Jangan Panik, Ini 5 Cara Menghilangkan Fungal Acne di Wajah

Cara Menghilangkan Fungal Acne

Begitu banyak masalah kulit yang bisa terjadi pada diri siapa saja. Termasuk salah satunya adalah fungal acne yang bukan merupakan jenis jerawat biasa. Fungal acne adalah kondisi kulit yang ditandai munculnya bintik menyerupai jerawat akibat infeksi jamur. Masalah ini bisa terjadi di area tubuh maupun kulit wajah. Berikut adalah 5 cara menghilangkan fungal acne di wajah secara efektif.

5 Cara Menghilangkan Fungal Acne Di Wajah

Cara Menghilangkan Fungal Acne
Gambar oleh Pezibear dari Pixabay

1.  Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan meminum banyak air putih setiap hari. Langkah ini sangat sederhana namun tak jarang orang melewatkannya. Minum banyak air putih bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Kondisi kulit yang terhidrasi juga akan mempermudah proses penyembuhan fungal acne itu sendiri.

Sangat disarankan minum minimal 2 liter air setiap hari. Jika terasa sulit, gunakan alarm atau catatan di handphone sebagai pengingat. Bawa selalu botol air minum saat beraktivitas agar tubuh terhidrasi dengan baik dan masalah fungal acne ini cepat teratasi.

2. Mengatur Diet Sehat

Fungal acne bisa terjadi karena berbagai sebab, bisa jadi karena keseimbangan hormon terganggu, jumlah keringat berlebih, pengaruh cuaca lembab, dan lain sebagainya. Kondisi ini akan semakin diperparah dengan kebiasaan makan yang buruk. Jadi, usahakan untuk mengatur pola diet sehat demi mengatasi masalah fungal acne tersebut.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur jelas sangat disarankan untuk meningkatkan kondisi kesehatan kulit. Kurangi atau bahkan hindari jenis makanan yang berminyak dan mengandung terlalu banyak lemak. Makanan tinggi garam maupun tinggi gula juga sebaiknya dikurangi terlebih dahulu.

3. Hindari Scrubbing

Melakukan scrubbing memang dianjurkan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan tampilan wajah kusam. Namun langkah ini sangat tidak dianjurkan saat wajah sedang mengalami fungal acne. Proses scrubbing justru akan memperparah kondisi tersebut dan meningkatkan risiko iritasi.

Tak perlu melakukan scrubbing dulu, cukup cuci wajah secara rutin. Sebagai pengganti rutinitas scrubbing, bisa diaplikasikan bahan natural seperti lidah buaya. Lendir lidah buaya bisa diaplikasikan di wajah secara merata di malam hari. Cara ini tentu akan jauh lebih aman dan tidak meningkatkan risiko iritasi sekaligus bisa mengubah kondisi kulit menjadi lebih tenang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

4. Pilih Skincare Tepat

Gunakan produk skincare yang formulanya tepat untuk menghadapi masalah ini. Salah satu pilihan cara menghilangkan fungal acne di wajah yakni dengan pemakaian sabun wajah dan skincare berbahan sulfur. Selain sulfur, disarankan juga pemakaian produk yang mengandung propolis, salicylic acid, dan urea. Namun pemakaian bahan-bahan ini harus tetap dikonsultasikan lagi dengan dokter apabila ada kondisi khusus misalnya pada ibu hamil dan menyusui. 

5. Pemakaian Salep Antijamur

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi fungal acne ini adalah dengan menggunakan salep antijamur. Produk ini bisa didapatkan di apotek dan bisa juga dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika ada kondisi khusus yang tidak memungkinkan untuk memakai obat sembarangan.

Selain salep, bisa juga dilakukan konsumsi obat atau pil antijamur. Kembali lagi, penggunaan obat ini juga harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Pastikan bahwa konsumsi obat memang dibutuhkan karena masalah fungal acne bertambah parah dan tak dapat disudahi dengan solusi yang lain.

Itulah 5 pilihan cara menghilangkan fungal acne di wajah secara aman. Masalah kulit ini memang seringkali begitu sulit untuk diatasi. Bahkan tak jarang juga fungal acne begitu mudah menyebar dan bertahan lama di kulit. Kuncinya adalah sabar dan telaten melakukan perawatan yang tepat agar fungal acne segera lenyap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top