Cara Membuat CV Profesional

cara membuat cv

Di zaman sekarang, melamar kerja bukanlah hal yang mudah. Mencari suatu lowongan kerja akan menjadi lebih kompetitif. Itulah mengapa teman teman terutama bagi fresh graduate harus mempunyai daya saing yang tinggi. Daya saing yang tinggi ini bisa dimulai dari mempelajari cara membuat CV atau resume. Tanpa adanya sebuah CV atau resume, anda tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan secara formal. Orang lain akan berlomba lomba untuk terkait cara membuat CV, hari ini kami akan membantu anda membuat CV dengan cara yang mudah dan sebaik mungkin.

Apa itu CV?

CV adalah singkatan dari curriculum vitae. CV biasanya hadir dalam bentuk file PDF dan merupakan dokumen yang berisi daftar prestasi, pengalaman, dan informasi terkait diri anda sendiri. CV bisa dibilang sebuah identitas penting bagi para pekerja. Itulah mengapa CV menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan perusahaan besar. Mau sekecil apa pun prestasinya, curriculum vitae menjadi tempat terbaik untuk menampilkan semua usaha anda selama beberapa tahun kebelakang ini.

CV dapat dibuat dengan manual yaitu menggunakan microsoft Word. Namun ada cara yang lebih efektif dan juga lebih cepat. Cara ini adalah dengan menggunakan template. Template berfungsi sebagai design untuk mempercantik curriculum vitae teman teman JengSusan semua.

Mengapa CV itu penting?

Hampir setiap kali Anda melamar pekerjaan, Anda harus mengirimkan CV, biasanya bersama dengan surat lamaran yang disesuaikan. Tapi kenapa CV itu penting? CV memungkinkan Anda untuk menyoroti semua pengalaman profesional dan akademik yang relevan, dan menunjukkan kepada atasan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu. CV yang dibuat dengan baik akan menguraikan keterampilan dan pengalaman Anda. Ini adalah cara membuat CV terbaik.

CV Anda harus dengan jelas menunjukkan kepada calon pemberi kerja pengalaman, keterampilan, dan kualifikasi profesional Anda yang paling relevan. Karena majikan mungkin memiliki banyak CV untuk dilihat, membuat informasi ini menonjol sangat penting untuk memastikan bahwa CV Anda berakhir di tumpukan ‘ya’. CV yang baik mungkin menggunakan elemen pemformatan seperti warna dan tata letak untuk memastikan pemberi kerja melihat informasi yang paling penting.

Sorot nilai Anda

Alih-alih hanya mencantumkan peran Anda sebelumnya dan tanggung jawab yang Anda pegang, Anda harus memastikan bahwa Anda menyebutkan 2-3 hal konkret yang Anda capai untuk mantan atasan Anda di setiap peran. Misalnya, Anda mungkin menyebutkan target yang Anda capai atau proses baru yang Anda terapkan. Ini menunjukkan kepada calon majikan Anda nilai yang akan Anda bawa ke perusahaan mereka.

Tarik perhatian Bos

Informasi terpenting di CV Anda akan muncul di bagian atas halaman. Ini mungkin termasuk profesi Anda, kualifikasi apa pun yang relevan, atau pernyataan pribadi singkat yang secara ringkas memberi tahu majikan mengapa Anda sangat cocok untuk peran itu. Anda juga dapat memilih untuk menambahkan foto kepala atau logo profesional atau menggunakan elemen visual seperti warna atau tata letak kreatif untuk menarik perhatian pemberi kerja.

Penting Buat wawancara

CV hanyalah langkah pertama dalam proses rekrutmen—tetapi jika tidak ditulis dengan baik, logis, dan profesional, Anda tidak mungkin melangkah lebih jauh. Jika Anda melakukannya dengan benar, ada kemungkinan besar calon atasan Anda akan menawari Anda wawancara berdasarkan apa yang telah mereka pelajari tentang Anda dari CV Anda.

