7 Fitur Instagram Bisnis yang bermanfaat untuk bisnismu!

7 Fitur Instagram Bisnis Yang Bermanfaat Untuk Bisnismu!

Instagram for business merupakan fitur terbaik yang mendukung pengembangan usaha. Ada berbagai fitur instagram bisnis yang bermanfaat dan menghantarkan penjualan produk lebih sukses. Sudah menjadi rahasia umum jika brand besar sukses melalui kampanye yang mereka lakukan. 

Instagram merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Membuat instagram bisnis memang penting, tetapi mengelola instagram bisnis jauh lebih penting. Anda harus ingat jika audiens tidak tertarik dengan konten promosi melulu. Melainkan yang dicari adalah konten memuat wawasan dan menonjol.

Pihak Instagram mengakui jika setiap bisnis online ingin terliahat menonjol di Instagram. Untuk mengukur seberapa menonjol bisnis melalui insight dari instagram for business. Fitur instagram bisnis ada banyak, insight merupakan salah satu fitur yang membantu menganalisis audiens.

Fitur Instagram Bisnis

Fitur Instagram Bisnis
www.techingenious.com

Dulu fitur instagram bisnis masih sangat minim karena orang-orang belum menyadari kegunaan instagram. Berbeda kondisinya dengan saat ini sudah hadir berbagai fitur instagram bisnis yang sangat membantu.

1. Profil Bisnis Instagram

Sebenarnya profil bisnis instagram merupakan fitur gratis untuk akun bisnis online. Hal tersebut mendorong setiap brand menggunakan cara terbaik menjangkau pelanggan mereka. Misalnya melalui email, telepon, dan teks melalui satu tombol kontak.

Pada halaman profil bisnis instagram biasanya menampilkan tiga perbedaan dari profil akun privat. Tampilan yang dimaksud berupa tag kategori, tombol kontak, dan link lokasi. Perhatikan jika menu “Kontak” berapa disebelah opsi “Follow” pada bagian profil halaman.

Apabila tombol tersebut diklik, secara otomatis audiens akan dibawa pada pilihan menghubungi email bisnis atau kontak telepon. Selain itu, membantu audien mengetahui lokasi bisnis melalui link lokasi yang terhubung dengan Google Maps. Biasanya tag “Lokasi” berada pada bagian bawah link website pada profil bisnis instagram.

Profil bisnis juga menampilkan tag “Kategori” terhadap akun instagram. Misalnya apakah akun tersebut khusus untuk bisnis, berjualan, pendidikan, atau hiburan. Semua fitur yang diberikan oleh profil instagram bisnis membuat perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengikutnya. Senyatanya profil bisnis terbuka bagi mereka yang telah memiliki Facebook Page khusus bisnis.

2. Insight

Insight atau wawasan merupakan fitur mendukung instagram for business untuk mengenal audiensnya. Sebab, melalui insight dapat mengetahui segala informasi mengenai followers dan postingan dengan engagement tertinggi. Insight instagram dapat dilihat secara jelas melalui app instagram dari mobile.

Insight juga mendorong agar perusahaan mengetahui perilaku serta demografi audiens. Sehingga pemilik akun instagram bisnsi dapat menghadirkan konten relevan dan publikasi saat momen yang tepat.

Dalam insight tersebut akan terlihat metric berupa top posting, view, reach,  dan engagement seluruh postingan. Lebih mendalam lagi terkait data-data pengikut berupa usia, jenis kelamin, ras, dan lokasi.

Fitur instagram insight hanya diperuntukkan bagi akun bisnis saja. Insight tidak dapat digunakan pada akun instagram biasa atau privat. Alhasil insight dapat mengidentifikasi lokasi followers aktif yang menjangkau postingan mereka.

Semua informasi yang ditampilkan pada insight bermanfaat bagi marketer dan perusahaan. Terutama sebagai media mencari tahu konten paling disukai dan waktu posting paling ideal. Hasil yang diharapkan adalah semua postingan dapat mengundang keterlibatan optimal.

Bahkan, melalui Insight dapat mengetahui waktu dan hari followers aktif menggunakan Instagram. Termasuk juga melihat top post dalam jangka waktu 7-30 hari sesuai dengan Impressions.

