15 Contoh Membalas Ulasan Pembeli Bijak dan Profesional

Contoh Membalas Ulasan Pembeli

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus pahami bagaimana contoh membalas ulasan pembeli yang profesional. Karena setiap menjalankan bisnis di bidang apa saja, pasti akan mendapatkan review atau ulasan dari pelanggan, baik itu soal kualitas produk yang ditawarkan sampai servis yang Anda berikan. 

Tentu saja, komentar tersebut bisa mengandung konteks yang positif maupun negatif, tergantung dari pengalaman dan tingkat kepuasan pelanggan. Sebagai pihak yang memiliki bisnis, Anda harus bisa menghandle ulasan-ulasan yang masuk sebijak mungkin. 

Dengan cara membalas komentar yang baik, otomatis reputasi bisnis yang Anda miliki akan memunculkan reputasi yang baik di mata pelanggan. Nah, sudah paham belum bagaimana cara membalas ulasan dengan bijak dan profesional? Jika belum, kami akan berikan beberapa contohnya di dalam artikel ini. 

Contoh Membalas Ulasan Pembeli Positif Maupun Negatif

Senang rasanya memang jika sudah menjalani bisnis semaksimal mungkin dan mendapatkan ulasan yang positif dari pelanggan. Hal ini seakan seperti semua kerja keras yang dilakukan terbayar dengan maksimal. 

Akan tetapi, jangan berkecil hati jika ternyata bisnis online maupun offline yang Anda jalani mendapatkan ulasan negatif. Pasalnya, memang tidak semua pelanggan bisa merasa puas dengan produk atau pelayanan yang didapatkan. Untuk itu, jika Anda mendapati ulasan baik itu positif maupun negatif, simak beberapa contoh membalas ulasan pembeli di bawah ini. 

Membalas Ulasan Pembeli Positif

Biasanya, pembeli akan merasa puas dengan produk atau barang yang diterimanya jika hasil yang didapatkan sesuai dengan ekspektasinya. Tidak jarang, lho mereka memberikan ulasan yang positif atau bahkan pujian nama bisnis yang bagus. Nah, jika Anda menerima banyak sekali ulasan positif dan ingin memberikan ucapan terima kasih sudah order, begini contoh membalas ulasan pembeli:

  1. Hallo, kak (sebut nama)! Senang sekali mimin dengar kepuasannya menggunakan produk (nama brand). Ditunggu orderan selanjutnya, ya!
  2. Terima kasih sudah mempercayakan kami untuk memberikan jasa penulisan artikel yang berkualitas. Semoga sukses, ya!
  3. Wah, terima kasih banyak untuk ulasan positifnya! Senang sekali bisa memberikan terbaik untuk kamu. Mimin tunggu next ordernya, ya 🙂
  4. Terima kasih untuk review bintang 5-nya kakak 🙂 Jangan kapok ya belanja di toko kami dan terus nantikan diskon menarik yang akan datang
  5. Thankyou udah suka sama kualitas produknya. Semoga kedepannya, toko kami bisa menyediakan lebih banyak produk yang kakak butuhkan, ya! Have a good day!

Membalas Ulasan Pembeli Negatif

Nah, yang satu ini, Anda akan diuji keprofesionalitasnya dalam menjalankan sebuah bisnis. Apabila ada komentar negatif yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk Anda, ingat! Jangan termakan emosi! Utamakan profesionalitas demi reputasi bisnis yang baik. Baiklah, berikut kami berikan contoh membalas ulasan pembeli di Shopee dengan konteks negatif: 

  1. Hallo, kak (sebut nama)! Terima kasih atas ulasan yang diberikan. Boleh ceritakan kendala pada orderannya?
  2. Selamat siang, kak (sebut nama). Terkait kendalanya, boleh hubungi kami visa DM, ya. Terima kasih
  3. Mohon maaf untuk ketidakpuasannya 🙁 Yuk infokan apa kendala yang terjadi di DM agar kami bisa berikan solusi untuk kak (sebut nama)
  4. Terima kasih sudah membeli produk kami sebelumnya. Untuk memberikan solusi terbaik terkait kendalanya, mohon hubungi kami via DM
  5. Terima kasih banyak sudah menggunakan jasa di tempat kami. Untuk kedepannya, kami akan berusaha lebih baik supaya masalah seperti ini tidak terjadi lagi

Membalas Ulasan Pembeli Jika Barang Tidak Sesuai Deskripsi

Terkadang, ulasan negatif datang dari para pelanggan yang merasa tidak puas bahwa barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi produk. Untuk menghadapi ulasan tersebut secara profesional, berikut contoh membalas ulasan pembeli yang bisa menjadi referensi Anda:

