Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

7 Cara Merawat Badan setelah Melahirkan Paling Efektif

Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan

Kehamilan dan persalinan membawa banyak perubahan bagi wanita, terutama pada bentuk tubuh.  Setelah melewati masa melahirkan, tiba saatnya untuk kembali merawat diri. Tapi awas, setelah melahirkan ada fase baru yang harus dijalani yaitu menyusui sehingga tidak seharusnya sembarangan memilih langkah perawatan. Inilah dia 7 cara merawat badan setelah melahirkan yang dianggap paling aman dan efektif.

7 Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan

 Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan
Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

1. Makan Bergizi

Hal paling penting untuk dilakukan selepas melahirkan adalah mengatur pola makan. Penting sekali menyusun pola diet bergizi seimban. Hal ini dilakukan demi mengembalikan bentuk tubuh ideal sekaligus memulihkan kebugaran setelah melahirkan. Selain itu ibu juga butuh asupan makanan bergizi tinggi agar bisa menghasilkan ASI yang cukup juga berkualitas untuk sang bayi.

2. Olahraga Ringan

Menjadi seorang ibu baru memang penuh tantangan. Merawat bayi akan menguras energi dan pikiran. Namun berusahalah meluangkan waktu untuk tetap berolahraga ringan. Pilih jenis olahraga yang ringan dan aman seperti yoga dan berenang. Olahraga akan membantu pikiran ibu menjadi lebih positif dan bahagia. Selain itu kegiatan ini juga bisa membantu tubuh sang ibu kembali ke bentuk ideal.

3. Jaga Kebersihan Tubuh

Setelah melahirkan biasanya produksi keringat akan meningkat. Masalah bau badan sering dialami oleh kebanyakan ibu baru. Penting sekali bagi sang ibu untuk merawat diri dengan selalu menjaga kebersihan diri agar tubuh tetap bersih dan wangi. 

Caranya mudah, cukup dengan mandi teratur dan menggunakan scrub secara rutin. Scrub sangat bermanfaat mengangkat sel kulit mati juga mengatasi kulit kusam yang biasa muncul setelah persalinan.

4. Sempatkan Meditasi

Pilihan cara merawat badan setelah melahirkan berikutnya yaitu bermeditasi. Penting sekali mengendalikan pikiran tetap waras supaya kondisi tubuh lebih terawat. Ibu bisa meluangkan waktu di pagi hari sebelum bayi terbangun untuk melakukan meditasi. 

Pikirkan hal-hal positif yang membuat hati bahagia. Berikan motivasi kepada diri sendiri agar terus bersemangat merawat si kecil tanpa harus mengorbankan diri sendiri.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Pria Yang Hitam

5. Rawat Kondisi Rambut

Kesehatan rambut juga bisa menurun setelah seorang wanita melahirkan. Biasanya keluhan yang paling sering terjadi adalah rambut rontok. Merawat kesehatan rambut juga tak kalah penting. Gunakan produk hair mask dan vitamin rambut selain shampo untuk menjaga kesehatan sekaligus keindahan rambut. Pemakaian bahan-bahan alami seperti lidah buaya juga bisa dicoba agar rambut selalu sehat setelah melahirkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Gunakan Skincare dan Bodycare

Penggunaan produk skincare dan bodycare sangat membantu seorang ibu untuk merawat kondisi tubuhnya setelah melahirkan. Gunakan produk skincare dan bodycare sesuai kebutuhan  serta jangan sampai lupa memilih jenis produk yang tergolong aman bagi ibu menyusui. Ibu bisa memakai produk serum, masker, lulur, lotion dan lain sebagainya untuk merawat kondisi tubuh setelah persalinan.

7. Kenakan Bengkung

Pemakaian bengkung setelah melahirkan sebenarnya sudah sangat populer. Bengkung ini semacam helai kain yang dililitkan di perut untuk mengembalikan bentuk dan kekencangan perut setelah melahirkan. Jika ingin lebih praktis, bisa juga digunakan bantuan korset yang tinggal lepas pakai dengan mudah. Alat ini sangat membantu ibu mendapatkan kembali bentuk perut mereka menjadi lebih ideal.

Itulah 6 cara merawat badan setelah melahirkan. Semua ibu memiliki hak merawat tubuh mereka kembali setelah melahirkan, namun dengan catatan semua langkah yang dilakukan harus aman. 

Tak hanya aman bagi sang ibu tapi juga aman bagi si bayi mungil yang membutuhkan perawatan ibunya. Tak perlu terburu-buru juga mendapat bentuk tubuh ideal. Lakukan secara perlahan dan tetap utamakan kondisi kesehatan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...