Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif agar Tidak Iritasi

Cara Memilih Sunscreen

Sunscreen merupakan pilihan produk pelindung kulit dari paparan sinar UV. Produk perawatan ini wajib diaplikasikan setiap hari apalagi sebelum memulai kegiatan yang berlangsung di luar ruangan. Apapun jenis kulit wajahnya, penting untuk tidak melewatkan pemakaian produk ini. Berlaku juga bagi pemilik kulit wajah sensitif, asalkan produknya tepat. Berikut adalah beberapa pilihan cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang mudah iritasi:

6 Cara Memilih Sunscreen

Cara Memilih Sunscreen
Gambar oleh chezbeate dari Pixabay

1. Pilih Tipe Gel

Tipe sunscreen sangat beragam bisa dalam bentuk krim dan ada juga yang gel. Pemilik wajah dengan tipe sensitif, sangat disarankan memakai produk sunscreen dengan jenis tekstur gel. Varian produk sunscreen berbentuk gel dinilai mudah meresap sehingga tidak meninggalkan residu di permukaan kulit. Dibandingkan varian sunscreen yang hadir dalam tekstur krim, tipe gel lebih terasa nyaman setelah diaplikasikan.

Namun penting dipahami bahwa tidak semua sunscreen gel akan terasa nyaman. Tentu hal ini sangat bergantung pada tingkat kekentalan gel. Pilih produk sunscreen berbentuk gel yang terasa paling ringan, mudah dioleskan, dan bisa meresap merata. Jika terasa berat sekaligus lengket saat digunakan, disarankan segera ganti varian produk yang lain.

2. Label Non-komedogenik

Pilihan varian sunscreen yang di kemasannya tercantum label non-komedogenik. Tulisan atau label ini menandakan bahwa produk tersebut memiliki formula yang tidak akan membuat pori-pori wajah tersumbat. Poin ini sangat penting untuk diperhatikan oleh pemilik wajah tipe sensitif. Pori-pori yang tersumbat akan sangat mudah memicu munculnya komedo hingga jerawat.

3. Hindari Kadar Minyak dan Parfum

Produk sunscreen yang dianggap sesuai bagi kulit wajah sensitif adalah tanpa minyak dan parfum. Dua bahan ini diketahui tidak begitu baik untuk diaplikasikan pada kulit wajah yang sensitif. Keduanya bisa memicu kehadiran jerawat apalagi di jenis kulit sensitif yang diketahui begitu mudah iritasi. Baca kembali label yang tercantum di kemasan, pakai sunscreen yang diformulasikan tanpa memakai parfum dan kadar minyaknya sedikit atau tidak sama sekali.

Baca juga: Perbedaan Pelembab Dan Moisturizer

4. Perhatikan Kandungan Bahan Zinc

Penting dipahami bahwa cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yaitu dengan membaca label secara teliti. Pilihlah produk sunscreen dengan kandungan bahan zinc atau titanium dioksida di dalamnya. Bahan ini diketahui jauh lebih aman karena tidak memiliki risiko alergi maupun iritasi.

Biasanya produk sejenis ini sudah dilabeli hypoallergenic sehingga memudahkan pemilik kulit wajah sensitif. Produk yang memiliki tipe hypoallergenic memang jauh lebih disarankan bagi pemilik kulit yang sangat sensitif. Komposisi bahan yang dipakai sudah dipilih dengan cermat supaya tidak mudah meninggalkan reaksi alergi bahkan hingga memicu iritasi.

5. Pastikan Mudah untuk Dibersihkan

Tak ada ruginya mencoba beberapa tipe sunscreen. Pilih sunscreen yang pengaplikasiannya mudah dan saat harus dibersihkan dari kulit wajah juga terasa mudah. Gunakan jenis sunscreen yang mudah untuk dibersihkan karena jenis kulit sensitif rawan terserang jerawat jika pembersihan wajah tidak sempurna. Pastikan produk sunscreen bisa terangkat tanpa harus menggosok kulit wajah terlalu kencang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Kandungan SPF 30

Setiap tipe sunscreen hadir dengan tingkat perlindungan berbeda tergantung kandungan SPF. Disarankan untuk memilih jenis sunscreen yang dilengkapi kandungan SPF 30. Kadar ini dirasa sudah cukup untuk memberi proteksi kulit wajah saat beraktivitas di lingkungan luar. Jika intensitas aktivitas lebih tinggi, bisa dilakukan pengaplikasian ulang secara merata.

Itulah  cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif demi menghindari iritasi.  Orang berkulit wajah sensitif memang harus sangat cermat dalam menggunakan produk skincare sekaligus make up. Tipe produk yang dipakai harus terjamin aman dan nyaman di kulit sehingga tidak memicu munculnya jerawat maupun iritasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...