  1. Hallo, kak (sebut nama). Kami memohon maaf jika ada ketidaksesuaian yang kakak alami terkait produk kami. Untuk mengkonfirmasi, semua barang yang kami kirimkan sudah sesuai dengan produk yang tepat. Namun jika ada keraguan dan pertanyaan yang lebih lanjut, kami akan dengan senang hati membantu kakak lewat Inbox/DM 🙂 Terima kasih
  2. Selamat siang, kak (sebut nama). Kami sangat menghargai ulasan yang kakak berikan terkait produk kami. Namun untuk menambahkan, kami sudah melakukan pengecekan internal dan memastikan kesesuaian produk dengan deskripsi yang ada. Apabila ada kerugian yang lebih lanjut, mohon infokan kepada kami melalui Pesan agar kami bisa memberikan solusi terbaik
  3. Mohon maaf untuk ketidaknyamanan yang kakak alami ini. Semua barang yang kami kirim telah mendapatkan verifikasi bahwa produk sesuai dengan deskripsi. Jika ada masalah lainnya yang harus diselesaikan, jangan ragu untuk beri tahu kami, ya

Membalas Ulasan Pembeli Jika Pengiriman Barang Terlambat

Hmm, terkadang, masalah yang sebenarnya terjadi bukan ditimbulkan oleh penjual bisa jadi imbasnya dan mempengaruhi reputasi toko. Salah satu masalah yang diakibatkan oleh faktor eksternal adalah terjadinya keterlambatan pengiriman barang oleh pihak ekspedisi. 

Untuk itu, berikut kami berikan contoh membalas ulasan pembeli jika terjadi masalah tersebut:

  1. Hallo, kak (sebut nama)! Terima kasih atas ulasannya, ya! Mohon maaf jika barang yang kakak inginkan lama sampai karena adanya masalah yang dihadapi oleh pihak ekspedisi. Namun, kami akan tetap berkoordinasi dengan jasa ekspedisi yang digunakan untuk memastikan bahwa mereka akan memberikan pelayanan yang lebih cepat kedepannya
  2. Selamat siang, kak (sebut nama). Kami sangat memohon maaf terkait keterlambatan pengiriman barang yang terjadi. Untuk mengklarifikasi, keterlambatan tersebut adalah tanggung jawab dari pihak ekspedisi. Akan tetapi, kami akan tetap berusaha untuk bekerja sama dengan ekspedisi untuk memperbaiki proses pengantaran barang supaya sesuai dengan harapan kakak, ya 🙂

Tips Membalas Ulasan Pembeli dengan Bijak dan Profesional

Dengan mengetahui contoh membalas ulasan pembeli di atas tadi, kami yakin sekali, Anda pasti bertanya-tanya, sebenarnya kenapa harus menyebutkan nama pembeli pada balasan tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak tips bagaimana cara membalas ulasan pelanggan dengan baik.

Berikan Kata Sapaan dan Sebut Nama Pembeli

Sebenarnya hal ini sangat simpel, memberikan kata sapa dan menyebutkan nama pembeli di dalam contoh membalas ulasan pembeli (contoh: “Hallo, kak Evalia”) merupakan bentuk pendekatan yang lebih hangat terhadap pembeli. Dengan begitu, mereka bisa merasa lebih dihargai oleh Anda. 

Tuliskan Balasan Ulasan dalam 20 – 40 Karakter

Dari contoh membalas ulasan pembeli di atas, Anda pasti bisa melihat bahwa semua teks tersebut ditulis tidak begitu panjang. Jadi, pastikan Anda hanya mengetik 20 sampai 40 karakter saja. 

Gunakan Kata-Kata Sopan

Ingat! Jangan tersulut emosi meskipun Anda mendapatkan komentar negatif. Biar bagaimanapun, pembeli tersebut sudah mengeluarkan sekian uang untuk membeli produk Anda. 

Jadi, balaslah ulasannya dengan kata-kata yang sopan. Ini justru bisa meningkatkan reputasi positif di mata pembeli lainnya.  Apalagi jika Anda bisa menyertakan langsung solusi terbaiknya. 

Akhir Kata

Mengetahui contoh membalas ulasan pembeli bisa membantu Anda mendapatkan gambaran bagaimana semestinya menjadi pebisnis atau pengusaha yang bijak dan profesional. Bagaimanapun, akan selalu ada ulasan positif maupun negatif dari pelanggan yang membeli atau menggunakan produk Anda. Sekarang, sudah waktunya Anda untuk pelajari cara membuat lokasi di Google Maps

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 2 =

Scroll to Top