7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah + Rekomendasi Produk

Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Tidak usah frustasi begitu, ada kok cara menghilangkan belang di wajah yang ampuh!

Hmm… Masalah belang di wajah tampaknya menjadi masalah yang seringkali dihadapi banyak orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan teriknya sinar matahari yang memiliki dampak negatif untuk kulit. Benar sekali, salah satunya adalah mudah membuat wajah belang. 

Untuk itu, Jeng Susan akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara, yang jika dilakukan secara rutin akan meratakan warna cerah pada wajah. Mau tau apa saja caranya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Tips: Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Wajah belang adalah kondisi kulit di mana kulit wajah mengalami perubahan warna yang tidak merata. Sebenarnya, kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, namun yang paling utama adalah karena paparan sinar matahari yang sangat terik. 

Pada dasarnya, manusia memang memerlukan sinar matahari sebagai sumber Vitamin D. Akan tetapi, jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari justru akan mengakibatkan kulit belang karena memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. 

Hingga akhirnya, masalah kulit kusam, kering, dan belang pun terjadi. Namun jangan khawatir, karena Jeng Susan sudah mempelajari cara-cara yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, seperti:

1. Gunakan Serangkaian Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Cara menghilangkan belang di wajah karena paparan sinar matahari yang pertama adalah dengan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan bahan untuk mencerahkan kulit. Beberapa kandungan tersebut adalah Vitamin C, Niacinamide, Asam Kojic, Retinol, Mineral Clay, dan Asam Azelaic. 

Kandungan-kandungan tersebut secara ampuh bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Namun dengan catatan, harus rutin dan sesuai anjuran produk dalam menggunakannya. Selain itu, hindari juga menggunakan produk yang bisa memicu peradangan kulit, seperti yang mengandung bahan alkohol, atau bahan iritan lainnya yang dapat memperburuk kondisi wajah. 

Adapun beberapa rekomendasi skincare untuk wajah belang yang sudah terbukti ampuh mengatasi masalah tersebut, seperti:

  • Facial Wash: Avoskin Silky Luz The Bohemian Soap untuk melembabkan kulit
  • Toner: Emina The Bright Stuff Face Toner untuk membuat kulit segar
  • Serum: The Bath Box Brassica Serum untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang merata
  • Pelembab/krim wajah: ElsheSkin Brightening Cream untuk membuat kulit lebih cerah dan glowing

2. Gunakan Sunscreen Minimal SPF 30

Karena faktor utamanya adalah paparan sinar matahari, maka cara menghilangkan belang di wajah yang paling ampuh yaitu dengan menggunakan produk sunscreen atau tabir surya. Kalau sebelumnya Anda sudah membaca artikel Jeng Susan yang menjelaskan tentang sunscreen dulu atau pelembab dulu, pasti sudah paham kenapa penggunaan tabir surya itu sangat penting. 

Pasalnya, tabir surya adalah produk yang paling ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang sangat terik. Tidak hanya menghindari kulit menjadi belang, namun juga membantu kulit terhindar dari masalah jerawat yang meradang, serta memperlambat penuaan dini. Namun pastikan, produk sunscreen yang Anda pilih memiliki minimal SPF 30 seperti standar dari para dermatologi di Indonesia. 

Untuk mempermudah Anda dalam memilih produk tabir surya, berikut Jeng Susan berikan rekomendasi sunscreen untuk wajah belang:

  • Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+
  • Vaseline UV Protection Sun Stick 50+ SPF/PA++
  • Azarine Sunscreen Mist Hydrasoothe SPF 50
  • Skintific Sunscreen Mist All Day Light SPF50 PA++++ 
  • Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA+++

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Cara menghilangkan belang di wajah yang ketiga adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Untuk yang belum paham, eksfoliasi adalah proses yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi hiperpigmentasi di kulit wajah. Eksfoliasi sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni:

