Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Tanpa Korset Dengan Aman

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Hadirnya bayi mungil di tengah keluarga, tentu menambah hangatnya suasana rumah. Namun, bagi sebagian wanita, bentuk perut yang masih membuncit pasca melahirkan menjadi pemicu rasa tidak percaya diri. Beberapa cara instan pun dilakukan, salah satunya dengan menggunakan korset. Meski demikian, ada cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa korset, seperti berikut:

Berikut Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
Gambar oleh Adina Voicu dari Pixabay

1. Menyusui

Aktivitas tambahan yang muncul setelah melahirkan adalah menyusui bayi. Rata-rata bayi membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan asupan nutrisi terbaik dari ASI, sebelum akhirnya disapih. Menyusui bayi terkadang dianggap sepele oleh wanita bekerja. Padahal, menyusui bayi bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa korset.

Selain meningkatkan ‘bounding’ antara ibu dan bayi, menyusui juga membuat tubuh membakar 500 kalori per hari. Hal ini karena menyusui juga memicu kontraksi pada organ Rahim, sehingga disebut sebagai olahraga alami pasca melahirkan. Sebuah penelitian bahkan mengatakan bahwa ibu-ibu yang menyusui bayinya, bisa menurunkan berat badannya dengan lebih mudah di enam bulan pertama pasca melahirkan.

2. Olahraga Ringan

Selain olahraga alami di atas, pasca melahirkan ibu-ibu juga diperbolehkan, bahkan disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga tentunya akan membantu mengencangkan bagian-bagian tubuh yang lain selain perut. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada dokter terkait olahraga yang tepat untuk dilakukan setelah melahirkan.

Salah satu olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan senam di rumah. Selain tidak harus menuju tempat olahraga khusus, melakukan aktivitas di rumah juga bisa dilakukan sembari menjaga si kecil. Bahkan, beberapa gerakan senam bisa juga dilakukan sembari menggendong bayi. Selain senam, ibu-ibu juga bisa berjalan kaki atau lari kecil, yoga, atau berenang untuk melatih tubuh sekaligus mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan.

3. Melatih Otot Perut dan Panggul

Selain melakukan olahraga ringan, setelah melahirkan ibu-ibu juga bisa secara khusus melakukan latihan yang terfokus pada otot perut dan panggul. Latihan otot perut dan panggul, bukan hanya membantu mengecilkan perut, tetapi juga meringankan keluhan sakit atau pegal pada punggung yang sering dialami oleh ibu-ibu hamil dan pasca melahirkan.

Cara melatihnya pun sangat mudah, yaitu dengan latihan menahan napas dalam posisi duduk tegak selama 8 sampai 10 detik. Ulangi beberapa kali sembari merasakan kontraksi pada perut pada saat melatih napas.

Baca juga: Cara Mengecilkan Pori Pori

4. Perbanyak Air Putih

Konsumsi air putih tetap menjadi primadona bagi siapapun yang hendak mengecilkan tubuh. Kecukupan asupan air putih, tidak sekadar membuang racun-racun di dalam tubuh, melainkan juga membantu tubuh merasa lebih kenyang. Selain itu, air putih juga membantu optimalisasi proses hidrasi pada tubuh kita, sehingga setiap proses metabolisme akan berlangsung lebih baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

5. Mengkonsumsi Probiotik

Konsumsi probiotik, telah diteliti sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol metabolisme tubuh. Dalam hal ini, timbunan lemak pada perut sepanjang kehamilan dan setelah melahirkan pun dapat dibantu peluruhannya, jika metabolisme tubuh berjalan baik.

Probiotik banyak yang telah dikemas dalam makanan atau minuman seperti yoghurt atau kefir. Namun, ada pula jenis makanan sederhana yang mengandung probiotik dan sangat mudah ditemui, yaitu tempe, kimchi, kombucha, dan beberapa jenis keju.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa korset. Hal yang terpenting adalah, selalu konsultasikan kepada ahli terkait aktivitas dan asupan makanan yang dipilih, karena setiap tubuh memiliki kondisi yang berbeda satu sama lain.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...