Inilah Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget yang Wajib Diketahui Oleh Orang Tua

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Pada saat sekarang ini, anak yang masih berusia balita rata-rata pintar dalam menggunakan smartphone atau gadget. Penggunaan gadget untuk anak tentu tidak lepas dari orang tua yang menuruti kemauan anak. Namun hal tersebut sebaiknya dihindari agar anak tidak kecanduan gadget. Maka dari itu, orang tua harus mengetahui cara agar anak tidak kecanduan gadget.

Banyak dampak yang bisa mempengaruhi jika anak kecanduan menggunakan gadget yang harus diketahui orang tua. Jika anak sudah kecanduan menggunakan gadget sebaiknya orang tua mencari informasi mengenai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai cara agar anak tidak kecanduan gadget yang wajib diketahui orang tua.

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget
Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

1. Membatasi Akses Penggunaan Gadget Pada Anak

Orang tua harus membatasi akses jika anak menggunakan gadget. Anak harus diawasi agar tidak mengakses semua menu dan fitur yang ada di gadget tersebut utamanya berbagai media sosial yang ada. 

Jika anak ingin bermain game,  sebaiknya orang tua memilih game yang dapat memberikan edukasi atau pembelajaran pada anak. Aplikasi Play Store pun harus dibatasi agar anak tidak mengundang aplikasi sembarangan.

2. Menyepakati Waktu Penggunaan Gadget Dengan Anak

Aturan yang dimaksud adalah orang tua membuat aturan mengenai berapa lama anak boleh main gadget. Selain itu, orang tua juga harus menentukan kapan waktu menggunakan gadget tersebut. 

Agar aturan yang telah dibuat tersebut bisa disiplin, orang tua harus mengawasi anak. Selain itu, orang tua juga harus konsisten dengan aturan yang telah dibuat dengan anaknya.

3. Mencoba Mengalihkan Perhatian Anak

Kenyataan yang harus dihadapi oleh anak adalah kesibukan sehari-hari anak tidak lepas dengan gadget dari tangannya. Hal tersebut menyebabkan anak merasa malas untuk bermain dengan teman-teman sebayanya. Melihat hal tersebut maka orang tua harus memiliki peran untuk mengalihkan perhatian anak. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat kegiatan yang menyenangkan  atau bermain bersama anak.

Baca juga: Cara Agar Anak Cepat Membaca 

4. Perbanyak Waktu Bersama Dengan Anak

Faktor yang menyebabkan anak kecanduan gadget adalah kesibukan dari orang tua yang tidak memiliki waktu bersama anak. Maka cara agar anak tidak kecanduan gadget yang bisa dilakukan adalah memiliki waktu yang banyak dengan anak utamanya ketika di rumah. Dengan memberikan banyak waktu bersama anak tentu mereka akan merasa lebih diperhatikan.

5. Selalu Menyediakan Permainan Alternatif

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa orang tua sebaiknya memilih game yang bersifat edukatif bagi anak. Game yang dipilihkan tersebut tidak mesti dari gadget saja, namun orang tua bisa mencari di pasaran. Adapun game yang dipilihkan pun harus sesuai dengan usia perkembangan anak agar anak lebih tertarik dibandingkan bermain gadget.

6. Berikan Informasi Terkait Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan

Sekali-kali orang tua harus memberikan informasi kepada anak terkait bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. Berikan penjelasan kepada anak bahwa risiko menggunakan gadget bisa menyebabkan sakit mata. Apalagi jika menatap gadget tidak menggunakan jarak sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, orang tua juga bisa membahas mengenai kejahatan di media sosial.

7. Memberikan Contoh yang Baik Untuk Anak

Anak pada umumnya lebih mudah meniru segala kegiatan yang terjadi di sekitarnya termasuk melihat apa yang dilakukan orang tuanya. Contoh yang bisa diberikan anak adalah ketika berada di depan anak, sebaiknya orang tua tidak menggunakan gadget. Jika anak melihat hal tersebut, maka anak akan meniru kebiasaan tersebut.

Menggunakan gadget yang berlebihan tentu memberikan risiko untuk anak utamanya mengganggu kesehatan mata. Selain itu, anak bisa lupa untuk bermain dengan teman sebaya akibat kecanduan menggunakan gadget tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan perhatian yang lebih dari orang tua untuk menghindari hal tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

Scroll to Top