Cara Cuci Muka Yang Benar Mengurangi Penyakit Kulit

Cara Cuci Muka Yang Benar

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah wajah dari segala jenis penyakit kulit adalah dengan aktif membersihkan wajah. Terdapat beragam cara cuci muka yang benar untuk merawat wajah agar tetap bersih. Berikut 5 cara yang benar harus dilakukan, agar tidak berdampak buruk pada kulit dan tidak menyebabkan penyakit kulit.

Cara Cuci Muka Yang Benar Mengurangi Penyakit Kulit

Cara Cuci Muka Yang Benar
Source.shutterstock.com

1. Mengenal Jenis Kulit Wajah

Membersihkan wajah tidak bisa sembarangan, tanpa mengetahui jenis kulit yang akan dibersihkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil wajah yang dibersihkan. Jadi untuk para pria maupun wanita usahakan mengenal kulit wajahnya. Hal ini bertujuan agar tidak salah cara membersihkan kulit di bagian sensitif ini. Belajarlah tentang jenis kulit.

Pada hakikatnya terdapat empat macam jenis kulit yang secara umum diketahui oleh orang awam. Ada kulit yang tipenya berminyak, sensitif, normal dan kering. Perbedaan tipe kulit dikarenakan beberapa faktor yang membuat kulit tidak dapat normal merata. Jadi bukan bawaan dari lahir saja, kesalahan merawat kulit menyebabkan perbedaan tipe kulit.

2. Wajah Bebas dari Make Up

Sebelum mencuci wajah usahakan wajah terbebas dari make up baik yang ringan maupun yang berat. Hal ini agar sisa-sisa make up yang ada tidak membuat bakteri jahat yang akan merusak kulit. Membersihkan make up dapat dilakukan dengan cairan pembersih make up. Apabila sudah nampak bersih, barulah basuhkan air pada wajah.

Mencuci wajah tanpa memperhatikan kebersihan wajah terhadap benda asing yang menempel di wajah tidak akan membuatnya sepenuhnya bersih. Jadi wajib hukumnya untuk membersihkan wajah dari make up guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan Sabun Pembersih Muka

Gunakanlah sabun pembersih muka yang cocok dengan tipe muka yang ada. Usahakan cara cuci muka yang benar ini dilakukan dengan sabun yang benar juga. Apabila salah dalam memilih sabun akan berakibat fatal untuk kulit. Banyak gangguan kulit yang akan hadir dan parahnya dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pilihlah produk kecantikan yang sesuai, jangan sembarangan juga. Apalagi menggunakan sabun mandi untuk badan, digunakan pada muka itu sangat tidak dianjurkan. Rawatlah muka dengan benar, pilihlah sabun yang benar juga agar hasilnya maksimal. Pada saat sabun muka itu cocok bagi penggunanya akan memberikan hasil yang menakjubkan dari cici muka.

baca juga:Masker Alami Untuk Wajah Kering

4. Memijat Wajah dengan Lembut

Pada saat membersihkan wajah dengan sabun muka itu pijatlah dengan lembut. Hal ini bertujuan agar kandungan yang ada pada sabun dapat meresap ke dalam pori-pori dan ikut meremajakan kulit wajah. Bukan hanya itu, pijatan yang diberikan pada wajah saat mencucinya akan membuatnya tampak lebih segar kembali.

Banyak manfaat yang didapatkan dengan pemijatan wajah ini. Hal ini karena jika mencuci wajah itu asal dan tidak bersih juga akan berdampak buruk. Wajah membutuhkan perlakuan khusus untuk merawatnya, tidak bisa sembarangan seperti merawat bagian tubuh lainnya.

5. Mengeringkan Wajah dengan Handuk Khusus

Hal yang paling sering tidak dihiraukan ketika membersihkan wajah yaitu pada penggunaan handuk. Perhatikan handuk yang digunakan untuk mengeringkan wajah agar tidak berdampak buruk kedepannya. Gunakan handuk khusus untuk wajah, jangan jadikan satu dengan handuk untuk mengeringkan badan. Hal ini dimaksudkan agar kotoran di badan tidak menempel pada wajah.

Jangan pernah campur adukkan handuk untuk wajah dengan lainnya, karena handuk yang salah dapat menyebabkan penyakit kulit pada wajah. Apabila ingin bersih maksimal, gunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah.

Demikian uraian tentang cara cuci muka yang benar agar dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Besar manfaat yang akan didapatkan apabila mengikuti cara yang tepat ini. Bukan hanya mengurangi resiko penyakit kulit tapi juga menyehatkan kulit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top