Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria yang Ampuh dan Mudah Dicoba

Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa kulit pada pria terutama pada bagian wajah itu lebih berminyak bila dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu menjaga dan merawat wajah merupakan hal yang wajib dilakukan bukan hanya oleh wanita namun juga oleh pria. Terdapat beberapa cara mengatasi muka berminyak pria yang ampuh dan mudah dicoba berikut ini:

5 Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria

 Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria
Gambar oleh Thanks for your Like • donations welcome dari Pixabay

1. Rajin Membersihkan Muka

Muka atau wajah merupakan area kulit yang memerlukan perawatan khusus dan tidak boleh asal-asalan agar selalu bersih dan sehat. Oleh karena itu, sabun pencuci muka dibuat khusus terpisah dengan sabun pembersih badan. Cara mengatasi muka berminyak pria bisa dimulai dengan rajin membersihkan muka agar selalu bersih dan terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel setelah beraktivitas.

Caranya dengan membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka. Kemudian aplikasikan sabun pencuci muka dengan perlahan dan lembut. Setelah itu tunggu dalam beberapa saat saja kemudian bilas dengan air yang bersih dan mengalir. Jangan lupa setelah bersih, muka perlu di lap dengan lap khusus muka atau handuk khusus muka yang bersih tentunya.

2. Menjaga Pola Makan

Untuk mengurangi kandungan minyak yang berlebihan pada muka tentunya dalam hal asupan makanan sangat berpengaruh. Jika seorang pria lebih sering memakan makanan berminyak seperti gorengan dan juga makanan bersantan, tentu pada wajahnya akan menghasilkan lebih banyak kandungan minyak. Oleh karena itu, jenis makanan yang berminyak perlu dihindari.

Sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan yang lebih sedikit kadar minyaknya, atau bahkan mungkin tanpa minyak. Contohnya, bisa sesuatu makanan yang direbus, dikukus, buah-buahan dan sayuran yang lebih sehat. Pola pemakanan yang lebih sehat tersebut diharapkan dapat mengurangi kandungan minyak yang dihasilkan kulit.

3. Memilih Produk Pembersih Muka

Dalam memilih produk pembersih muka tentunya tidak bisa asal memilih agar kulit yang berminyak tidak bertambah parah atau mungkin menambah masalah baru. Masalah yang dapat ditimbulkan akibat pemakaian produk yang salah dapat mengakibatkan kulit bruntusan atau bahkan timbul jerawat. Apabila dirasa produk yang digunakan menimbulkan beberapa gejala sebaiknya penggunaan produk tersebut perlu dihentikan.

Baca juga: Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebihan

4. Atur Jadwal Membersihkan Wajah

Membersihkan muka memang baik untuk selalu menjaga kebersihan. Namun perlu diketahui juga, dengan mencuci atau membersihkan terlalu sering juga tidak baik untuk kulit salah satunya itu menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering tersebut dapat menimbulkan kembali minyak yang sebelumnya dibersihkan. Kulit wajah yang terlalu sering dibersihkan juga kemungkinan dapat menyebabkan iritasi.

5. Sering Minum Air Putih

Air putih merupakan unsur yang penting dalam kehidupan manusia. Kandungan air putih yang cukup pada seseorang dapat menghindarkan dari kulit yang kering. Keadaan kulit kering dapat menimbulkan kembali minyak secara berlebih dan hal tersebut sangat mengganggu. Jadi, sebaiknya perbanyak minum air putih agar kulit muka tidak mudah kering dan berminyak.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi muka berminyak pria yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan cara-cara yang telah disebutkan tadi dapat membantu mengurangi minyak berlebih yang muncul pada kulit khususnya pada pria. Agar hasil yang didapatkan maksimal, maka cara-cara tadi harus dilakukan dengan konsisten setiap hari agar minyak pada kulit dapat berkurang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top