Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

7 Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

7 Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

Saat ini mempromosikan produk dan jasa melalui bisnis online terlihat sangat efektif. Salah satu platform media sosial yang digunakan yakni instagram bisnis. Kebanyakan perusahaan menerapkan cara membuat instagram bisnis menarik karena memiliki fitur-fitur khusus.

Melalui instagram bisnis siapa saja dapat menjangkau audiens dan melakukan branding secara optimal. Keberadaan instagram bisnis juga mendukung website untuk meningkatkan leads dan traffic.

Semua orang pasti penasaran mengenai cara membuat instagram bisnis menarik dan fitur-fitur terbaiknya. Dalam pembahasan berikut ini juga mengulas mengenai cara mengelola instagram bisnis mulai dari dasar-dasarnya. 

Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik (Dasar-dasar)

Sebagian penggunan instagram belum tentu memiliki akun instagram bisnis. Masih banyak orang yang bingung untuk membuat dan mengelolanya. Salah satunya bingung dengan konten yang diposting, menjalankan ads, dan apakah dapat bekerjasama dengan para influencer.

Ingat tidak ada yang instan ketika mengelola bisnis menggunakan instagram bisnis. Lakukan langkah-langkah berikut ini mengenai cara membuat instagram bisnis menarik berikut tipsnya.

1. Menentukan Target Audiens

Pertama-tama sebaiknya tentukan target audiens yang hendak jangkau oleh perusahaan. Penentuan tersebut juga menjadi langkah untuk mengetahui postingan konten yang menarik audiens tersebut.

Misalnya ketika terampil untuk menciptakan konten eye-catching namun tidak tahu audiens mana yang ditargetkan. Sehingga pergunakan waktu semaksimal mungkin untuk riset audiens secara mendalam. Tujuan langkah tersebut untuk menyesuaikan produk yang bisnis tawarkan.

Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik (Dasar-dasar)
source: instagram peripera.id

Contohnya bisnis yang menjual produk make-up khusus remaja. Target audiens dituju adalah gadis remaja berusia 15-20 tahun, masih pelajar, dan tertarik dengan dunia make-up simple. Selain itu, untuk menentukan target audiens dapat dilakukan pengecekan terhadap competitor dengan bisnis serupa. Anda dapat memperhatikan penyajian konten, konsep, dan penerapan engagement.

2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik (Dasar-dasar)
source: instagram peripera.id

Dalam instagram bio dapat dimasukkan maksimal 150 karakter. Kapasitas kecil tersebut menunjukkan jika harus bijak memanfaatkan ruang yang ada space saat mengenalkan bisnis kepada audiens.

Bagi kebanyakan orang menganggap cara tersebut cukup tricky. Seperti sangat berguna terutama untuk menciptakan kesan pertama bagi audiens yang tertarik mengetahui bisnis lebih mendalam. Instagram dapat digunakan untuk menulis deskripsi produk bisnis, value, keunggulan, dan promo yang berlaku saat ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Contohnya Okehoster yang menampilkan nilai utama bisnis dalam instagram bio yakni 24 jam melayani customer dan data center terbaik. Selain itu, ciptakan branding hashtag untuk diletakkan dalam bio instagram seperti akun instagram bio milik gojek. Hashtag membantu mendapatkan user-generated content sekaligus melacak sejauh mana popularitas brand.

3. Membuat Jadwal Posting

Sebuah riset menganalisa bahwa waktu ideal memposting konten Instagram antara pukul 9.00 sampai 11.00 pagi. Walaupun riset tersebut sangat popular tetapi belum tentu akurat. Pasalnya tidak semua topi konten memiliki target audiens dengan kebiasaan yang sama.

Perlu dilakukan percobaan beberapa kali agar tahu waktu paling tepat untuk mengunggah konten. Selanjutnya, lakukan analisis hasil menggunakan fitur insight dari akun instagram bisnis. Hasilnya dapat diketahui waktu-waktu paling ramai audiens online dan pengunjung profil instagram.

Usai mencari tahu waktu paling ideal untuk memposting konten, maka buatlah jadwal posting instagram. Anda dapat memanfaatkan berbagai tools yang mempermudah pengaturah jadwal pengunggahan konten.

Tools tersebut mempermudah untuk mempublikasikan konten secara otomatis. Berikut ini tools yang sering digunakan yakni ViralTag, Hootsuite, Later, ScheduGram, Later, dan lainnya.

