Cara Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

cara turun berat badan tanpa olahraga

Jika Anda memiliki tujuan penurunan berat badan, mempertimbangkan cara turun berat badan tanpa olahraga menjadi hal yang penting. Mengurangi porsi dalam diet Anda mungkin berguna. Namun, menentukan ukuran porsi yang optimal dapat menjadi tantangan. Di bawah ini, kami mengeksplorasi bagaimana menjadi lebih memperhatikan ukuran porsi untuk membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda.

Apa itu Mengontrol Porsi?

Kontrol porsi adalah tindakan menyadari jumlah sebenarnya dari makanan yang Anda makan dan menyesuaikannya berdasarkan nilai gizinya dan tujuan dari rencana makan Anda. Secara sederhananya adalah ukuran porsi yang besar atau tidak seimbang dapat dengan mudah merusak upaya penurunan berat badan itu. Sangat mudah untuk berakhir dengan lebih dari yang Anda sadari di piring Anda.

Kontrol porsi dapat membantu Anda menciptakan pola makan padat nutrisi. Dengan mengasah bagaimana perasaan Anda terhadap makanan, Anda dapat mempelajari cara menyesuaikan ukuran porsi makanan tersebut. Pengetahuan ini adalah landasan membangun kebiasaan makan yang baik, yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan kesehatan Anda.

Ukuran Saji vs. Ukuran Porsi

Ada banyak kebingungan tentang perbedaan antara ukuran saji dan ukuran porsi. Sederhananya, ukuran saji adalah apa yang tertera pada label, sedangkan ukuran porsi adalah apa yang ada di piring Anda.

Anda akan menemukan ukuran porsi untuk makanan tersebut pada label Fakta Gizi pada sebagian besar makanan kemasan. Beberapa orang salah mengartikan ukuran porsi untuk jumlah yang seharusnya mereka makan, tapi bukan itu masalahnya.

Ukuran porsi, di sisi lain, adalah jumlah makanan tertentu yang benar-benar Anda makan. Seringkali lebih besar atau lebih kecil dari ukuran porsi pada label nutrisi. Ikuti saja label yang kecil dan lihat sumber lain sebagai informasi tambahan.

Katakanlah, misalnya, Anda secara teratur mengemil popcorn microwave. Ukuran porsi menurut banyak lembaga adalah 3 gelas. Ada dua porsi di setiap tas ukuran penuh. Jika Anda makan seluruh tas, ukuran porsi Anda adalah 6 cangkir yaitu dua kali lipat ukuran porsi dan dua kali lipat nilai nutrisinya. Mengetahui nutrisi ini akan memberikan anda kemudahan terkait cara turun berat badan tanpa olahraga.

Demikian pula, ukuran porsi anggur yang disarankan adalah 1 cangkir atau kira-kira 16 buah anggur. Jika Anda makan lebih atau kurang dari itu, Anda mengonsumsi jumlah nutrisi yang berbeda dari yang tercantum pada label nutrisi untuk ukuran porsi 1 cangkir.

Cara Menghitung Ukuran Porsi

Tidak ada jumlah makanan tertentu yang benar atau salah untuk dimakan saat Anda ingin menurunkan berat badan. Ukuran porsi makanan yang tepat adalah porsi yang memungkinkan Anda untuk mengisi tubuh Anda dengan energi dan nutrisi dan merasa puas.

Jika rencana penurunan berat badan Anda mencakup pelacakan kalori, Anda dapat menggunakan total target kalori harian Anda untuk membantu menentukan ukuran porsi yang sesuai.

Tidak seperti ukuran porsi, ukuran porsi harus dihitung berdasarkan berapa banyak kalori yang Anda rencanakan untuk dikonsumsi dalam sehari. Anda kemudian akan merencanakan menu Anda dengan menghitung berapa banyak makanan tertentu yang dapat Anda makan agar tetap dalam batas itu.

Tujuan utama dari setiap rencana penurunan berat badan adalah untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang digunakan tubuh Anda. Untuk mencapai tujuan ini secara berkelanjutan dan sehat, Anda perlu melakukannya tanpa menghilangkan nutrisi penting, termasuk lemak dan karbohidrat sehat. Menghitung porsi saja sudah bisa dianggap sebagai cara turun berat badan tanpa olahraga.

Kontrol Porsi secara Praktis

Bereksperimenlah dengan ukuran porsi yang membantu Anda merencanakan makanan yang memuaskan tetapi juga memungkinkan Anda bekerja menuju tujuan Anda. Ini tidak selalu merupakan ilmu pasti dan mungkin memerlukan banyak percobaan dan kesalahan.

Anda mungkin menemukan bahwa sebagian makanan dapat membuat Anda kenyang pada suatu hari dan membuat Anda lapar pada hari berikutnya. Bekerja dengan ahli diet terdaftar saat pertama kali memulai mungkin membantu untuk memastikan bahwa rencana diet Anda aman dan memenuhi tujuan nutrisi harian Anda.

Setelah Anda tahu berapa banyak yang harus dimakan, Anda mungkin perlu mengambil langkah ekstra untuk memastikan ukuran porsinya akurat.

Menggunakan Piring yang Lebih Kecil

Coba metode piring. Gunakan panduan ini untuk mengisi piring saat makan sebagai cara sederhana untuk mengontrol porsi tanpa menimbang atau mengukur makanan. Isi setengah piring dengan sayuran, baik yang dimasak atau dimasukkan ke dalam salad. Isi seperempat piring dengan protein tanpa lemak seperti daging, makanan laut, unggas, telur, susu, kacang polong, tahu. Cara turun berat badan tanpa olahraga yang satu ini sangat penting.

Isi seperempat sisa piring dengan karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian. Gunakan piring kontrol porsi. Untuk membantu tujuan penurunan berat badan Anda, Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam satu set piring kontrol porsi, sendok saji, dan gelas minuman.

Pering kecil bisa menjadi solusi dan alternatif apabila anda membutuhkan bantuan tambahan. Pirin yang kecil akan membuat makanan Anda terlihat lebih banyak. Hal ini dapat memengaruhi seberapa banyak Anda akan makan secara diri sendiri.

Ukur makanan pada timbangan. Timbangan digital dapat berguna untuk membantu Anda memahami ukuran porsi, terutama saat Anda pertama kali memulai rencana penurunan berat badan. Metode pengukuran lain tersedia jika timbangan tidak berguna.

Berlatih makan dengan penuh perhatian. Lain kali Anda mendapati diri Anda mengemil makanan padat energi tanpa berpikir, tanyakan mengapa Anda makan dan apakah Anda benar-benar lapar. Bagi makanan ke piring atau mangkuk daripada makan langsung dari kotak atau tas.

Kesimpulan dari JengSusan

Kontrol porsi bisa menjadi metode yang ampuh untuk makan lebih banyak makanan padat nutrisi dan mengisi bahan bakar tubuh Anda saat Anda bekerja menuju tujuan penurunan berat badan Anda. Cukup menyadari ukuran porsi yang Anda makan sering kali merupakan langkah pertama untuk membuat perubahan jika Anda bekerja menuju tujuan penurunan berat badan.

Dengan membangun kebiasaan yang baik sejak awal, Anda lebih mungkin untuk mencapai tujuan kebugaran Anda dan mengembangkan kebiasaan makan yang sehat tanpa stres atau kecemasan yang tidak perlu. Sekian adalah cara turun berat badan tanpa olahraga dari Jengsusan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top