Eksfoliasi Scrub

Eksfoliasi scrub pada wajah dilakukan seperti Anda mengaplikasikan produk facial wash. Yang membedakannya hanya jenis produknya yang berupa scrub dan tidak berbusa. Beberapa rekomendasi produk eksfoliasi scrub yang bisa digunakan adalah:

  • St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub
  • Mineral Botanica Facial Scrub
  • Himalaya Purifying Neem Scrub
  • Sariayu Facial Scrub Mawar

Eksfoliasi Toner

Sedangkan Anda bisa juga menggunakan eksfoliasi toner, yang dilakukan seperti menggunakan toner setelah membersihkan wajah. Berikut rekomendasi produknya yang bisa mengatasi kulit wajah belang:

  • Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner
  • Whitelab Exfoliating Toner
  • Skintific 5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner
  • Azarine Daily Beginner Exfoliating Toner
  • Emina Ms Pimple Acne Solution Exfoliating Toner

4. Menggunakan Masker Wajah

Cara menghilangkan belang di wajah yang berikutnya adalah menggunakan masker wajah secara rutin. Pasalnya, masker wajah bisa membantu mengatasi masalah wajah yang belang akibat paparan sinar matahari. 

Gunakan masker wajah yang mengandung lidah buaya atau aloe vera, kopi, timun, dan kunyit. Berikut adalah rekomendasi beberapa masker wajah yang dapat membantu masalah kulit wajah belang:

  • Wardah Lightening Face Mask
  • Sensatia Botanical Brightening Kakadu Plum Gel Mask
  • Garnier Serum Mask Light Complete
  • Emina Clay Mask Brightening
  • COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

5. Gunakan Masker dan Payung Jika Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari

Cara menghilangkan belang di wajah yang berikutnya, Anda perlu menggunakan masker medis dan payung jika beraktivitas di bawah sinar matahari. Penggunaan dua benda tersebut cukup ampuh untuk menghindari masalah kulit belang. Namun jika tidak memiliki aktivitas yang begitu penting, sebaiknya hindari terlalu banyak berada di luar ruangan yang rentang terkena sinar matahari. 

6. Jangan Gunakan Skincare Yang Tidak Memiliki BPOM

Mungkin ini terdengar cukup sepele, namun penggunaan skincare yang tidak memiliki nomor BPOM ternyata menjadi penyumbang masalah dari kulit belang. Pasalnya, produk perawatan wajah yang tidak memiliki nomor izin edar tersebut banyak yang berbahaya karena mengandung merkuri. 

Bahan kandungan itu bukannya memutihkan, lama-kelamaan justru membuat kulit terbakar dan rusak. Sehingga antara kulit wajah dan kulit leher akan terlihat dengan sangat jelas belangnya. 

7. Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup

Cara menghilangkan belang di wajah yang terakhir adalah mengkonsumsi air putih yang cukup. Jeng Susan paham, Anda pasti bertanya-tanya, kenapa air putih masuk ke dalam cara untuk mengatasi masalah belang di kulit wajah. 

Jawabannya karena air putih memiliki peran dalam mengatur warna kulit. Pasalnya, jika kekurangan cairan bisa membuat kulit kering, kusam, serta belang yang akan semakin terlihat. Maka, Anda perlu mulai mengkonsumsi air putih yang cukup sebanyak 2 liter setiap harinya. Selain kulit jadi sehat, tubuh pun akan terasa semakin bugar. 

Sebagai kesimpulan, kulit belang diakibatkan oleh penyebab utama yaitu paparan sinar matahari yang ekstrim. Untuk itu, perlu dilakukannya cara menghilangkan belang di wajah yang ampuh mengatasi masalah tersebut. 

Namun yang perlu diingat, semua cara-cara di atas membutuhkan waktu, sedikitnya 2 minggu untuk melihat hasil maksimalnya. Jadi tetap semangat, dan jangan sedih lagi dengan masalah kulit wajah yang tidak merata, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − six =

Scroll to Top