Bisnis

8 Ide Bisnis Kuliner di Bandung

Wah, apa tuh yang booming? Eh artis? Tidak hanya artis lho yang bisa booming, bisnis kuliner pun juga bisa. Coba tebak, bisnis...

Written by SEO Expert · 3 min read >
8 Ide Bisnis Kuliner di Bandung

Wah, apa tuh yang booming? Eh artis? Tidak hanya artis lho yang bisa booming, bisnis kuliner pun juga bisa. Coba tebak, bisnis kuliner apa yang saat ini sedang naik daun? Apalagi kalau bukan bisnis kuliner Bandung

Buat kamu yang lagi mikirin gimana cara mendapatkan uang tambahan, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis. Bukannya bisnis itu butuh modal? 

Tentu saja iya, namun masih banyak bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil, salah satunya yaitu bisnis kuliner. Apalagi jika kamu berada di Bandung, peluang bisnis kuliner tersebut sangat besar. 

Seperti yang kamu ketahui, Bandung merupakan Paris-nya Indonesia karena udara yang sejuk dan keindahan kotanya. Kota Paris Van Java ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, orang-orang di ibu kota saja mengisi waktu liburan mereka dengan pergi ke Bandung. 

Peluang yang besar banget untuk kamu berjualan kuliner. Apalagi kuliner Bandung sudah sangat terkenal dan banyak orang yang menyukai rasanya. Tunggu apa lagi, buat kamu yang tertarik untuk membuka usaha kuliner di Bandung, berikut 8 peluang bisnis kuliner yang banyak peminatnya!

8 Bisnis Kuliner Bandung yang Banyak Peminatnya!

Mie Kocok

Siapa yang tidak tahu mie kocok? Mie kocok merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sangat dicari oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan, masyarakat Bandung sendiri sangat menyukai makanan ini. 

Mie kocok memiliki rasa yang sangat gurih karena berasal dari kuah kaldunya. Ditambah lagi mie kuning gepeng, potongan kikil, irisan sumsum, daun seledri, dan bawang goreng menambah rasa dari makanan satu ini. 

Karena rasa yang nikmat dan memiliki banyak peminat, maka banyak sekali penjual mie kocok ini di Bandung. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memiliki usaha mie kocok. Kamu tetap bisa membuka usaha mie kocok, namun dengan inovasi yang lebih kreatif lagi sehingga berbeda dengan penjual mie kocok lainnya. 

Apakah kamu pernah menemukan orang menjual mie kocok dalam bentuk frozen food atau makanan cepat saji? Bisa jadi ide bisnis kamu bukan? Jika kamu bisa membuatnya, maka mie kocok yang kamu produksi dapat dikirim hingga ke luar daerah lho. Tentu saja kamu memerlukan kemasan yang dapat melindungi produk sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik, misalnya kemasan yang divakum atau menggunakan kemasan standing pouch

Jadi, jangan takut lagi untuk berjualan mie kocok. Yakin saja bahwa usaha kamu pasti bisa bersaing dengan usaha lain karena semua usaha itu pada dasarnya bersaing. 

Seblak

Ide bisnis kuliner Bandung selanjutnya adalah seblak. Makanan satu ini masih menjadi primadona, tidak hanya di Bandung tapi hampir di seluruh nusantara. 

Dalam satu porsi seblak biasanya terdiri dari kerupuk basah, sayur, telur, dan daging. Bisa juga ditambah dengan sosis atau toping lain sesuai dengan keinginan. 

Rasa dari seblak ini sangat gurih dan tentunya rempah yang digunakan sangat on point. Apalagi jika seblak yang disajikan tersebut pedas dan dimakan saat hari hujan, nikmat. 

Selain menyajikan seblak yang sudah jadi, kamu juga bisa membuat seblak instan lho. Saat ini bisnis tersebut sudah banyak dilakukan, bahkan memiliki peminat yang sangat tinggi. Apalagi seblak instan tersebut dapat dikirim ke luar daerah, maka pasar usahanya juga semakin lebar. 

Biasanya seblak instan dikemas dengan kemasan yang aman dan dapat melindungi produk di dalamnya, seperti standing pouch dengan bahan dasar plastik atau alumunium foil. Dengan begitu, produk yang diperoleh oleh konsumen sama dengan produk yang kamu kirimkan. Tidak ada kerusakan atau perbedaan rasa. 

