Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

5 Cara Menghilangkan Milia Secara Alami di Rumah!

Cara Menghilangkan Milia Secara Alami

Bagi sebagian orang, milia menjadi masalah kulit yang paling sering dialami selain jerawat. Biasanya, milia sering dialami oleh bayi yang baru lahir atau orang dewasa.  Saat ini, ada banyak cara menghilangkan milia secara alami yang lebih diminati orang-orang.  Karena selain murah, bahan-bahan alami lebih aman untuk sebagian jenis kulit.

Perlu diketahui Millia merupakan benjolan kecil berwarna putih yang tumbuh di sekitar area wajah, seperti hidung, pipi, dan bawah mata. Terlihat seperti jerawat, tapi ukurannya tidak terlalu besar , tidak menimbulkan nyeri, dan bisa hilang dengan sendirinya.  Terbentuk dari sel kulit mati atau keratin yang terperangkap di bawah kulit. Berikut 5 cara menghilangkan milia secara alami di rumah:

Berikut Cara Menghilangkan Milia Secara Alami

Cara Menghilangkan Milia Secara Alami
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

1. Konsumsi Vitamin A

Menurut penelitian,  vitamin A terbilang efektif untuk menghilangkan milia. Vitamin A dibutuhkan kulit saat melakukan pergantian sel secara alami. Selain itu, vitamin A juga dapat merangsang sel-sel kulit baru untuk tumbuh dan berganti, menghambat proses pemecahan kolagen, dan menebalkan lapisan kulit.

Vitamin A juga bisa didapat dengan mudah melalui makanan seperti alpukat, wortel, dan mangga. Rutinlah mengonsumsi 700-900 mcg vitamin A. Bisa dikreasikan menjadi bentuk jus atau langsung dikonsumsi langsung.

Selain dari makanan, Vitamin A juga bisa didapat dari krim-krim penunjang atau suplemen yang bisa dibeli di apotek atau melalui dokter. Salah satunya adalah krim retinoid. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan, terutama jika memiliki riwayat alergi tertentu.

2. Uap Hangat

Uap hangat dapat membuka pori-pori kulit. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sambil duduk di kamar mandi dan membawa ember berisi air panas, atau bisa juga gunakan keran air panas. Biarkan uap hangat mengenai wajah selama lima sampai sepuluh menit.

Hal ini dapat melepaskan sel kulit mati serta biang iritasi lain. Tidak hanya menghilangkan milia, uap hangat juga bisa melembutkan kulit.  Setelahnya, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk pelan dan bilas dengan air hangat.

3. Rutin Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan zat iritan penyebab milia. Campurkan gula pasir dengan minyak zaitun,  lalu oleskan pada area sekitar wajah setelah kulit benar-benar dibersihkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan air dingin hingga bersih.

Biasakan rutin melakukan ini, misal satu sampai dua kali seminggu. Hal ini merupakan cara menghilangkan milia secara alami yang sedikit beresiko. Eksfoliasi wajah harus dihentikan jika menimbulkan reaksi alergi seperti ruam kemerahan atau kulit mengelupas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

4. Gunakan Masker Madu

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, madu juga bermanfaat untuk wajah dan mengurangi peradangan. Sebuah studi klinis telah menunjukkan madu yang dicampur dengan ektrak kulit kayu manis mampu mengurangi milia.

Campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis, lalu oleskan ke wajah selama sepuluh menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Gunakan Tabir Surya Wajah

Melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet memang sangatlah penting. Gunakan tabir surya yang tepat untuk mengurangi iritasi kulit yang akhirnya menyebabkan sel kulit mati. Namun, pastikan gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

Pilih tabir surya yang paling ramah kulit dan tidak menyumbat kulit. Pastikan juga bahan-bahan tabir surya tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi atau peradangan.

Itulah 5 cara menghilangkan milia secara alami di rumah! Mudah. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, milia seringkali mengganggu penampilan. Namun, informasi di atas akan membantu sehingga tidak perlu khawatir lagi harus mengorek kocek besar untuk menghilangkannya. 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...