukung meningkatkan traffic website Anda. Ketika artikel tersebut sangat relevan secara kontekstual dan memiliki tautan ke situs bisnis Anda. Anda akan melihat arus traffic melalui Google Analytics.

Ini muncul sebagai lalu lintas rujukan dan Anda mendapatkan wawasan dalam Google Analistik seperti metrik perilaku, halaman per kunjungan, pengunjung baru versus pengunjung yang kembali, jumlah sesi, dan konversi.

Informasi ini sangat berharga dan memberikan wawasan tentang bagaimana pengunjung Anda berinteraksi dengan situs Anda.

Semakin banyak situs web berkualitas tinggi yang memberi tautan ke situs Anda, semakin banyak lalu lintas yang dapat Anda peroleh.

Pada akhirnya, semua merek ingin meningkatkan eksposur mereka kepada pelanggan potensial dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembangunan tautan.

Membangun tautan melalui content placement juga dapat membangun kredibilitas merek Anda di mata konsumen Anda. Jika merek Anda dirujuk oleh blog perusahaan yang berpengaruh, pembaca lain akan melihat merek Anda dengan cara yang sama.

Konten Iklan

Iklan Facebook dan Content Placement berjalan bersama.

Content Placement adalah alat yang memungkinkan Anda membuat iklan Facebook dari sebuah artikel di situs pihak ketiga.

Anda akan dapat melihat dampak berbeda. Ketika Anda membicarakan bahwa bisnis Anda memiliki sesuatu yang hebat, jelas berbeda hasilnya, jika pihak ketiga yang memiliki otoritas berbicara bahwa bisnis Anda memiliki sesuatu yang hebat.

Jadi saat content placement dibuat di flatform pihak ketiga, dan Anda iklankan melalui media sosial, Anda akan mendapat sesuatu yang lebih dalam hal ini.

Kepercayaan Konsumen

Cara yang bagus untuk meningkatkan fungsi content placement Anda adalah melalui tab menu ruang berita di situs Anda, atau untuk sesuatu yang sederhana seperti mengatakan “As Seen On …” diikuti dengan nama publikasi.

Memiliki bagian ini di website Anda, sepenuhnya didedikasikan untuk penempatan situs Anda adalah cara yang bagus untuk menyoroti merek lain yang telah menyebutkan atau merujuk produk Anda.

Ini tidak hanya secara instan membangun kredibilitas terhadap merek bisnis Anda, tetapi juga membangun kepercayaan di dalam pikiran pelanggan juga.

Memiliki tab “As Seen On” akan menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah produk atau layanan yang hebat dan dapat diandalkan.

Segera setelah pelanggan Anda mempercayai merek Anda, saat itulah mereka akan membeli produk Anda.

Konsumen Anda ingin tahu bahwa apa yang Anda katakan tentang produk atau layanan Anda adalah benar.

Jika mereka mau mengeluarkan uang untuk produk Anda, mereka ingin tahu bahwa apa yang mereka dapatkan adalah apa yang Anda katakan kepada mereka.

Tak perlu dikatakan bahwa membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan Anda adalah hal paling penting. Dan itu dapat mudah dilakukan melalui content placement.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, Content Placement lebih jauh dari sekedar kesadaran merek, ini adalah komponen penting yang mendukung banyak saluran strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya mendukung strategi SEO Anda dengan meningkatkan otoritas domain Anda, tetapi juga dapat membawa arahan ke situs web Anda dan meningkatkan lalu lintas Anda.

Terbaik dari semua, itu menetapkan diri Anda sebagai merek yang kredibel di mata konsumen Anda, yang merupakan aspek paling penting ketika berbicara tentang membangun hubungan dengan audiens Anda.

Content Placement memiliki banyak manfaat lebih daripada yang mungkin Anda asumsikan pada awalnya.

Itu sebabnya ini mungkin penting dimasukkan dalam rencana strategi pemasaran digital Anda.

Semakin banyak Content Placement yang dapat Anda buat, semakin banyak lalu lintas yang dapat Anda peroleh.

Selama Anda membangun backlink dengan perusahaan dan merek terkemuka dan memiliki traffic tinggi, Anda akan dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

Written by Garuda SEO
Saya adalah konten writer yang bekerja di Garuda Website. Menulis untuk segala jenis topik. Profile
Mengapa Backlink Penting untuk SEO

Mengapa Backlink Penting untuk SEO?

Garuda SEO in Bisnis
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *