Inilah 6 Terbaru Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Teknologi zaman sekarang sudah semakin canggih dibuktikan dengan banyaknya alat komunikasi modern, seperti handphone. Alat komunikasi yang satu ini sangat banyak penggunanya, bahkan meliputi semua umur. Anak-anak pun terkena imbas dari pemakaian alat komunikasi yang satu ini. Maka dari itu harus ada cara mengatasi anak kecanduan hp bagi orang tua masing-masing.

6 Terbaru Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Pemakaian hp yang terus menerus tentu akan menimbulkan efek samping bagi anak-anak, salah satunya adalah malas untuk belajar dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, orang terdekat dari anak-anak tersebut harus senantiasa mengawasinya agar terhindar dari dampak yang ditimbulkan. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, sebagai berikut :

1. Membatasi Pemakaian Internet

Cara yang paling mudah adalah dengan membatasi penggunaan internet yang bisa diakses lewat hp. Orang tua hanya perlu mengatur wifi atau kuota internet, misalnya hanya 1 gb per hari. Hal itu akan membuat akses internet di hp anak terputus dan tidak bisa memainkan hp tersebut.

Dengan demikian, anak akan bosan karena tidak bisa bermain online dan akan mengalihkan kegiatannya, seperti bermain bersama teman-temannya di luar rumah atau untuk belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah.

2. Menyibukkan Anak dengan Kegiatan Lain

Orang tua bisa menggunakan alternatif lain seperti mencari kesibukan bagi anak-anaknya. Kesibukan tersebut bisa berupa pergi ke tempat wisata, bermain dengan alam, dan berolahraga.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, anak akan lupa dengan hp karena sudah senang bermain dengan orang tuanya. Lama kelamaan, anak pun akan bisa terlepas dari ketergantungan hp yang membuatnya malas belajar dan bersosialisasi.

3. Mengajak Anak Bermain dengan Lingkungan Sekitar

Berinteraksi sosial sangat diperlukan terutama bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Hal tersebut bisa membuat anak memiliki banyak teman dan pandai untuk bergaul.

Oleh sebab itu, cara mengatasi anak kecanduan hp bisa melalui kegiatan bermain dengan anak-anak seusianya di lingkungan sekitar, misalnya bermain sepak bola, layang-layang, dan petak umpet.

4. Membatasi Waktu Pemakaian HP

Dalam mengakses hp, tentu harus ada batasan-batasan dimana anak harus berhenti untuk menggunakannya. Orang tua bisa memberitahu dengan baik bahwa penggunaan hp yang terlalu lama bisa menimbulkan dampak negatif. Selanjutnya, orang tua juga memberi nasihat tentang kapan saja boleh dan tidak untuk bermain hp, misalnya hp boleh digunakan saat libur sekolah saja, yaitu hari Minggu.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun Atau Lebih

5. Memberikan Anak Mainan yang Menarik

Anak-anak cenderung lebih menyukai mainan-mainan yang menarik. Para orang tua harus mempunyai ide untuk membuat atau membeli mainan yang bisa disukai oleh anak. Dengan demikian, anak akan fokus pada mainan tersebut dan akan meninggalkan hp.

Cara ini cukup mudah diterapkan, tetapi harus pandai juga untuk merayu anak untuk bermain dengan mainan yang sudah disediakan.

6. Diskusi dengan Anak Tentang Dampak Pemakaian HP

Hubungan orang tua dan anak bisa semakin dekat dengan melakukan diskusi-diskusi kecil, seperti untuk menghindarkan anak dari dampak teknologi. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk melepaskan ketergantungan hp pada anak.

Orang tua bisa sesekali menasehati anaknya dengan ucapan-ucapan yang baik dan jangan menggunakan emosional karena anak akan semakin kesal nantinya. Dari hal tersebut, anak pun menyerap apa yang dikatakan orang tuanya dan bisa memahami perihal tersebut.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi anak kecanduan hp yang wajib diketahui bagi semua orang tua agar bisa menghindarkan anak dari bahaya yang ditimbulkan. Cara tersebut bisa diterapkan mulai dari sekarang ke anak-anak yang sedang kecanduan bermain hp.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =

Scroll to Top