Cara Pasang Iklan di Google Gratis, Ampuh Tingkatkan Profit!

Cara Pasang Iklan di Google Gratis

Membahas tentang cara pasang iklan di Google gratis menjadi hal yang penting di era digital ini. Pasalnya, persaingan bisnis yang ketat membuat para entrepreneur harus selalu selangkah lebih maju dari kompetitor yang ada, khususnya dalam hal beriklan. 

Sayangnya, untuk para pebisnis baru mungkin tidak bisa banyak mengeluarkan biaya untuk beriklan. Hal ini tentunya sangat wajar, apalagi jika bisnis dimulai dari nol tanpa adanya uang masuk dari investor.

Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis yang lebih luas. Google sebagai mesin pencarian internet terbesar menawarkan beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan secara gratis. Untuk mengetahui apa saja layanan iklan gratis yang diberikan secara cuma-cuma, simak informasinya lebih lengkap di dalam artikel ini. 

Cara Pasang Iklan di Google Gratis Tanpa Ribet

Mungkin, sebelumnya Anda sudah pernah dengar istilah Google Ads. Benar sekali, ini memang sebuah layanan iklan yang dihadirkan oleh Google. Akan tetapi, layanan iklan tersebut tidak diberikan secara gratis. Pengguna harus membayar sekian uang untuk melakukan promosi jika ingin menggunakan layanan tersebut. 

Namun tenang saja! Kami telah melakukan riset terkait apa saja layanan Google yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan secara gratis. Eits, tunggu dulu! Layanan-layanan ini tidak hanya berguna untuk menampilkan bisnis Anda di pencarian Google, namun juga berguna untuk meningkatkan trafik sehingga bisnis Anda bisa berkembang dengan lebih luas. Penasaran bagaimana caranya? 

1. Menggunakan Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku dirancang khusus oleh Google untuk memudahkan pemilik bisnis mengembangkan bisnisnya yang lebih luas dan mudah. Tidak hanya sebagai media promosi, layanan ini juga menjadi sebuah media yang bisa membuat bisnis terlihat lebih profesional dan terpercaya. 

Pasalnya, di dalam Google bisnisku, para pemilik bisnis harus memasukkan informasi yang sangat jelas dan lengkap, seperti nama tempat usaha, alamat atau lokasi, alamat Email, jam operasional, nomor telepon, situs web yang dimiliki, foto-foto seputar lokasi usaha. Ini tentunya akan memudahkan para calon konsumen untuk menemukan alamat tempat usaha secara langsung. 

Selain itu, konsumen yang telah melakukan pembelian atau menggunakan jasa tertentu lewat Google My Business bisa memberikan ulasan terkait pengalamannya. Tentu saja, ini sangat efektif untuk mengembangkan bisnis. 

Jadi pada cara pasang iklan di Google gratis ini, Anda hanya perlu memulainya dengan membuat akun Google Bisnis terlebih dahulu. Jika ini pertama kalinya, Anda bisa ikuti petunjuk cara verifikasi Google Bisnisku untuk menggunakan layanan tersebut yang lebih efektif. 

Selain itu, akun yang sudah dibuat tersebut bisa terhubung langsung dengan layanan Google Maps. Oleh karena itu, pastikan juga Anda memahami bagaimana cara membuat lokasi di Google Maps yang tepat. 

Kelebihan beriklan melalui Google My Business

  • Akses gratis
  • Meningkatkan visibilitas bisnis melalui mesin pencarian Google
  • Mendatangkan konsumen dengan lebih mudah
  • Mendapatkan ulasan secara riil dari konsumen

2. Menggunakan Google Sites

Cara pasang iklan di Google gratis yang kedua adalah dengan memanfaatkan Google Sites. Bagi yang belum memahaminya, ini merupakan sebuah layanan yang dikembangkan oleh Google untuk membuat situs website secara mudah dan juga gratis. Nah, di sinilah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media untuk beriklan secara gratis tanpa harus mengeluarkan sepeserpun. 

Pasalnya, Google Sites akan membantu para pebisnis dalam pembuatan website secara dinamis dan juga interaktif, bahkan tanpa harus memahami tentang HTML dan bahasa coding lainnya. Layanan ini dapat Anda akses melalui web https://sites.google.com/.

