Games

Bedah Tuntas Football Manager 2018

Sepakbola tidak hanya digemari sebagai olahraga saja, permainan ini juga sangat populer dalam video game. PlayStation 3 merupakan salah satu video game...

Written by SEO Expert · 3 min read >
Football Manager 2018

Sepakbola tidak hanya digemari sebagai olahraga saja, permainan ini juga sangat populer dalam video game. PlayStation 3 merupakan salah satu video game yang mempunyai berbagai judul permainan sepakbola. Football Manager 2018 adalah salah satu dari sekian permainan di PS3 yang cukup digemari player.

Game ini merupakan game berseri yang dikembangkan oleh Sport Interactive dan dirilis oleh Sega. Football Manager pertama kali rilis pada tahun 2005, dan Football Manager 2018 merupakan seri yang ke-14. Sega sebagai pihak yang mengeluarkan game ini merilis Football Manager dalam berbagai versi.

Sekilas Tentang Football Manager 2018

Berbeda dengan game sepakbola lain, FM 2018 fokus pada bagaimana menjadi manajer sebuah klub sepakbola. Dalam game ini, player bisa merasakan bagaimana rasanya mengatur strategi dalam permainan, transfer pemain, dan tentunya menjaga kondisi pemain agar bisa terus bertanding.

FM 2018 ini merupakan single gamel, jadi hanya ada satu player yang bisa memainkannya. Melalui game ini player diajak merasakan pengalaman sebagai seorang manajer klub sepakbola. Game ini dibuat seriil mungkin dengan kondisi asli untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi player.

Saat memainkan game ini player bisa memilih satu dari beberapa liga yang tersedia. Masing-masing liga memiliki divisi dan level yang berbeda. Tugas player adalah menyelesaikan tugas sebagai manajer tim, lalu mengalahkan klub-klub lain, sehingga bisa naik level.

Ketika memulai game ini, player akan memilih satu klub sepakbola yang menjadi tim favorit player. Setelah memilih club, player akan diminta untuk melaksanakan tugas manajer asli dalam kehidupan nyata seperti mengatur strategi, memilih pemain untuk bertanding, dan mengatur event untuk klub.

Yang Baru di FM 2018

Football Manager 2018 merupakan seri terbaru dari game Football Manager. Dibandingkan seri-serinya terdahulu, FM 2018 hadir dengan fitur lebih lengkap dan tentunya lebih canggih. Nah, kira-kira apa saja fitur yang terdapat pada game ini? Berikut ulasannya:

1. Grafik Yang Makin Ciamik

Ketika bermain FM 2018, player akan semakin dimanjakan dengan grafik game yang begitu memukau. Selain motion yang lebih halus, player juga bisa mengotak-atik ketinggian kamera dan zoom. Tidak hanya itu, player juga bisa memilih untuk menampilkan data pemain saat bermain di lapangan.

Dengan pengaturan yang semakin lengkap, player bisa merasakan pengalaman bermain yang jauh lebih menyenangkan.

2. Dynamics yang Memungkinkan Melihat Hubungan Sosial Pemain

Salah satu fitur terbaru FM 2018 yang sangat menarik perhatian adalah dynamics. Dengan fitur ini, player bisa mengetahui bagaimana hierarki para pemain. Sebelumnya, untuk mengetahui kondisi dan perkembangan hubungan sosial pemain, player bisa mendapatkannya dari hubungannya dengan pemain lain atau staf kepelatihan.

Namun, berkat fitur baru ini, semua hal tersebut bisa diketahui secara langsung. Berdasarkan hierarki pemain, terdapat empat jenis pemain yakni team leaders, highly influential player, influential player, dan other players. Hierarki pemain biasanya digunakan manajer sebagai acuan dalam memilih kapten tim.

Selain hierarki, fitur dynamics juga memungkinkan player untuk melihat grup-grup sosial yang dibuat pemain berdasarkan preferensinya seperti memiliki kewarganegaraan yang sama atau berbicara dalam bahasa yang sama. Dengan mengetahui hal tersebut, player bisa meramu tim terbaik dengan chemistry yang ciamik.

3. Scouting

Sebelum FM 2018 rilis, fitur scouting ini sebenarnya sudah ada. Hanya saja, di seri ini, fitur scouting telah diupdate sehingga semakin kompleks. Fitur scouting pada FM 2018 dibuat agar player bisa seakurat mungkin mencari pemain yang diinginkannya.

