Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

Cara Mendidik Anak Agar Patuh
Cara Mendidik Anak Agar Patuh

Memiliki anak yang patuh tentunya adalah keinginan dari setiap orang tua. Maka dari itu, orang tua tentunya akan melakukan yang terbaik untuk menjadikan anak mereka menjadi anak yang patuh. Karena itulah pula artikel kali ini akan membahas tentang cara mendidik anak agar patuh.

Cara mendidik anak agar patuh sendiri memiliki berbagai macam cara. Selain itu pun cara mendidik anak untuk patuh pada setiap anak juga tentunya berbeda. Tidak semua anak bisa dididik dengan cara yang sama. Maka dari itu, berikut dibawah ini adalah berbagai macam cara untuk mendidik anak agar menjadi patuh kepada orang tua :

1. Bersikap Konsisten Dengan Aturan

Hal paling dasar untuk membentuk anak yang patuh adalah dengan menerapkan peraturan. Lalu, jika si anak melakukan pelanggaran-pelanggaran atas peraturan itu maka harus diberikan sanksi yang sesuai. Namun, perlu diingat hal ini harus dilakukan dengan konsisten kepada sang anak.

Karena, jika peraturan tersebut tidak dilakukan dengan konsisten maka tentunya tidak akan membawa banyak hasil. Termasuk juga orang tua harus menerapkan peraturan yang sama dengan sang anak. Lalu, jika orang tua melanggar maka juga dikenakan sanksi yang sama. Hal itu akan menunjukkan sifat adil pada sang anak. Selanjutnya anak akan lebih mentaati peraturan tersebut karena orang tuanya pun juga melakukannya.

2. Biasakan Sikap Saling Mendengarkan

Hal ini adalah hal yang masih sangat jarang dilakukan oleh para orang tua, terlebih di Indonesia. Karena disini biasanya orang tua cenderung lebih ingin didengarkan saja tanpa ingin mendengar. Hal itu dikarenakan mereka merasa lebih tahu dari sang anak tentang semua hal.

Maka dari itu, hal itu harus segera dihilangkan jika ingin mendidik anak menjadi anak yang patuh dan sopan. Biasakan untuk mendengarkan perkataannya supaya dia pun mendengarkan perkataan orang tuanya. Selain itu, hal ini juga untuk membuat hubungan antara orang tua dan anak lebih erat lagi.

Baca juga : 7 Cara Mengajarkan Anak Perkalian dengan Mudah

3. Cari Tahu Hal-hal Yang Dapat Memicu Emosi Pada Anak

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang tidak ia sukai. Tentunya hal itu pun juga terjadi pada anak-anak. Maka dari itu, hindari untuk melakukan sesuatu yang tidak anak sukai agar tidak memancing emosinya. Lebih baik juga tanyakan terlebih dahulu tentang sesuatu kepada sang anak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal itu supaya sang anak lebih merasa dihargai di lingkungan keluarnya. Selanjutnya, jika ia sudah merasa dihargai dia pun perlahan akan menjadi anak yang patuh. Karena merasa memiliki keluarga atau orang tua yang berharga.

4. Tunjukkan Contoh Sikap Yang Baik

Hal ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan jika ingin membentuk karakter anak menjadi patuh. Tentunya sebagai orang tua harus menunjukkan sikap yang baik kepada anak. Salah satu sikap yang baik adalah contoh diatas yang tadi, yaitu saling mendengarkan. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa sikap saling mendengarkan itu penting jika ingin membentuk karakter anak menjadi patuh.

5. Selalu Berikan Anak Apresiasi Dengan Pencapaiannya

Selanjutnya, poin terakhir ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba. Namun sebenarnya hal ini adalah hal yang wajib untuk dilakukan setiap orang tua kepada anaknya. Karena, dalam keluarga memang harus memiliki sifat saling menghargai. Hal itulah juga yang akan mendukung karakter anak menjadi anak yang patuh.

Itulah beberapa contoh cara mendidik anak agar patuh. Setiap anak memiliki pola didik yang berbeda-beda. Contoh-contoh cara diatas hanya sebagai referensi saja. Untuk mengetahui cara yang tepat maka tidak ada salahnya mencoba semua cara diatas kepada sang anak lalu mencari mana yang paling cocok.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...