Cara Mengatasi Fase Threenager

cara mengatasi fase threenager

Apa itu fase threenager dan bagaimana cara mengatasi fase threenager pada anak balita yang bertingkah seperti remaja ? Threenager adalah istilah yang digunakan untuk fase anak umur 3 tahun tetapi bertingkah laku seperti seumuran remaja.

“yuk, kita bereskan mainan”, “nggak mau”

“Adek, jangan lari-lari terus nanti kamu capek loh”, “Nggak ah..lagi seru”.

Kalau percakapan di atas sering sekali Anda temui, maka saya ucapkan selamat datang di fase threenager.

Jika Anda telah berhasil melewati fase “terrible two”dengan baik, ini adalah ujian Anda selanjutnya. Ini adalah fase yang sama dengan fase ketika umur 2 tahun tetapi dengan sikap dan keras kepala. Mereka bersikap selayak remaja yang tidak mau Anda atur.

Bahkan ketika Anda menggunakan nada yang manis dan rendah, mereka akan tetap menunjukkan penolakan. Hal ini timbul karena mereka merasa diri mereka mampu dan sudah bukan anak kecil yang masih harus diawasi dan diatur orang tuanya.

Sifat keras kepala ini akan muncul ketika mereka memiliki keinginan. Mereka harus mendapatkan apa yang mereka mau, bagaimanapun caranya. Ketika apa yang mereka inginkan tidak tercapai, maka tantrum jawabannya.

Berteriak, menangis tersedu-sedu, dan membanting-banting barang akan menjadi tontonan Anda sehari hari.

Fase threenager ini bisa jadi fase sulit dan melelahkan untuk Anda. Anda harus memutar otak, mencari strategi baru dan mengaplikasikannya di waktu yang tepat jika Anda ingin berhasil melewati ini. Kalau Anda sudah menyadari Anda sedang menghadapi threenager, sekarang saatnya Anda mengganti strategi lama dengan pola asuh baru.

Berikut tips Cara Mengatasi Fase Threenager

Kebebasan

Berikan anak Anda kebebasan ketika mereka melakukan aktivitasnya. Tetapi Anda tetap harus mengawasinya. Longgarkan sedikit aturan-aturan rumah yang biasa Anda terapkan. Biarkan mereka mengeksplorasi aktivitas mereka.

Memberikan ruang bagi anak untuk menjadi diri mereka sendiri, mengenali detail karakter anak anak mereka. Perhatikan potensi dominan anak saat beraktifitas dan berkomunikasi dengan Anda.

Mengenali emosi anak

Anda harus memahami dan mengerti sifat dan karakter emosi dari anak Anda. Pada usia ini anak mulai mengenal berbagai macam emosi baru. Ia mulai cemburu dengan saudaranya atau anak seusianya. Ia marah ke orang tuanya yang menurutnya selalu membatasi ruang geraknya. Atau Ia mulai merasakan kegelisahan ketika ia tidak mendapatkan hal yang diinginkan.

Cara mengatasi fase threenager selanjutnya, Berikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami tentang apa yang sedang anak Anda rasakan. Biarkan mereka mengenal emosi-emosi yang mereka rasakan. Kalau perlu berikan label pada setiap hal yang mereka rasakan.

Marah, sedih, senang dan kecewa adalah yang akan mereka rasakan. Anda harus dapat menjelaskan emosi apa yang sedang mereka rasakan dan bagaimana cara mengatasinya.

Jelaskan kepada mereka bahwa perkataan dan tindakan mereka bisa mempengaruhi Anda dan lingkungan sekitar mereka. Jelaskan juga pentingnya menghormati orang lain. Dan ketika mereka kasar, itu akan menyakiti hati Anda atau orang di sekitar mereka.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Yang Paling Efektif

Keuntungan Fase Threenager

Anda tidak hanya akan menemui kesulitan dalam fase ini. Tetapi Anda juga akan menemukan banyak sekali perkembangan-perkembangan yang signifikan dalam tumbuh kembang anak Anda.

Salah satunya adalah ketika mereka mencoba berargumen dengan Anda, kosa kata mereka akan bertambah banyak. Mereka akan lebih bisa mengenali dan mengatakan kepada Anda apa yang mereka mau dan apa yang mereka tidak sukai.

Sekarang mereka akan lebih mudah berkomunikasi dengan Anda. Jadikan moment ini sebagai waktu untuk mengenal tentang emosi lebih jauh lagi. Jelaskan tentang apa yang mereka rasakan ketika marah atau mungkin suatu saat mereka akan merasakan kekecewaan.

Mempunyai threenager memang tidak mudah. Anda harus mempunyai stok kesabaran yang banyak. Cobalah untuk menerima semua emosi yang mereka rasakan, walaupun pasti sulit untuk Anda.

Hal yang paling mudah untuk mengajarkan ke anak-anak adalah menjadi contoh yang baik, ini artinya mereka akan melihat bagaimana Anda berkomunikasi dengan mereka saat mereka tantrum.

Jangan pernah menggunakan kata-kata kasar atau membandingkan anak Anda dengan temannya. Cobalah untuk menghormati mereka. Namun jangan pernah lepas dari pikiran Anda, bahwa mereka masih berumur 3 tahun, bukan lebih.

Masih banyak lagi informasi seputar parenting : https://jengsusan.com/ibu/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top