Apa itu Stretch Mark dan Selulit

apa itu stretch mark

Banyak orang bertanya apa itu stretch mark?Stretch mark, atau garis seperti bekas luka yang muncul saat kulit meregang dan menyusut dengan cepat, sangat umum terjadi. Memang, data menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen orang memiliki stretch mark

Stretch mark juga disebut striae akan stretch mark sering muncul setelah kehamilan, pubertas, dan fluktuasi berat badan. Sebenarnya apa itu stretch mark adalah sebuah lipatan kulit saja.

Definisi dari apa itu stretch mark sama sekali tidak berbahaya, dan tidak ada kebutuhan medis untuk mengobatinya. Beberapa orang merasa sangat nyaman dengan stretch mark mereka dan memilih untuk menerimanya.

Tetapi orang lain mungkin tidak menyukai penampilan mereka dan berusaha untuk menyingkirkannya. Melakukannya dapat menghasilkan kenyamanan yang lebih besar dengan penampilan mereka, berpotensi meningkatkan harga diri.

Apa pun hubungan Anda dengan stretch mark, baca terus untuk mengetahui apa penyebabnya, siapa yang berisiko, dan cara mengobatinya. Kami akan membahas semuanya hari ini.

Seperti Apa Stretch Mark Itu?

Tidak semua stretch mark terlihat sama. Mereka dapat bervariasi tergantung di mana mereka muncul di tubuh Anda, berapa lama Anda memilikinya, dan apa yang menyebabkannya.

Stretch mark mungkin berwarna merah muda, merah, biru, ungu, atau coklat tua, tergantung pada warna kulit Anda. Tanda panah ke atas Mungkin muncul sebagai garis-garis terang atau pita pada kulit yang memudar menjadi warna yang lebih terang. Terkadang stretch mark tampak menjorok atau cekung. Panah kanan atas

Saat pertama kali muncul, stretch mark cenderung sedikit terangkat dan terasa gatal

Mereka mungkin muncul di perut, payudara, pinggul, bokong, atau tempat lain di tubuh. Biasanya stretch mark memudar seiring waktu. Tapi mereka mungkin tidak akan pernah hilang sama sekali. Panah kanan atas

Apa Saja Penyebab dan Faktor Risiko

Stretch mark adalah hasil dari peregangan dan penyusutan kulit secara tiba-tiba. Apa itu stretch mark terjadi ketika kulit meregang begitu cepat sehingga kolagen dan elastin, protein penting yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit pecah. Selama proses penyembuhan kulit, stretch mark mungkin muncul lebih sering.

Faktor risiko umum untuk stretch mark meliputi:

  • Kehamilan
  • Percepatan pertumbuhan selama masa pubertas
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat
  • Binaraga atau angkat berat
  • Penggunaan steroid
  • Operasi pembesaran payudara
  • Penggunaan Steroid

Semua faktor ini mempunyai resiko tersendiri seperti steroid. Ini berlaku untuk steroid anabolik yang digunakan oleh binaragawan dan atlet angkat berat dan steroid resep ketika digunakan untuk mengobati masalah medis. Contohnya adalah seperti pada penyakit jaringan ikat dan kondisi radang sendi tertentu.

Steroid topikal yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim juga dapat menyebabkan stretch mark, terutama bila dioleskan ke area seperti ketiak dan paha bagian dalam serta selangkangan.

Penggunaan steroid secara berulang dapat menyebabkan penipisan kulit, yang dapat menyebabkan stretch mark.

Kelainan Genetik

Kelainan genetik tertentu juga dapat meningkatkan risiko stretch mark. Striae umum terjadi pada orang dengan sindrom Cushing. Yaitu gangguan di mana tubuh memproduksi terlalu banyak hormon stres kortisol. Peningkatan kadar kortisol yang berkepanjangan dapat melemahkan serat elastis di kulit, yang menyebabkan apa itu stretch mark. Sindrom Marfanpanah dan sindrom Ehlers-Danlos juga menyebabkan stretch mark. Ini adalah dua gangguan pada jaringan ikat tubuh, keduanya melemahkan kulit, yang dapat menyebabkan stretch mark.

Menurut website Jengsusan beberapa putaran microneedling adalah pilihan yang bagus untuk membantu menghilangkan stretch mark. Ketika kulit meregang atau menyusut terlalu cepat, kolagen dan elastin pecah dan stretch mark menjadi terlihat.

Microneedling menggunakan perangkat dengan banyak jarum kecil yang menembus kulit dan menyebabkan mikro-trauma pada kulit. Ini merangsang kolagen dan elastin untuk membangun kembali dan membantu munculnya stretch mark.

Biasanya, beberapa perawatan di kantor diperlukan untuk melihat perbedaannya, tetapi ada juga beberapa perangkat di rumah di pasaran yang melakukan triknya.

Kami menyarankan perawatan kulit untuk menemani serangkaian perawatan laser untuk memudarkan stretch mark terbaik. Karena stretch mark sebenarnya adalah area kulit di mana kolagen rusak, perawatan untuk memperbaiki stretch mark diarahkan untuk membangun kembali integritas kolagen di area bekas luka.

Pasien ditempatkan pada rejimen perawatan kulit yang membantu untuk mendukung pembangunan kembali dan restrukturisasi dermis. Pada saat yang sama, laser pembentuk kolagen, seperti Palomar 1540 dan Deep IR Laser.

Ini adalah prosedur yang digunakan untuk merangsang perbaikan kulit. Produk terbaik, menurut Jengsusan, adalah serum asam hialuronat, yang dapat menyerap dan menahan di kulit ratusan kali beratnya dalam air.

Sehingga sangat meningkatkan toleransi elastisitas kulit. Umumnya, beberapa perawatan diperlukan, tetapi kami telah merawat ratusan stretch mark dan telah melihat peningkatan yang sangat signifikan dalam penampilan mereka menggunakan modalitas ini.

Prosedur Laser

Setiap prosedur laser biasanya berlangsung selama 15 hingga 30 menit, tergantung pada area yang ingin Anda tangani. Ini adalah waktu yang cukup cepat.

Jengsusan menyarankan minimal tiga perawatan yang dijadwalkan sekitar satu bulan terpisah untuk melihat hasilnya. Anda biasanya akan diinstruksikan untuk mengambil Advil sebelumnya.Prosedur laser sama sekali tidak nyaman, tetapi itu dapat ditoleransi. Efek sampingnya adalah anda akan melihat sedikit kemerahan setelahnya selama beberapa jam. Namun, yang terbaik adalah menghindari paparan sinar matahari langsung ke area yang dirawat, jadi anda harus istirahat terlebih dahulu.

Untuk area yang lebih kecil (hanya beberapa tanda), perkirakan untuk membayar sekitar Rp 3 juta, dan untuk permukaan yang lebih besar, Rp 7 juta. Banyak orang tidak melihat perbedaan pada awalnya, tetapi seiring waktu, pasti dapat mengatakan bahwa laser memang berhasil. Plus, setelah melakukan penelitian dari Jengsusan, kebanyakan dokter mengakui laser adalah cara paling efektif untuk menghilangkan stretch mark. Sekian adalah apa itu stretch mark dari Jengsusan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top