Apa Itu Waterproofing, Jenis, dan Harga

Apa Itu Waterproofing

Tunggu, sebelum mengaplikasikannya, Anda harus ketahui dulu apa itu waterproofing. Ketika kita berbicara tentang menjaga keawetan dan keindahan sebuah bangunan, salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan adalah perlindungan terhadap kelembaban. 

Dalam hal ini, waterproofing dinding memainkan peran yang krusial. Waterproofing, atau perlindungan terhadap air, adalah proses yang melibatkan penggunaan bahan khusus untuk mencegah air masuk dan merusak struktur bangunan.

Penjelasan Apa Itu Waterproofing

Untuk yang bertanya-tanya apa itu waterproofing, ini merupakan proses atau teknik yang digunakan untuk melindungi permukaan atau struktur bangunan dari penetrasi air atau kelembaban yang berlebihan. Tujuan utama dari waterproofing adalah mencegah kerusakan yang disebabkan oleh air, seperti kebocoran, pertumbuhan jamur, korosi, dan kerusakan struktural.

Waterproofing dapat diterapkan pada berbagai elemen bangunan, termasuk dinding, lantai, atap, kamar mandi, kolam renang, dan banyak lagi. Metode dan bahan yang digunakan dalam waterproofing bervariasi tergantung pada jenis permukaan yang akan dilindungi dan kondisi lingkungan yang terkait.

Jenis-Jenis Waterproofing

Setelah mengetahui apa itu waterproofing, ada beberapa jenis material tersebut yang umum digunakan dalam melindungi permukaan bangunan dari air dan kelembaban berlebih. Berikut ini adalah beberapa jenis waterproofing yang sering digunakan:

Waterproofing Membran

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas semen, membran adalah lapisan tipis yang digunakan sebagai penghalang fisik untuk mencegah air masuk ke dalam bangunan. 

Membran dapat terbuat dari bahan seperti bitumen, polimer, atau lembaran PVC. Membran ini dapat diterapkan pada atap, dinding, atau area yang rentan terhadap air seperti kamar mandi atau kolam renang.

Waterproofing Coating

Coating waterproofing melibatkan penggunaan cat atau lapisan khusus yang memberikan perlindungan terhadap air. Bahan-bahan yang digunakan dalam coating waterproofing dapat berupa cat tahan air, epoksi, akrilik, atau bahan kimia lainnya. Coating ini diterapkan pada permukaan beton, kayu, atau bahan bangunan lainnya untuk membentuk lapisan pelindung.

Waterproofing Integral

Waterproofing integral adalah metode yang melibatkan penambahan bahan waterproofing ke dalam campuran beton atau material bangunan lainnya saat proses konstruksi. 

Bahan waterproofing integral seperti aditif atau bahan kimia yang dicampur dengan beton atau mortar untuk memberikan perlindungan terhadap air. Metode ini efektif dalam mencegah kebocoran air dari dalam struktur.

Waterproofing Injeksi

Metode ini digunakan untuk mengatasi retakan atau celah pada struktur bangunan yang dapat menjadi jalur masuk air. Bahan injeksi, seperti resin epoksi atau poliuretan, disuntikkan ke dalam retakan untuk mengisi dan mencegah air masuk. Metode ini umumnya digunakan pada retakan pada dinding, lantai, atau struktur beton. Sampai sini, kami yakin Anda semakin paham dengan apa itu waterproofing. 

Waterproofing Sheet

Apa itu waterproofing sheet adalah lembaran fleksibel yang digunakan sebagai lapisan penghalang air pada atap, dinding, atau area yang rentan terhadap air seperti kamar mandi. Lembaran ini terbuat dari bahan seperti bitumen atau lembaran PVC dan dipasang dengan cara ditempel, dilas, atau dikunci satu sama lain untuk membentuk penghalang air yang efektif.

Setiap jenis waterproofing memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan tergantung pada jenis permukaan yang akan dilindungi, kondisi lingkungan, dan kebutuhan spesifik dari proyek. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional atau ahli waterproofing untuk menentukan metode dan jenis waterproofing yang tepat untuk keperluan bangunan Anda.

Harga Waterproofing

Sebelum menerapkan cara mengatasi tembok rembes, harga waterproofing di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis waterproofing yang digunakan, luas permukaan yang akan di-waterproof, kondisi bangunan, lokasi proyek, dan penyedia jasa waterproofing yang dipilih. Berikut ini adalah perkiraan harga waterproofing untuk beberapa jenis waterproofing umum di Indonesia:

Harga Waterproofing Membran

Harga waterproofing membran biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per meter persegi, tergantung pada jenis membran yang digunakan dan kompleksitas aplikasi.

Harga Waterproofing Coating

Harga waterproofing coating dapat bervariasi, mulai dari sekitar Rp 30.000 hingga Rp 100.000 per meter persegi. Harga ini bergantung pada jenis coating yang digunakan dan area yang akan di-coating.

Harga Waterproofing Integral: Harga waterproofing integral umumnya termasuk dalam biaya konstruksi bangunan itu sendiri, karena bahan waterproofing integral dicampur langsung ke dalam beton atau material bangunan lainnya. Biaya ini akan bervariasi tergantung pada proyek konstruksi yang sedang dilakukan.

Harga Waterproofing Injeksi

Harga waterproofing injeksi bervariasi tergantung pada kompleksitas retakan atau celah yang akan diatasi. Harga per retakan bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada ukuran, lokasi, dan tingkat kerumitan retakan. Sekarang, Anda sudah lebih paham apa itu waterproofing dan harganya.

Akhir Kata

Dalam kesimpulan apa itu waterproofing, ini adalah proses atau teknik yang digunakan untuk melindungi permukaan bangunan dari air dan kelembaban berlebihan. 

Tujuan waterproofing adalah mencegah kerusakan yang disebabkan oleh air, seperti kebocoran, pertumbuhan jamur, korosi, dan kerusakan struktural. Material tersebut bahkan bisa dijadikan sebagai cara mengatasi dinding retak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 5 =

Scroll to Top