Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris Di Rumah

Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris
Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris

Pada masa kini belajar bahasa inggris memang cukup penting terutama pada anak. Memang kini sudah banyak sekali tempat les terbaik. Mereka tentu bisa membantu orang tua supaya lebih mudah mengajarkan bahasa inggris untuk anaknya. Meskipun begitu ada kok cara mengajari anak bahasa inggris di rumah.

Dengan begitu bukankah si anak mungkin menjadi punya kedekatan emosional yang lebih kuat dengan orang tua? Selain itu belajar bahasa inggris sendiri di rumah bisa lebih hemat. Belajar bahasa asing sebaiknya memang perlu diberikan pada saat belum dewasa. Sebab pada masa kanak-kanak otak masih bisa berkembang dengan cepat.

5 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris Paling

Proses pengenalan bahasa asing pada anak akan lebih mudah. Nanti ketika dewasa sudah tidak perlu repot lagi untuk mempelajarinya. Bagi para orang tua bisa coba beberapa cara mengajari anak bahasa inggris di rumah berikut ini :

1. Dorong Anak Supaya Lebih Semangat Belajar Bahasa Inggris

Mau bagaimanapun juga dorongan orang tua mutlak dibutuhkan untuk anak. Dengan begitu anak akan lebih termotivasi untuk mencoba belajar bahasa inggris. Caranya bisa dengan mengajak anak menonton tayangan bahasa inggris. Ketika si anak kelihatan tidak paham apa yang disampaikan, berilah pengertian pada mereka.

Yakinkan jika dia ingin paham, harus mau belajar bahasa inggris. Ketika si anak sudah mulai termotivasi, orang tua tinggal membuat jadwal belajar. Supaya tidak bosan, per hari bisa buat tiap sesi selama 15 hingga 20 menit saja. Meskipun tergolong pendek, tapi harus rutin.

2. Menjadikan Setiap Sesi Belajar Bahasa Inggris Menjadi Kegiatan Yang menyenangkan

Yang namanya belajar, bagi anak-anak bisa menjadi faktor utama mereka cepat merasa bosan. Orang tua perlu mensiasati supaya hal itu tidak terjadi. Misalnya dengan memberikan metode belajar yang menyenangkan bagi anak. Permainan adalah salah satu pilihan terbaik.

Ajari mereka bahasa inggris melalui beberapa permainan di smartphone. Rata-rata game di sana menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Pilih yang paling mereka sukai tapi tetap disesuaikan dengan umurnya.

Baca juga : Cara Mengajari Anak Bicara Sejak Dini

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Jangan Cuma Fokus Pada Grammar

Upayakan jangan terlalu fokus dulu dengan grammar yang keliru. Semua orang pasti pernah keliru soal grammar, bahkan golongan professional pun. Apalagi buat mereka yang masih anak-anak. Memang orang tua juga harus membetulkan grammar supaya di kemudian hari tidak salah lagi.

Tapi itu dilakukan jika anak sudah cukup percaya diri mengekspresikan perasaannya dengan menggunakan bahasa inggris. Jika terus disalahkan kemungkinan justru membuat anak tidak mau belajar lagi di lain waktu.

4. Gunakan Situasi Sehari-hari Sebagai Media Pembelajaran

Akan lebih mudah mengajarkan pada anak bahasa inggris melalui percakapan sehari-hari. Biasakan anak menggunakan kata-kata yang mudah ketika di rumah menggunakan bahasa inggris. Misalnya ketika makan, ajak anak bicara tentang fungsi alat makan menggunakan bahasa inggris.

Tidak perlu kalimat panjang cukup yang sederhana saja. Ingat bahasa hanya tentang kebiasaan saja. Makin sering dipakai, anak akan lebih mudah menggunakan bahasa inggris.

5. Topik Pembelajaran Disesuaikan Dengan Minat Anak

Supaya lebih mudah mengajaknya belajar, topik harus disesuaikan dengan minatnya. Setiap anak pasti punya minat yang berbeda-beda. Ada yang suka membaca, menyanyi, atau melukis, dan lainnya. Orang tua harus lebih rajin mengeksplor minat si anak tersebut.

Jika misalnya si anak ternyata lebih condong suka dengan membaca. Orang tua bisa menggunakan objek pembelajaran seperti buku-buku cerita bergambar yang menarik perhatiannya. Pastinya yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya. Ini akan lebih membuatnya termotivasi untuk segera mempelajarinya.

Itu tadi bagaimana cara mengajari anak bahasa Inggris di rumah. Jika diperhatikan di masa kini bahasa asing seperti bahasa Inggris sangat penting. Demi mendukung masa depan anak yang lebih cerah, orang tua harus berusaha agar anak menguasai bahasa tersebut dengan baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...