Salah satu hal yang menarik dari fitur ini adalah adanya paket scouting yang memungkinkan player memilih pemain senior dengan sejuta pengalaman atau pemain junior dengan potensi tidak terbatas. Di dalam paket scouting juga telah dicantumkan estimasi dana, sehingga player bisa menyesuaikan budget dengan kebutuhan.

4. Medical

Fitur ini bisa dibilang menjadi fitur yang paling dinanti oleh semua penggemar Football Manager. Melalui fitur medical, player tidak hanya disuguhkan informasi tentang cedera pemain dan berapa lama pemain harus menepi, detail seputar cedera pun ditampilkan.

Melalui fitur ini, player bisa menentukan jenis latihan terbaik untuk pemain agar cederanya tidak kambuh. Dengan begitu, player bisa membawa tim untuk terus memenangkan pertandingan.

Kelebihan Football Manager 2018

Secara umum, FM 2018 jauh lebih baik dibanding seri sebelumnya. Terdapat beberapa pembaharuan yang membuat game ini jauh lebih menyenangkan untuk dimainkan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa Football Manager 2018 merupakan salah satu game sepak bola PS3 terbaik.

Salah satu poin plus bagi FM 2018 adalah dekatnya situasi game ini pada keadaan sebuah klub sepakbola yang nyata. Hal ini dapat dilihat melalui sistem scouting pada game yang dibuat seriil mungkin. Atau pada fitur dynamics yang menggambarkan hubungan sosial antar pemain, yang juga terjadi secara nyata pada setiap klub sepakbola.

Dari sisi kualitas game, tidak diragukan lagi bahwa FM 2018 memiliki simulasi yang sangat kompleks. Game ini mampu menghadirkan tugas dan kewajiban seorang manajer klub sepakbola secara apik dan riil dalam sebuah permainan simulasi yang menarik. Dengan memainkan game ini player bisa memahami apa yang dirasakan oleh manajer klub sepakbola sebenarnya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh FM 2018 adalah meningkatnya kualitas match engine, sehingga permainan bisa lebih dinikmati. Game ini juga menyediakan database yang terbilang sangat detail. Hal ini memudahkan player dalam memainkan FM 2018.

Tidak hanya itu, taktik yang disediakan pada FM 2018 juga sangat meningkat. Dengan begitu, player semakin banyak memiliki variasi serangan untuk mencapai kemenangan. Berkat kelebihan-kelebihan tersebut, tidak heran, Football Manager 2018 menjadi game yang bisa membuat ketagihan untuk terus bermain.

Kekurangan Football Manager 2018

Meski menawarkan segudang kelebihan yang bisa membuat player betah bermain, nyatanya FM 2018 masih jauh dari kata sempurna. Ada beberapa hal yang membuat game ini kurang bisa dinikmati.

Bagi player yang baru saja mencoba FM 2018, mungkin akan kebingungan saat mulai bermain game ini. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat game ini seringkali memberikan banyak informasi yang tidak penting. Akibatnya, player yang baru saja bermain FM 2018 sulit memainkan game ini. Lagipula, dibandingkan game lain, FM 2018 terlalu didominasi oleh teks, sehingga kadang terkesan membosankan.

Ketangguhan pemain ketika melaksanakan pertandingan juga menjadi poin minus bagi game ini. Bagaimana tidak? FM 2018 membuat pemain mudah terkena cedera. Hal ini tentunya membuat player merasa tidak nyaman, karena pilihan pemain terbaik jadi berkurang.

Tidak hanya itu, game ini juga tidak menyediakan lisensi secara penuh sehingga mengurangi kenyamanan player dalam bermain FM 2018.

Cara Mendapatkan Football Manager 2018

Agar dapat bermain game Football Manager 2018, player tentu harus memiliki game ini. Karena game ini bukan merupakan game gratis, player perlu membelinya untuk bisa memainkan FM 2018.

Ada banyak toko baik online maupun offline yang menawarkan game ini. Player yang ingin mencoba bermain Football Manager 2018 bisa membeli game ini seharga kurang lebih Rp420 ribu.

Football Manager 2018 merupakan sebuah game yang memberikan napas baru dalam permainan simulasi sepakbola. Sudut pandang yang berbeda membuat game ini sangat menantang.

Bagi penggemar sepakbola dan video game, FM 2018 adalah game yang tidak bisa diabaikan.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *