Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Ini Lho Bun, Cara Mengajarkan Anak 1 tahun Sikat Gigi!

Cara Mengajarkan Anak 1 tahun Sikat Gigi
Cara Mengajarkan Anak 1 tahun Sikat Gigi

Anak satu tahun apa perlu diajari membersihkan gigi? Tentu saja perlu, mengingat sejak usia 6 bulan gigi susu anak rata-rata sudah mulai tumbuh. Meskipun nantinya gigi tersebut akan tanggal, kebersihannya juga harus senantiasa dijaga. Lagi pula cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi juga tidak seberapa susah.

Jika orang tua begitu saja mengabaikan kebersihan gigi sang buah hati, banyak resiko yang mungkin dihadapi. Gigi susu anak bisa jadi menjadi sarang banyak karang yang mengganggu. Lebih parahnya lagi, bisa jadi kondisi tersebut berujung pada kerusakan gigi pada anak.

Meskipun cukup mudah, tidak jarang orang tua ada yang masih merasa kesulitan mengajarkan buah hatinya menyikat gigi. Apalagi untuk usia satu tahun, mereka masih tergolong batita. Di bawah ini akan dijelaskan tentang beberapa cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi yang bisa dicontoh para orang tua :

1. Biarkan Anak Memilih Sikat Berikut Pasta Giginya Sendiri

Anak akan mudah termotivasi untuk sikat gigi dengan membebaskannya memilih jenis sikat maupun pasta gigi sesuai keinginannya. Maka ajaklah si anak ke swalayan, lalu berikan kebebasan mereka untuk memilih sendiri sesukanya. Sekarang sudah banyak sekali jenis sikat gigi dengan berbagai karakter dan warna.

Ingatlah dari yang item yang anak pilih, pastikan sikat gigi punya permukaan halus sehingga tidak malah menyakitinya. Selain itu berilah juga kebebasan untuk memilih sendiri pasta gigi. Pastikan si anak memilih pasta gigi yang minim kandungan fluoride.

2. Cobalah Untuk Berikan Contoh Padanya

Orang tua juga perlu memberikan contoh pada anak sehingga mereka dapat menirukannya. Misalnya di pagi hari ajak si anak untuk gosok gigi bersama. Bisa saling berhadapan atau menghadap kaca. Dari sana orang tua bisa sekalian mengajarkan cara menggosok gigi. Termasuk ketika harus mengeluarkan busa sisa, berkumur, dan membersihkan mulut.

3. Pilih Tempat Untuk Gosok Gigi Yang Mudah Dijangkau

Rata-rata orang tua lebih senang mengajarkan anak menggosok gigi di wastafel. Oleh karena itu pastikan tempat tersebut mudah dijangkau oleh anak. Berikan pijakan khusus sehingga anak tidak kesusahan menjangkaunya. Paling penting pastikan juga pijakan tersebut cukup aman dan tidak mudah bergeser.

4. Tidak perlu Terfokus Pada Teknik Menyikat Yang Benar

Memang ada ketentuan khusus menyikat gigi dengan benar. Namun, orang tua tidak perlu memaksakan anak umur 1 tahun harus melakukan hal tersebut. Jika si anak masih sering melakukan gerakan menyikat asal-asalan, sebisa mungkin abaikan saja.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk anak umur 1 tahun, lebih baik fokus untuk membangun kebiasaan menggosok gigi secara rutin. Jika nanti sudah terlihat terbiasa orang tua baru boleh mulai mengajarkan bagaimana teknik gosok gigi yang benar.

Baca juga : 7 Cara Mengajarkan Anak Perkalian dengan Mudah

5. Sesekali Ceritakan Kisah Atau Perlihatkan Video Tentang Menggosok Gigi

Tingkatkan motivasi anak supaya lebih semangat ketika diajak menggosok giginya. Misalnya ceritakan kisah tentang peri yang akan memberikan hadiah pada anak yang giginya selalu bersih. Berikan kisah-kisah tersebut ketika anak akan tidur.

Tidak ada salahnya juga untuk mengajak anak menonton video. Bisa tentang tayangan gigi yang rusak jika tidak rajin membersihkannya. Anak umur 1 tahun kebanyakan akan ketakutan sendiri, dan memutuskan rajin gosok gigi dengan sendirinya.

6. Beri Pujian Ketika Si Kecil Berhasil Menyikat Giginya Sendiri

Terakhir orang tua perlu memberikan si kecil pujian ketika berhasil menggosok giginya sendiri. Dengan begitu kemungkinan besar, anak akan lebih bersemangat melakukannya dengan rutin. Bila perlu ajak juga anggota keluarga lain untuk ikut memberikan pujian. Pujian adalah salah satu bentuk motivasi yang tepat, terutama bagi anak-anak.

Itu tadi informasi tentang bagaimana cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi. Meskipun tidak terlalu sulit, namun mengajarkan anak dibawah 3 tahun untuk belajar menggosok gigi setidaknya membutuhkan banyak kesabaran. Tidak perlu memasang target terlalu tinggi. Setidaknya mereka sudah punya kesadaran sendiri untuk membersihkan giginya dengan rutin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....