7 Cara Mengajarkan Anak Perkalian dengan Mudah

cara mengajarkan anak perkalian

Cara mengajarkan anak perkalian dinilai cukup sulit, karena anak-anak sering mengeluh pusing jika sudah dihadapkan dengan angka-angka. Butuh proses yang tidak singkat agar anak bisa memahami konsep dengan baik dan menghafalkan perkalian.

Meskipun sulit, bukan berarti anak harus menyerah sebelum memulainya, dalam proses ini hanya diperlukan kesabaran dan metode yang tepat.

Cara Mengajarkan Anak Perkalian

Berikut ini 7 cara mengajarkan anak perkalian dengan mudah :

1. Perkenalkan Dengan Cara yang Mudah

Sebelum memulai mengajarkan anak perkalian, perkenalkan angka pada anak dengan cara yang mudah untuk dimengerti. Ini dilakukan untuk lebih memudahkan, proses belajar anak. Lakukan dengan menggunakan alat peraga dan alat lainnya.

Cara belajar bisa dengan bantuan jari tangan agar lebih mudah. Gambar-gambar juga membantu anak untuk memudahkan proses belajar, karena gambarnya yang menarik. Setelah menguasainya, bisa diterapkan dengan menggunakan angka-angka.

2. Bimbing Anak Untuk Kuasai Konsep Sebelum Menghafal

Cara mengajarkan anak perkalian yang benar adalah dengan tidak memberikan tuntutan pada anak untuk menghafal semua materi sekaligus. Tetapi dengan menguasai konsep perkalian dengan baik. Karena setiap anak memiliki proses belajar anak berbeda-beda.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja Paling Ampuh

3. Lakukan Secara Bertahap

Berikan waktu pada anak untuk belajar, jangan terlalu terburu-buru dan memberikan penekanan dalam belajar. Setiap hal yang baik perlu proses, apabila menginginkan hasil yang instan, bukan hal yang tidak mungkin anak akan lupa dengan cepat.

Mulailah dari perkalian yang mudah, misalnya perkalian 0 dan 1. Buat anak percaya diri dalam menguasai materi yang diberikan, maka anak akan menyukainya dan merasa tertantang untuk menguasai materi yang lebih tinggi lagi.

4. Ulangi Dahulu dan Koreksi

Cara mengajarkan anak perkalian bisa dengan mengulang materi yang sudah diberikan, lalu mengoreksinya. Misalnya, anak harus menghafal perkalian dari 1 – 10 yang sudah diberikan sebelumnya, lalu berikan lembar tes perkalian tertulis.

Lakukan koreksi jawaban yang sudah diisi, dengan begitu bisa menilai sejauh mana kemampuan anak pada hafalannya. Semakin banyak soal yang terjawab dengan benar, artinya kemampuan anak dalam perkalian sudah bagus.

Cara yang lain bisa diuji dengan metode pemberian pertanyaan secara lisan. Lalu lihat seberapa cepat anak bisa menjawab, semakin cepat anak bisa menjawab pertanyaan dengan benar, maka kemampuan anak sudah meningkat tajam.

5. Tempel Poster Perkalian di Dinding

Poster perkalian bisa menjadi alat bantu belajar anak. Agar lebih menarik, pilih poster dengan desain yang unik dan membuat anak nyaman untuk menghafal. Metode belajar ini sangat cocok dengan tipe pembelajaran visual.

6. Lakukan latihan Menggunakan Permainan

Bangun pemahaman bahwa belajar itu menyenangkan. Terapkan sistem belajar sambil bermain. Cara ini ampuh agar anak tidak benci untuk belajar. Tanamkan bahwa belajar tidak harus terlalu serius dan suasana yang menegangkan.

Permainan belajar yang bisa diterapkan adalah permainan papan atau kartu. Bisa juga dengan memanfaatkan teknologi yang sudah canggih, di era modern ini permainan bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi perkalian di ponsel.

Biasanya cara pembelajaran yang disediakan sangat menarik dan menyenangkan untuk anak. Pada aplikasi bisa berisi video pembelajaran dan soal-soal perkalian. Namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan anak.

7. Rutin Asah Kemampuan Anak

Rutinlah untuk mengasah kemampuan anak dalam berhitung terutama pada perkalian. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mengasah kemampuan anak. Misalnya saat memesan makanan, menghitung harga dan saat membeli barang.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak perkalian dengan mudah. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi berupa hadiah atau hal lainnya agar anak merasa dihargai selama proses belajar yang sudah dilaluinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =

Scroll to Top