Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Bahaya Haid Di Usia 10 Tahun Ke Bawah dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Bahaya Haid Di Usia 10 Tahun Ke Bawah

Kondisi yang dialami oleh satu anak dengan anak yang lain pada dasar tidak sama. Hal itu pun juga terjadi pada masa pubertas yang ditandai dengan haid setiap anak. Namun menurut studi dijelaskan normalnya anak mendapatkan haid pertama adalah berkisar usia 10 sampai 15 tahun. Maka dari itu sejumlah bahaya haid di usia 10 tahun kebawah dapat memicu gangguan pada kesehatan.

Pasalnya rata-rata usia haid pertama bagi anak terjadi pada usia 13 tahun. Penyebab anak lebih awal mengalami haid pertama karena beberapa keadaan. Diantaranya seperti keadaan tubuh dari anak itu sendiri. Berikut beberapa macam gangguan kesehatan yang dapat muncul ketika haid kurang dari usia 10 tahun :

Bahaya Haid Di Usia 10 Tahun Ke Bawah

Bahaya Haid Di Usia 10 Tahun Ke Bawah
Gambar oleh Ryan McGuire dari Pixabay

1. Memicu Timbulnya Penyakit Kardiovaskular

Bersumber dari penelitian yang dilakukan di daerah California Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan haid untuk pertama kali di usia kurang dari 11 tahun. Peluang terjadinya penyakit stroke, penyakit jantung iskemik dan bahkan kematian mengalami peningkatan yang disebabkan oleh perempuan dengan masa haid dini.

Dimana penelitian ini telah dilakukan selama lebih kurang 22 tahun. Kategori umur anak ketika haid lebih awal yang terjadi dalam kurun usia 8 sampai dengan 11 tahun. Beragam masalah kesehatan dapat hadir misalnya penyakit hipertensi, kardiovaskular, jantung serta yang lainnya.

2. Memicu Terjadinya Menopause Lebih Awal

Menopause lebih awal adalah salah satu bahaya haid di usia 10 tahun atau kurang dari itu. Dimana menopause sendiri merupakan sebuah keadaan dimana sel telur sudah tidak mengalami pelepasan lagi. Dengan keadaan ini seorang perempuan sudah tidak dapat memiliki anak.

Usia kebanyakan perempuan mengalami menopause berkisar antara 50 tahunan. Sedangkan bagi anak yang mendapatkan haid pertama di usia kurang dari 10 tahun dapat mengalami kemungkinan menopause sekitar usia dibawah 40 tahunan. Dimana kemungkinan tersebut dapat terjadi lebih kurang sebanyak 80 persen.

3. Memicu Timbulnya Psikososial

Anak perempuan yang mendapatkan waktu haid untuk pertama kali sebelum usia 10 tahun bisa berpeluang lebih besar mengalami permasalahan psikososial. Diantara permasalahan psikososial sendiri dapat berupa berbagai macam tindakan yang kurang baik.

Contohnya seperti menggunakan rokok, mengkonsumsi obat terlaksana, mengkonsumsi minuman beralkohol. Serta bisa juga orang yang mengalami psikososial diwujudkan dengan rasa cemas yang berlebih. Bahkan melakukan tindakan seksual dengan resiko besar serta yang lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Miss V Agar Tetap Harum

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Memicu Kematian Yang Diakibatkan Penyakit Kanker

Perempuan dengan haid pertama berkisar antara umur 8 sampai dengan 11 tahun dalam keadaan sedang mengalami penyakit kanker. Mempunyai resiko kematian lebih besar yaitu berkisar 1,25 kali dari orang biasanya.

Seperti yang dijelaskan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris. Dimana peluang tersebut dapat menurun sejumlah 5 persen bagi perempuan yang mendapatkan haid pertama di umur lebih dari 11 tahun.

5. Memicu Timbulnya Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat dipicu karena bahaya haid di usia 10 tahun atau kurang dari itu. Hal ini dikarenakan sebuah gangguan berat badan seperti obesitas yang terjadi pada anak.

Alhasil anak tersebut berpeluang untuk mengalami haid di masa lebih awal. Serta gangguan kesehatan semisal penyakit metabolik kronis semacam diabetes.

Demikian ulasan tentang informasi bahaya haid di usia 10 tahun kebawah. Dimana kejadian haid lebih awal dari rata-rata umur anak kebanyakan dapat dipicu oleh berbagai hal. Seperti keadaan tubuh dari anak tersebut, sehingga waktu haid tidak bisa disamakan antara anak satu dengan anak lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...