Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

7 Cara Merawat Luka Caesar setelah Buka Perban agar Tidak Infeksi

Cara Merawat Luka Caesar

Persalinan secara caesar kini semakin banyak dilakoni entah karena indikasi medis maupun permintaan pribadi pasien. Metode persalinan caesar kini semakin canggih dan membutuhkan waktu yang singkat. Namun, dibutuhkan perawatan ekstra pada bekas luka di perut pasien pasca caesar. Berikut adalah 7 cara merawat luka caesar setelah buka perban agar tidak terjadi infeksi:

Inilah Cara Merawat Luka Caesar

 Cara Merawat Luka Caesar
Gambar oleh HeungSoon dari Pixabay

1. Jaga Kebersihan Luka

Pastikan bagian luka caesar selalu dalam kondisi bersih, infeksi bisa terjadi akibat paparan bakteri yang masuk ke bagian luka. Jika ingin menyentuh bagian luka, cuci tangan hingga bersih memakai sabun. Kenakan pakaian yang nyaman dan bersih untuk menjaga area luka tetap steril. Siram bagian luka menggunakan air hangat ketika mandi untuk membersihkan area tersebut.

2. Hindari Mengangkat Beban Berat

Pasien yang telah menjalani caesar sangat tidak disarankan untuk mengangkat beban berat. Jika dipaksakan maka jahitan yang sudah terbentuk baik bisa terbuka. Hal ini disebabkan oleh beban yang berat akan memberi tekanan pada bagian perut. Jika bekas jahitan terbuka maka risiko infeksi akan semakin meningkat.

3. Beri Dukungan di Bagian Perut

Area perut yang dijahit harus mendapatkan perhatian ekstra, berikan dukungan pada bagian perut ketika beraktivitas. Apalagi saat bersin, batuk, maupun tertawa. Topang bagian bawah perut agar jahitan tidak goyang dan berisiko terbuka. Kenakan celana yang nyaman dengan bahan yang lembut namun tetap bisa memberi dukungan yang bagus untuk perut.

Baca juga: Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil

4. Oleskan Obat Dokter

Dokter biasanya akan memberikan resep obat oles untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari munculnya jaringan parut. Cara merawat luka caesar setelah buka perban adalah dengan mengoleskan obat tersebut secara rutin. Bersihkan area jahitan dengan antiseptik kemudian oleskan obat secara perlahan. Pastikan tangan dalam kondisi bersih saat akan mengoleskan obat.

5. Konsumsi Antibiotik

Selain menggunakan obat oles, pasien juga akan diminta mengonsumsi antibiotik. Obat ini diminum dengan tujuan menghindari infeksi luka berat. Antibiotik harus diminum sampai habis dan pastikan untuk tidak memakai antibiotik di luar resep dokter. Jenis antibiotik yang sudah diresepkan dokter tentu sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh ibu pasca melahirkan.

6. Jaga Pola Makan

Penting sekali bagi ibu yang baru saja melahirkan untuk menjaga pola makan. Apalagi pada ibu yang melahirkan lewat jalan caesar. Pola makan yang baik dengan gizi seimbang akan membantu proses penyembuhan luka berjalan lebih cepat dan lancar.

Konsumsi lebih banyak protein dari bahan makanan seperti ikan dan daging. Konsultasikan kembali jenis makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari pada dokter. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi harus disesuaikan kondisi tubuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

7. Kontrol Dokter

Meskipun perban telah dibuka, bukan berarti pasien bisa lepas dari pengawasan dokter. Biasanya dokter akan menjadwalkan kontrol paling tidak satu kali setelah perban dibuka. Ikuti jadwal kontrol dokter untuk memastikan bahwa kondisi luka tidak mengalami infeksi dan perawatan yang diberikan sudah tepat. Saat kontrol ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk bertanya lebih banyak mengenai kondisi ibu setelah menjalani tindakan caesar.

Itulah 7 cara merawat luka caesar setelah buka perban agar terhindar dari infeksi. Perawatan luka harus dilakukan dengan tepat dan hati-hati. Ibu juga sebaiknya menerima dukungan atau bantuan dari anggota keluarga lain agar proses penyembuhan luka bisa berjalan lebih efektif. Selain itu ibu tetap harus disiplin mengikuti petunjuk perawatan luka dari dokter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...