4 Cara Menghapus Foto di Google Bisnis

Cara Menghapus Foto di Google Bisnis

Untuk para pemilik bisnis, memahami cara menghapus foto di Google Bisnis menjadi hal yang penting. Pasalnya, foto menjadi salah satu bagian penting yang wajib ditambahkan supaya pengguna yang mencarinya bisa melihat gambaran lengkap. 

Akan tetapi, terkadang pengguna juga ingin mengubah atau menghapus foto yang ada di Google Bisnisku dengan yang baru. Hmm, jika Anda juga ingin melakukan hal tersebut namun belum paham bagaimana caranya, simak penjelasan yang sudah kami rangkum di dalam artikel ini. 

Tutorial Cara Menghapus Foto di Google Bisnis

Beberapa informasi yang bisa didapatkan ketika memposting foto di Google Bisnis adalah seperti halaman Tentang Saya, ulasan, foto-foto, dan lokasi yang mungkin juga disertakan. Adanya fitur untuk menambahkan video dan foto dapat sangat berguna bagi local guide. 

Pasalnya, mereka bisa menuliskan ulasan beserta foto dan video dari tempat yang dikunjunginya. Dengan begitu, penulis ulasan tersebut juga mendapatkan keuntungan poin, dan tentunya membantu pengguna lain dalam mencari informasi sebuah bisnis. 

Akan tetapi, Anda sebagai pemilik bisnis, mungkin pernah merasa tidak nyaman dengan adanya suatu foto di Google My Business yang tidak relevan. Oleh karena itu, ikuti beberapa cara menghapus foto di Google Bisnis yang bisa dilakukan secara efektif:

  • Buka Profil Bisnis Anda terlebih dahulu
  • Kemudian, pilih foto > Oleh pemilik
  • Langsung saja pilih foto yang ingin Anda hapus
  • Di bagian kanan atas, pilih ikon yang bergambar tong sampah, kemudian pilih lagi Konfirmasi (ikon tong sampah hanya muncul untuk foto yang ditambahkan bisnis Anda)

Fungsi Foto di Google Bisnis

Mungkin setelah memahami cara menghapus foto di Google Bisnis, Anda bertanya-tanya, kenapa foto di dalam sebuah akun Google Bisnis sangatlah penting. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami berikan beberapa penjelasan dari fungsi-fungsi foto untuk akun bisnis. 

1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Fungsi dari foto yang ada di Google My Business memiliki fungsi penting yaitu dapat meningkatkan bisnis yang Anda miliki di dunia digital, terutama pada seluruh layanan Google. Jadi, nantinya profil bisnis beserta foto yang ada bisa muncul di penelusuran Google, Google Maps, sampai Google Shopping. 

Hal ini sudah pasti menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, karena bisnis yang dijalani akan lebih banyak ditemukan oleh pengguna internet. Bahkan mereka bisa saja tertarik untuk melakukan transaksi pembelian di toko online yang Anda miliki. Namun jika mendapati ulasan gambar yang melanggar, Anda tetap bisa menerapkan cara menghapus foto di Google Bisnis.

Berdasarkan penjelasan di halaman HootSuite, Google Bisnis akan lebih baik digunakan untuk bisnis yang memiliki lokasi fisik (offline store). Apabila Anda memiliki toko online, bisa manfaatkan alat Google lainnya seperti Google Analytics dan Google Ads untuk meningkatkan penjualan secara online. 

2. Mempromosikan Bisnis

Fungsi dari adanya sebuah foto di akun Google Bisnis adalah sebagai media promosi secara gratis. Dengan menambahkan foto ke dalam profil bisnis, Anda bisa memberikan gambaran yang lebih ril kepada khalayak, terkait bisnis yang sedang dijalani. 

Dalam hal ini, promosi yang Anda lakukan, terutama pada layanan Google lainnya, bisa menjaring banyak pengguna sehingga mudah tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Tidak hanya skala lokal, bahkan Anda bisa menjaring target pasar sampai skala global. Namun, jangan lupa pastikan juga Anda paham bagaimana cara membuat lokasi di Google Maps

3. Mendapatkan Pelanggan Loyal

Meskipun kami telah menjelaskan cara menghapus foto di Google Bisnis, namun Anda harus pahami bahwa fungsi dari adanya foto tersebut adalah berpotensi untuk mendapatkan banyak pelanggan loyal. Terlebih, jika tempat toko Anda bisa dengan mudah ditemukan pada layanan Google Maps. Jadi, siapa saja bisa menemukan toko fisik Anda dengan mudah dan cepat. 

Selain meningkatkan penjualan, Google Binsi juga bisa menciptakan kredibilitas bisnis yang lebih positif. Dengan keterangan informasi yang jelas, pelanggan pun bisa menaruh kepercayaan yang lebih dan yakin untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan. 

4. Meningkat Peringkat Website Bisnis di Mesin Pencari

Jangan salah, memasang foto di Google Bisnis bisa meningkatkan peringkat di mesin pencari. Seperti yang sudah umum ketahui, Google akan membantu para pemilik bisnis dengan lebih mudah untuk ditemukan saat calon pelanggan mencarinya di internet. Tidak heran jika cara menghapus foto di Google Bisnis menjadi info yang cukup penting.

Tidak hanya itu, foto yang ada di akun Google My Business juga bisa meningkatkan SEO lokal. 

Karena secara khusus, informasi dan juga foto untuk bisnis lokal lebih sering muncul ketika pengguna menelusuri bisnis terdekat menggunakan fitur layanan Google Maps. Jadi selain untuk meningkatkan penjualan di tempat bisnis fisik Anda, SEO juga bisa meningkatkan trafik di website toko online.

5. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Fungsi dari foto yang ada di Google Bisnis adalah sebuah bentuk ‘testimoni’ dari pelanggan. Memang secara default, layanan Google ini menyediakan fitur review, sampai pelanggan yang berkunjung ke tempat atau toko fisik Anda bisa memberikan penilaiannya secara jujur. 

Ulasan atau review dari pelanggan yang positif tentu saja bisa sangat menguntungkan bagi kelancaran bisnis Anda. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, serta mendatangkan pelanggan baru. 

Namun jika ada sebuah review dan media yang tidak relevan atau melanggar hukum, silahkan lakukan cara menghapus foto di Google Bisnis di atas tadi dan cara menghapus ulasan di Google.

Akhir Kata

Meskipun fitur review sangat menguntungkan pemilik bisnis, namun tidak menutup kemungkinan jika ada pengguna atau pelanggan yang memberikan ulasan beserta media yang melanggar ketentuan Google. Jika Anda menemukan adanya media seperti gambar dan video yang melanggar peraturan, terapkan cara menghapus foto di Google Bisnis seperti yang sudah kami jelaskan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =

Scroll to Top