4. Konten Menarik

Screenshot 362
source: instagram peripera.id

Semua hal yang dipublikasikan melalui instagram merupakan konten visual. Sehingga penting untuk membuat konten yang menarik dan dapat memikat audiens. Utamakan kesan terbaik dalam merepresentasikan persona dan kualitas bisnis.

Selain itu, posting konten tidak selalu memuat promosi produk semata. Buatlah variasi konten supaya audiens tidak merasa bosan dan melihat hal monoton. Berikut ini cara membuat konten menarik untuk diposting pada instagram bisnis.

1. Repost Foto Audiens

Kini, banyak akun instagram bisnis yang merepost foto audiens saat menggunakan produknya. Setidaknya dua keuntungan bagi bisnis yakni menunjukkan jika brand peduli dengan customer dan membuat customer mempromosikan balik brand Anda. Cara satu ini dinilai efektif untuk meningkatkan engagement sekaligus jumlah followers secara bersamaan. 

2. Membuat Video atau IGTV

Instagram selalu melakukan inovasi sepanjang waktu. Salah satu buktinya adalah berbagai fitur terbaru yang berguna dan membuat para pengguna kecanduan. Misalnya fitur IGTV yang memuat durasi video lebih panjang. 

Dikatakan sebagai fitur unggulan karena dapat menampilkan video maksimal selama 1 jam. Sehingga memungkinkan pemilik instagram bisnis menciptakan variasi konten. Seperti membuat video behind the scene, endorsement, tutorial, dan lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Promosi Diskon atau Giveaway

Ingat jika menggunakan akun instagram bisnis tidak berarti fokus untuk menampilkan promosi bisnis semata. Sebaiknya membuat konten yang menarik, menyenangkan, dan membuat audiens terkesan. Contohnya konten giveaway dan promosi diskon.

Cara berikut ini memiliki berbagai keuntungan bagi pengembangan usaha. Dilihat dari segi brand awareness, pertumbuhan followers, engagement, dan user-generated content. Melalui program promo diskon dan giveaway juga dapat dibuat hashtag viral. Sehingga dapat membedakan dengan konten akun instagram bisnis lainnya.

Baca juga: Personal Branding Instagram

5. Membuat Instagram Stories

Selanjutnya cara membuat instagram bisnis menarik, fitur instagram stories  yang popular dan tak kalah penting. Bahkan riset terhadap instagram menunjukkan sekitar  39 persen pengguna Instagram tertarik membeli produk setelah melihat melalui instagram stories.

Sehingga layanan instagram stories menjadi ajang paling tepat untuk mempromosikan bisnis. Bahkan instagram stories dapat membagikan konten secara live dengan jangka waktu 24 jam. Perhatikan jika konten stories juga harus menggaet viewer dalam jumlah besar. 

Contohnya konten yang memuat tutorial, question and answer, diskon, promosi, dan testimony produk. Tak jarang pula konten instagram stories membuat nuansa call to action (CTA). Adapun cara menciptakan CTA dengan menambahkan link swipe-up melalui strory.

Link swipe-up ini dapat terhubung otomatis dengan link dari website dan Youtube jika layar digeserkan ke atas. Alhasil, Anda dapat memperoleh traffic lebih cepat dan lebih banyak leads. Syarat untuk menggunakan fitur swipe-up adalah 10.000 followers instagram.

6. Instagram Ads

Instagram Ads v
source: www.business2community.com

Instagram Ads adalah fitur yang sangat diminati para pemilik akun instagram bisnis. Dikatakan sebagai fitur alternatif untuk pemasaran produk dengan spesifik. Cara penggunaannya sama seperti Facebook Ads. Target audiens yang dicapai dapat disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, demografi, kebiasaan, dan minat.

Terdapat dua cara menjalankan iklan melalui instagram. Pertama, memanfaatkan dashboard Facebook Ads Manager. Cara kedua, mengakses langsung ads melalui Instagram.  Konten yang akan dipromosikan dapat dibuat dalam format carousel, foto, slideshow, video, dan stories. Ini juga merupakan salah satu cara menaikkan jumlah followers instagram bisnis.

7. Lakukan Analisis

Adapun langkah terakhir cara membuat instagram bisnis menarik yakni menganalisa performa akun Instagram for Business secara menyeluruh. Analisa yang dimaksud harus dilakukan secara berkala agar memperoleh informasi tentang konten dan campaign. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Analisis dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Insights pada akun. Namun, ada tools yang menampilkan hasil spesifik yakni Iconosquare, Hootsuite Analytics, Sprout Social, Keyhole, dan Bitly.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...