Surabi

Makanan satu ini mendapat julukan sebagai pancake-nya Bandung. Sesuai dengan julukannya, surabi memiliki rasa yang mirip dengan pancake, namun bentuknya berbeda. 

Bentuk surabi yaitu melengkung yang disebabkan oleh penggorengan cekung dan kompor tungkunya. Surabi ini bisa disajikan dengan banyak toping, mulai dari asin, manis, hingga pedas. Aneka rasa tersebut yang menjadikan surabi sebagai makanan populer yang ada di Bandung. 

Kamu bisa menciptakan kreasi dari makanan satu ini. Bisa dengan menambahkan toping-toping yang berbeda, atau cara penyajiannya yang berbeda. Apapun itu, peluang usaha surabi sangat besar dan peminatnya kian bertambah. 

Baca juga: Download Suara Walet Berkualitas Untuk Meningkatkan Bisnis Budidaya Walet

Pisang Bolen

Makanan manis-manis Bandung satu ini memiliki banyak peminat. Walaupun makanan ini merupakan makanan tradisional Bandung, namun masih banyak masyarakat yang menyukainya. Bahkan, para wisatawan sering menjadikan pisang bolen sebagai oleh-oleh. 

Rasanya yang manis dan pas yang berasal dari pisang merupakan salah satu hal yang menarik. Terlebih pisang bolen juga dapat ditambahkan dengan berbagai macam toping seperti keju dan coklat. 

Jadi, jika kamu membuka usaha pisang bolen, usahamu tidak akan kalah dengan makanan modern atau kue-kue artis. Tambahkan kreativitas mu sehingga pisang bolen yang kamu sajikan memiliki rasa yang enak dan menarik para pelanggan. 

Es Goyobod

Orang Bandung tentu saja tahu minuman satu ini. Es goyobod merupakan es serut yang disajikan dengan adonan sagu aren yang kenyal dengan tambahan kuah santan dan susu kental manis. Tidak hanya itu, es goyobod juga disajikan dengan roti tawar, alpukat, pacar cina, kolang-kaling, kelapa dan peuyeum. Rasanya enak sekali dan menyegarkan. 

Kamu dapat menjadikan es goyobod sebagai bisnis kuliner karena es goyobod banyak diminati oleh masyarakat Bandung dan wisatawan. Hal ini karena es campur atau sop buah sudah banyak ditemui oleh mereka, namun es goyobod hanya dapat ditemui di Bandung dan sekitarnya saja. 

Cireng

Rekomendasi ide bisnis kuliner Bandung selanjutnya yaitu cireng. Makanan ini menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan disajikan dengan cara digoreng. 

Cireng memiliki tekstur yang kenyal serta gurih,bahkan dimakan tanpa saus atau bumbu pelengkap pun rasanya tetap nikmat. Biasanya bumbu yang disajikan untuk menikmati cireng adalah bumbu rujak, kacang, atau sambal terasi. 

Nasi Tutug Oncom

Kalau kamu mencari kuliner Bandung yang tidak terlalu terkenal namun rasanya enak maka jawabannya adalah nasi tutug oncom. Sesuai namanya, makanan ini merupakan nasi yang dicampur dengan oncom dan disajikan dengan berbagai macam lauk pauk. 

Kenapa nasi tutug oncom tidak terlalu terkenal dibandingkan makanan Bandung lainnya? Salah satunya yaitu dari kemasan nasi tutug. Hal ini merupakan salah satu peluang bagi kamu. Dengan mengemasnya lebih baik dan menarik, kamu dapat menjadikan bisnis makanan satu ini menjadi terkenal. 

Tahu Susu Lembang

Tahu, tahu, tahu. Apa yang menarik dari sebuah tahu? 

Tahu susu lembang merupakan tahu yang diminati oleh banyak masyarakat, karena berbeda dengan tahu-tahu biasanya. Tahu susu lembang ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang enak. 

Walaupun makanan ini enak dan memiliki banyak peminat, ternyata pedagang yang menjualnya masih sedikit dibandingkan dengan makanan Bandung lainnya. Peluang yang sangat bagus untuk kamu, apalagi jika kamu bisa menyediakan tahu yang dapat dibawa sebagai oleh-oleh. 

Itulah 8 ide bisnis kuliner di Bandung yang dapat kamu coba. Jangan lupa untuk menambahkan kreativitas dan inovasi di dalam usaha tersebut sehingga dapat bersaing dengan usaha sejenis lainnya. So, usaha apa yang akan kamu jalankan? 

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *