Bolehkah Memakai Masker Lidah Buaya Semalaman?

Bolehkah Memakai Masker Lidah Buaya Semalaman

Sebagai orang yang hobi perawatan kulit wajah, pastinya pernah terbesit di pikiran kita, bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman? Hmm.. Ternyata Jeng Susan menemukan banyak orang yang juga penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Seperti yang kita tahu, lidah buaya atau Aloe Vera merupakan bahan alami, yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat produk perawatan wajah. Tidak sedikit juga yang menggunakannya secara langsung dari daun lidah buaya asli. 

Meskipun memiliki segudang manfaat, namun ternyata ada aturannya sendiri dalam menggunakan bahan alami tersebut supaya efektif di kulit wajah. Untuk itu, baca penjelasan lengkap Jeng Susan di bawah ini sebelum mengaplikasikan Aloe Vera ke wajah.

Manfaat Menggunakan Masker Lidah Buaya

Namun sebelum masuk ke jawaban dari pertanyaan bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman, Jeng Susan mau berikan info dari beberapa manfaatnya terlebih dahulu. Karena ini menjadi hal yang cukup penting untuk Anda yang mungkin masih ragu menggunakan lidah buaya sebagai masker skincare. 

1. Meredakan Peradangan di Kulit Wajah

Lidah buaya diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan rasa sakit pada kulit yang terkena iritasi, alergi, atau jerawat. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung asam salisilat yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah infeksi bakteri.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat yang kedua, lidah buaya mengandung 98% air yang dapat membantu melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak. Sehingga tidak heran jika ada banyak produk pelembab dari Aloe Vera, yang dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air dan menghilangkan sel kulit mati.

3. Sebagai Anti-Aging

Selanjutnya, lidah buaya juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit dan mencegah kerusakan, yang diakibatkan radikal bebas dan penuaan dini. Jadi, penggunaan masker lidah buaya bisa meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

4. Mencerahkan Kulit

Selain mengurangi garis halus, lidah buaya juga bisa membantu menyeimbangkan pH kulit dan menurunkan pigmentasi yang menyebabkan kulit kusam. Tidak hanya itu aja, bahan alami ini pun memiliki sifat pemutih alami yang dapat mencerahkan warna kulit secara merata.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain untuk kecantikan, lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang dapat mencegah infeksi pada luka terbuka. Aloe Vera diketahui dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Baiklah, setelah ini, Jeng Susan akan menjawab pertanyaan bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman. 

Jadi, Bolehkah Memakai Masker Lidah Buaya Semalaman?

Kali ini, Jeng Susan akan menjawab pertanyaan bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman. Sesuai dengan penjelasan dari ahlinya, yaitu dokter Satya Sueningrat dari laman resmi Alodokter. 

Beliau menjelaskan bahwa lidah buaya sendiri terkenal sebagai obat tradisional yang sering digunakan untuk kulit (termasuk kulit wajah) dan rambut. Daging lidah buaya sendiri tidak jarang dijadikan sebagai bahan kosmetik, yang dioleskan langsung ke kulit wajah. 

Namun untuk pemakaian masker wajah lidah buaya, tidak disarankan untuk menggunakannya sampai semalaman, Terlebih, jika Anda menggunakan gel lidah buaya alami yang bukan dari produk perawatan wajah. Dr. Satya menyarankan untuk menggunakannya hanya 5 menit saja

Beliau juga menjelaskan bahwa menggunakan masker lidah buaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan kulit. Namun jika digunakan dan didiamkan terlalu lama pada kulit wajah justru malah akan menimbulkan efek samping seperti radang kulit. Jadi, untuk Anda yang mau menghilangkan jerawat menggunakan masker lidah buaya, gunakanlah bahan alami ini hanya 5 menit saja di kulit wajah. 

Rekomendasi Masker Lidah Buaya Terbaik

Setelah mengetahui jawaban bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman, rasanya tidak lengkap jika Jeng Susan tidak memberikan beberapa rekomendasi produk masker dari bahan alami tersebut. Seperti biasa, produk-produk aman dan terpercaya saja lah yang dipilih dalam rekomendasi ini. Simak penjelasan berikut.

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Harga: Rp 98.000

Sepertinya, hampir tidak mungkin jika Anda tidak mengenal produk asal Korea yang satu ini. Paslanya, Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel merupakan salah satu produk lidah buaya yang sangat terkenal di Indonesia. Pasalnya, produk ini diklaim sangat multifungsi, yang bisa digunakan untuk pelembab, masker wajah dan rambut, sampai produk untuk menenangkan kulit yang terluka. 

Hydra Bomb Aloe Vera Jelly Mask

Harga: Rp 20.900

Selanjutnya, Anda bisa mencoba rekomendasi masker lidah buaya dari Garnier. Hydra Bomb Aloe Vera Jelly Mask ini memiliki tekstur yang kental menyerupai jelly, sehingga dapat cepat meresap ke kulit hanya dengan waktu 3 menit saja. Produk ini memiliki kemasan yang cukup unik serta harganya yang cukup ekonomis. 

Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Sakura + Aloe Vera

Harga: Rp 17.500

Setelah tenang mendapatkan jawaban dari bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman, Anda bisa mencoba salah satu produk masker lokal andalan ini. Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask ini memiliki kandungan ekstrak bunga sakura dan lidah buaya. Sehingga manfaatnya dapat membantu kulit wajah jadi lebih cerah dan tampak bening bercahaya.

Baca Juga: 7 Bedak untuk Kulit Sensitif Berminyak dan Berjerawat

Penutup

Sebagai penutup, jawaban dari bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman tentu tidak boleh. Berdasarkan penjelasan dari dokter Satya Sueningrat, penggunaan masker tersebut hanya dirasakan sekitar 5 menit saja, guna menghindari terjadinya iritasi dan timbulnya jerawat. Pastikan juga Anda memilih masker lidah buaya yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit wajah. Sampai jumpa lagi di artikel Jeng Susan lainnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − four =

Scroll to Top