Cara untuk menggunakannya pun sangatlah mudah! Anda hanya perlu login menggunakan akun Google yang sudah dimiliki. Setelah itu, Anda akan masuk ke bagian Dashboard. 

Di sinilah, pembuatan website bisa dimulai. Google Sites memiliki fitur What You See Is What You Get atau WYSIWYG, yang artinya apa yang dilihat oleh pengguna pada halaman editing nantinya, itulah yang akan dilihat juga oleh pengunjung atau pembaca website. 

Nah, cara penggunaan Google Sites sendiri sangat mudah! Pada langkah pertama, Anda akan diminta untuk membuat nama website baru dan dipersilahkan untuk memilih URL yang diinginkan. Nantinya, nama alamat website yang diberikan oleh layanan tersebut akan menjadi https://sites.google.com/view/(nama website Anda). 

Setelah menentukan nama website, Anda bisa memilih template yang akan digunakan. Template ini nanti bisa Anda edit dan sesuaikan lagi dengan kebutuhan bisnis yang dijalani. Bahkan Anda juga bisa menambahkan tombol atau navigasi Call to Action, untuk memudahkan terhubung dengan konsumen. 

Saat semuanya sudah disetting, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan publikasi halaman. Setelah ini, website yang Anda buat tadi dapat ditemukan oleh pengguna Google lainnya. 

Kelebihan beriklan melalui Google Sites

  • Bisa diakses berbarengan dengan layanan Google lainnya, seperti Google Calendar untuk meeting bersama tim, Google Sheets untuk membuat budget perusahaan, dan Google Slides untuk melakukan presentasi produk atau jasa kepada klien
  • Bisa menerbitkan artikel dan halaman lainnya untuk mempromosikan bisnis secara detail
  • Bisa membuat event untuk publik
  • Akses gratis
  • Tidak membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman

Apakah Bisnis Saya Perlu Menggunakan Jasa Pasang iklan di Google?

Jika ditanya, apakah sebuah bisnis perlu menggunakan jasa pasang iklan di Google, jawabannya tentu saja tergantung dengan kebutuhan bisnis tersebut. Kami meyakini bahwa tidak semua pemilik bisnis bisa menerapkan cara pasang iklan di Google gratis dengan efektif meskipun sudah mengetahuinya di atas. 

Pasalnya, ada beberapa optimasi yang harus dilakukan agar bisa bersaing di pencarian halaman 1 Google dan itu cukup kompleks. Oleh karena itu, sekarang sudah ada banyak sekali penyedia jasa yang menawarkan jasa pasang iklan Google. Anda bisa melakukan konsultasi kepada mereka untuk melakukan pemasangan iklan agar bisnis yang dijalankan meningkat secara profit. 

Tentunya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, perhatikan beberapa poin di bawah ini jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pasang iklan

Pilih Jasa Iklan Yang Sudah Mengantongi Sertifikat Google Partner

Jika tidak ingin melakukan cara pasang iklan di Google gratis secara sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pasang iklan di Google yang sudah mengantongi sertifikat Google Partner. Sertifikat ini menjadi tolak ukur bahwa penyedia jasa tersebut sudah mendapatkan pelatihan dan monitoring langsung dari tim Google. 

Pilih Jasa Iklan dengan Portofolio Bagus

Selain menerapkan cara pasang iklan di Google gratis, Anda juga bisa menggunakan jasa iklan yang sudah memiliki portofolio bagus. Anda bisa melakukan riset kecil untuk mengetahui apakah hasil yang akan mereka berikan benar-benar akan berdampak positif terhadap bisnis yang dijalani. 

Minta Report Iklan Secara Detail dan Berkala

Karena tidak seperti menerapkan cara pasang iklan di Google gratis yang bisa dilihat hasil reportnya secara bebas, Anda perlu meminta laporan hasil iklan kepada penyedia jasa secara detail dan berkala. Pastikan hasil tersebut sesuai dengan kesepakatan awal Anda dan sang penyedia jasa.

Penutup

Jadi, ada 2 cara pasang iklan di Google gratis yang bisa dilakukan, yaitu melalui Google My Business dan Google Sites. Namun selain itu, Anda juga bisa gunakan jasa pasang iklan di Google yang terpercaya untuk mendapatkan hasil trafik yang lebih tinggi. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 5 =

Scroll to Top