Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap dalam Belajar yang Bisa Dilakukan Orang Tua dan Guru

Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap

Seorang anak memiliki pikiran yang masih bersih dan murni. Oleh sebab itu, potensi untuk pintar dan cerdas tetap ada selama orang tua tahu cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar ilmu pengetahuan.

Nah, karena ilustrasi di atas, maka perlu kiranya dijelaskan teknik untuk membuat si kecil tanggap dalam belajar. Silahkan disimak kalau perlu dicatat sehingga tidak kerepotan ketika akan diterapkan. Ini dia cara dan teknik yang dimaksud:

Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap Dalam Belajar

Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

1. Berikan Reward dan Punishment Secara Adil

Cara yang pertama ialah memberikan reward dan punishment secara adil. Maksudnya, jika anak bagus dalam belajar, maka segera berikan hadiah atau pujian. Sebaliknya, kalau anak malas berpikir dan belajarnya asal-asalan, maka segera juga diberikan hukuman.

Ini adalah teknik yang paling penting untuk dilakukan. Pasalnya, masih banyak orang tua mengajari anak, kalau masih belum tanggap juga langsung dihukum. Tetapi ketika belajarnya bagus, hadiahnya malah ditunda dan dijanjikan saja.

2. Terapkan Model Belajar Sambil Bermain

Teknik atau cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar yang kedua adalah menerapkan model belajar sambil bermain. Ini, dilakukan semata untuk membuka pikiran anak yang biasanya lebih mudah saat bermain daripada saat belajar.

Jika pikiran anak sudah terbuka, semangat belajarnya bagus, kreativitasnya juga muncul, tentu potensi memahami pembelajaran juga sangat besar. Bahkan, anak bisa menjadi insan yang cerdas hanya karena diterapkan model belajar semacam ini.

3. Tidak Memberikan Punishment yang Menakutkan dan Menyakiti

Yang perlu diberikan kepada si kecil saat belajar tidak hanya reward hadiah saja tetapi juga punishment atau hukuman. Namun pastikan, hukuman yang diberikan yang sekiranya tidak membuat anak takut apalagi sampai hukuman yang menyakiti tubuh anak.

Jika hukuman semacam ini yang diberikan, justru anak tidak bisa berpikir dengan nyaman. Sehingga, pembelajaran yang dipelajarinya terasa lebih sulit, yang membuat anak justru kurang tanggap.

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Mengajar dengan Contoh atau Ilustrasi

Mengajar semata materi saja bukan termasuk cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar di rumah. Tetapi justru ini bakal membuat si kecil kebingungan apalagi jika penjelasan orang tua atau gurunya terlalu jelimet.

Oleh sebab itu, silahkan mengajar anak dengan diiringi contoh-contoh dari materi yang diajarkan. Ilustrasikan materi tersebut dengan menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dipahami oleh si kecil.

5. Mengajar dengan Bahasa yang Jelas dan Kalimatnya Mudah Dimengerti

Anak tidak akan tanggap dalam belajar jika orang tua atau gurunya mengajar dengan bahasa yang tidak jelas serta kalimatnya juga tidak dimengerti. Yang ada, si pengajar uring-uringan dan emosi karena anggapannya yang bermasalah adalah si anak.

Oleh sebab itu, kemampuan retorika atau berbicara yang bagus harus dimiliki oleh semua orang tua. Termasuk kemampuan membuat kalimat-kalimat ujaran yang menarik dan bisa memotivasi belajar si kecil.

6. Mengajak Anak Berdoa Sebelum Belajar

Cara yang terakhir adalah mengajak anak untuk berdoa sebelum belajar. Ini tidak hanya sebentuk harapan agar anak pintar dan proses belajar mendapatkan keberkahan. Tetapi lebih jauh dari itu, dengan berdoa berarti orang tua telah mendidik anak dengan kebiasaan yang baik.

Maka dari itu, jadikan doa sebelum belajar sebagai ritual atau kebiasaan sebelum anak mulai membaca atau menulis. Silakan ditanamkan di dalam hati, makna dari doa tersebut dan diselaraskan dengan lafadz doa yang diucapkan di mulut.

Itulah beberapa cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah. Jika teknik ini dilakukan, niscaya sekecil apapun pengaruhnya, pasti ada informasi atau ilmu yang akan dimengerti oleh si kecil.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...