Struktur Penting Sebuah CV

Sebelum kita terjun ke cara pembuatam ada baiknya jika teman teman JengSusan mengerti struktur CV terlebih dahulu. Curriculum vitae dimulai dengan sebuah foto. Foto yang ditampilkan pada curriculum vitae anda biasanya merupakan foto formal. Pastikan foto ini berisi foto menggunakan pakaian berkerah atau juga jas untuk meningkatkan profesionalitas.

Kemudian, pembuatan curriculum vitae bersama JengSusan diikuti dengan informasi mengenai data diri. Secara umum, CV akan kita bagi menjadi 3 atau 4 bagian. Bagian pertama dibawah foto pribadi anda adalah informasi mengenai cara menghubungi, umur, tanggal lahir, asal kota, dan lain lain. Beberapa informasi pribadi penting lainnya dapat anda tambahkan di bagian tersebut.

Pembuatan CV diikuti dengan beberapa bagian lainnya. Bagian berikut tersebut adalah pendidikan dan pengalaman dalam pendidikan. Contohnya adalah menyebut gelar, institusi perguruan tinggi, dan juga menyebut tingkatan pendidikan tersebut. Contohnya adalah seperti sarjana, magister, doctoral, dan lain lain. Jangan lupa juga untuk menuliskan gelar dan tanggal lulus anda. Ini akan memberikan informasi utama terkait apa saja spesialitas dan keahlian anda. Biasanya, fresh graduate juga menaruh beberapa skill atau kemampuan tambahan. Kemampuan tambahan ini dapat diisi dekat kolom pendidikan.

Beberapa skill atau kemampuan yang dapat ditambahkan adalah seperti kerja sama, skill komunikasi, kepemimpinan dan lain lain. Ini akan membuat CV anda lebih personal dan bisa meyakinkan perusahaan yang ingin melamar anda. Buatlah ini sedetail detailnya tanpa terlalu menghabiskan waktu. Pelamar kerja tidak ingin membaca terlalu banyak melainkan mencari inti dari CV anda.

Struktur penting terakhir di dalam CV adalah pengalaman kerja. Biasanya, pengalaman kerja menjadi faktor pendukung untuk membantu pengalaman pendidikan anda. Pengalaman kerja ini harus disertai dengan tanggal mulai kerja, berapa waktu pengalaman, hingga nama instansi tempat kerja anda tersebut. Menambahkan pengalaman kerja akan membuat anda jauh lebih unggul dibandingkan dengan aplikan aplikan lainnya.

Cara Membuat CV di Canva

Canva menjadi aplikasi terbaik untuk membuat design. Itulah mengapa hari ini, kita mengambil Canva sebagai contoh untuk membuat CV sobat sobat Jengsusan. Untuk memulai membuat CV, pastikan anda memiliki akun di Canva terlebih dahulu. Akun tidak perlu berbayar karena akun gratis saja sudah lebih dari cukup untuk membuat CV.

Pergi ke halaman “Search” dan ketik “Resume” atau “CV”. Tekan tombol enter dan anda akan dibawa ke sebuah halaman penuh dengan template. Template ini menjadi panduan anda dalam membuat CV. Anda bisa langsung mengambil template yang diinginkan. Pilih template yang sesuai dengan kreatifitas diri sendiri. Biasanya, orang juga memilih template ini berdasarkan lowongan kerja yang mereka cari. Pekerjaan kantor akan membutuhkan CV yang sedikit modern atau minimalis dibandingkan pekerjaan lainnya.

Pilih template dengan susunan yang paling lengkap. Setelah memilih, anda hanya perlu menekan template pilihan dua kali. Kemudian anda bisa mengedit template yang terpilih. Di bagian ini, teman teman sekalian dapat mengisi data diri sesuai yang sudah dibahas sebelumnya. Ikuti saja struktur yang telah dibuat. Jika tidak cocok, anda dapat mengubah struktur menjadi hal lain. Ini dapat dilakukan dengan menarik teks atau memindahkan design sesukanya.

Jika sudah selesai, tekan tombol download. Pastikan CV anda sudah bagus sebelum di download. Pilihlah format file yang sesuai dengan kesukaan anda. Berikut adalah cara membuat CV dari JengSusan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top