Alhasil, pengguna instagram for business dapat mengambil langkah terbaik untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Caranya dengan mengetahui postingan terbaik dan orang-orang yang tertarik dengan postingan mereka.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

3. Promote

Fitur instagram bisnis yang menarik lainnya adalah “Promote” atau “Promosi”. Melalui fitur tersebut mendorong kemampuan promosi lebih baik dengan jalan mengubah posting biasa menjadi iklan. Sehingga bisnis dapat menjangkau customer lebih banyak dari berbagai wilayah.

Cara menjalankan iklan yang dimaksud juga lebih mudah. Dimana siapa saja dapat memilih postingan yang hendak dibagikan melalui akun instagram miliknya. Disamping itu, sematkan pula tombol beli untuk mendorong audiens mengambil tindakan lanjutan.

Jangan lupa untuk memilih target audience yang tepat. Sebagian besar bisnis masih bingung menentukan target audien sehingga izinkan instagram memberi saran target audiens terbaik. Barulah setelahnya memposting konten berisi iklan untuk dipromosikan selama jangka waktu tertentu.

Fitur promote dikatakan sebagai cara merepresentasikan ikla lebih baik. Dimana sengaja dirancang agar setiap bisnis mudah memulai iklan dalam beberapa kali sentuhan. Seperti yang diungkapkan oleh Jim Squires, director of market operations di Instagram kepada Adweek. 

“Cara saya membayangkan fitur ini yakni berbagai bisnis di platform baru mengenal fitur iklan Instagram, atau tidak mau beriklan, dan fitur ini dilakukan secara langsung, intinya memberikan cara termudah beriklan pada platform Instagram,” ucap Squires.

Pada dasarnya fitur Promote yang dimaksud cukup sederhana. Apalagi bagi bisnis yang tidak mempunyai fleksibilitas dan penargetan audiens masi kabur. Uniknya pengiklan mudah menentukan audiens secara custem walaupun belum pernah terhubung sebelumnya. Baik itu custom audiens berdasarkan usia, lokasi, minat, dan jenis kelamin.

4. Auto Reply

Faktanya customer atau penggunaa instagram dari Indonesia memiliki kebiasaan yang unik yakni social-commerce. Dimana mereka lebih senang bertanya langsung menggunakan fitur chat. Misalnya menanyakan dan memastikan informasi yang sudah tertera pada situs website.

Berdasarkan survey Instagram mengungkapkan jika dari 82 persen responden mengaku memperoleh direct message (dm) dari followers setiap hari. Tentunya tidak setiap waktu dapat merespon pertanyaan followers instagram. Sehingga digunakan fitur auto-reply alias balas cepat supaya komunikasi lebih efektif.

Cara mengaktifkan fitur instagram bisnis auto-reply sangat mudah. Anda cukup memperbaharui pengaturan pada akun Instagram bisnis. Alhasil setiap bisnis dapat memberikan respon cepat yang membuat pelanggan tidak kabur.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Bisnis

5. Filter Inbox

Instagram memiliki filter inbox yang berguna untuk menyaring semua pesan yang masuk. Dalam hal ini pengguna instagram bisnis dapat menentukan pesan yan harus ditinjau dan hanya perlu dilihat saja. Selain itu, fitur inbox berguna untuk menyaring pesan yan belum dibaca. Tujuannya untuk menjaga keterlibatan dan hubungan perusahaan dengan pelanggannya.

6. Instagram Stories

Faktanya bagi masyarakat Indonesia, fitur instagram story menjadi salah satu fitur favorit. Sehingga tidak mengherankan jika banyak perusahaan memanfaatkan instagram stories sebagai media promosi.

Berdasarkan keterangan dari Instagram, terhitung 400 juta instagram stories yang diunggah setiap harinya. Bahkan, pengguna instagram dari Indonesia dinobatkan sebagai Stories Creator terbesar dan paling aktif di dunia.  Instagram stories juga memiliki fitur pendukung seperti Poll Sticker dan Ask Me Questions

7. Instagram Live (Siaran Langsung)

Fitur instagram live juga menjadi fitur yang menghubungkan akun instagram bisnis dengan calon pembeli. Bahkan banyak bisnis yang rutin live video untuk meningkatkan engagement audiens. Konten yang ditampilkan ketika siaran langsung juga beragam misalnya cerita behind the scene, step by step, berbagai tips menarik, dan lainnya.

Instagram live biasanya menampilkan video yang menambah wawasan penonton atau audiens. Namun, biasanya diselipkan pula kata-kata yang mengajak penonton menggunakan produk atau melakukan sesuatu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top