12 Manfaat Dari Gel Aloe Vera

gel aloe vera

Mengetahui Sejarah Dan 12 Manfaat Dari Gel Aloe Vera – Rasanya mustahil jika Anda tidak mengenal tanaman aloe vera atau Lidah Buaya. Tanaman tropis ini tidak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga kaya akan manfaat. Diantaranya gel aloe vera .

Gel aloe vera bisa dijadikan masker wajah dan rambut. Bukan sekedar itu, gel aloe vera juga sangat baik untuk kesehatan lho. Yuk, baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Aloe Vera

Tanaman aloe vera memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Sahabat Jeng Susan tahukah Anda asal usul tanaman ini? Aloe vera adalah jenis tanaman dari genus Aloe yang tumbuh subur di daerah gurun. Aloe vera memiliki ciri-ciri daun berdaging tebal dan penuh air di dalamnya sehingga dapat bertahan hidup di lingkungan gurun yang ekstrim.

Nama “Aloe Vera” berasal dari bentuk daunnya yang tebal memanjang dengan rumbai. Tumbuhan ini sebenarnya merupakan jenis tumbuhan liar yang tumbuh di seluruh Jazirah Arab. Namun, seiring semakin banyak orang yang mengetahui manfaat tanaman aloe vera, kemudian semakin gencar dibudidayakan di seluruh dunia. Hingga saat ini, banyak negara subtropis dan tropis membudidayakan tanaman yang satu ini.

Manfaat Aloe Vera

Kepopuleran aloe vera dalam dunia kecantikan dan kesehatan tentu tidak lepas dari segala manfaatnya. Tanaman aloe vera yang melegenda, dengan belasan kandungan zat penting didalamnya memberi inspirasi para pakar kecantikan. Dalam penelitian untuk kemudian menjadikan produk kecantikan berupa gel aloe vera sebagai berikut:

Mengatasi Jerawat

Aloe vera mengandung saponin dengan sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Dengan hilangnya peradangan akibat infeksi bakteri, jerawat Anda akan hilang tanpa bekas. Kandungan anti mikroba pada gel aloe vera juga akan membantu menghilangkan jerawat agar tidak kembali lagi.

Melembabkan Kulit

Untuk Anda yang memiliki kulit kering pasti membutuhkan perawatan yang lebih. Kulit kering memang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Dibutuhkan pelembab dan penyegar kulit,Produk tanaman aloe vera bisa menjadi solusinya, Gunakan gel aloe vera. Kandungan air dalam gel dapat membantu menghidrasi kulit Anda.

Sensasi gel yang sejuk membuat kulit wajah terasa lebih segar. Anda juga dapat memanfaatkan aloe vera untuk mengunci kelembapan alami kulit. Caranya, oleskan gel aloe vera beberapa menit setelah selesai mandi.

Memudarkan Stretch Mark

Aloe vera mengandung kolagen yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas kulit. Anda bisa mengoleskan gel aloe vera untuk mengembalikan elastisitas kulit yang hilang yang menyebabkan stretch mark. Garis stretchmark akan terlihat lebih halus dan hampir tidak terlihat.

Mencerahkan Kulit

Selain kaya akan kandungan mineral, ternyata tanaman aloe vera yang telah diolah mengandung berbagai vitamin yang sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Aloe vera kaya dengan kandungan vitamin C dan kandungan vitamin E. Tak hanya itu, gel aloe vera juga mengandung vitamin A dengan beta-karoten.

Ketiga vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Secara keseluruhan kulit Anda juga akan terlindungi dari paparan radikal bebas. Cocok banget nih buat Sahabat Jeng Susan yang sering harus beraktivitas di bawah terik matahari.

Mengatasi Kulit Berminyak

Tidak hanya untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, aloe vera juga sangat baik untuk yang memiliki kulit berminyak. Wajah yang terlalu berminyak bisa membuat kulit terlihat lusuh dan kusam. Untuk mengatasinya, coba gunakan masker dari gel aloe vera secara rutin.

Kandungan pelembab aloe vera dapat membantu melembabkan kulit wajah Anda. Dengan kelembapan wajah yang sudah terjaga, produksi sebum wajah juga akan berkurang dengan sendirinya. Kulit akan terasa lembut dan bebas dari iritasi. Mau, kan?

Anda akan menyukai : 4 Manfaat Aloe Vera Gel Untuk Kecantikan

Mengatasi Iritasi Akibat Sengatan Matahari

Aloe vera dalam bentuk gel juga dapat digunakan untuk mengurangi sengatan matahari. Sifat anti-inflamasinya benar-benar dapat menenangkan kulit yang teriritasi. Efek pendinginan ini akan lebih nyaman jika Anda membiarkan gel di dalam lemari es selama beberapa menit sebelum digunakan.

Sangat Bagus Untuk Mengatasi GERD

GERD (Gastroesophageal reflux disease) merupakan gejala yang sangat umum dialami oleh penderita maag. Produksi asam lambung yang berlebihan hingga sampai ke mulut ini memang membuat merasa sangat tidak nyaman. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi GERD ini.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus Aloe Vera. Kandungan serat dan air yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, produksi asam lambung bisa lebih terkontrol. Zat anti inflamasinya juga sangat baik untuk mencegah terbentuknya borok pada dinding lambung.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang tidak terkontrol dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mengontrol gula darah sangat penting dilakukan sebelum terlambat.

Salah satunya dengan cara meminum jus dari tanaman aloe vera, atau konsumsi buah aloe vera yang banyak di supermarket. Meski begitu tetap harus menyeimbangkannya dengan makanan sehat lain. Bahkan bagi yang sudah mengidap diabetes, Anda tetap harus meminum obat yang diberikan dokter.

Mencegah Pembentukan Kerutan

Munculnya kerutan memang sangat mengganggu. Apalagi jika usia Anda masih sangat muda. Jangan kawatir ini bukan hal sulit, rutinlah merawat kulit wajah dengan mengoleskan gel aloe vera.

Gel Aloe Vera berperan dalam membantu mengembalikan kelembapan kulit. Dikarenakan kandungan kolagen di kulit Anda akan meningkat dengan pengaplikasian gel secara teratur. Dengan kembalinya elastisitas kulit, penampilan kulit wajah akan terlihat lebih muda.

Mengobati Iritasi Kulit

Selain karena penuaan dini, seorang pemilik jenis kulit kering juga biasanya dihadapkan pada masalah gatal-gatal pada kulit, seperti eksim, rosacea, dan psoriasis. Untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit, Anda bisa menggunakan gel aloe vera.

Kandungan pelembab dari tanaman ini dapat menenangkan kulit yang teriritasi. Selanjutnya bekerja membantu mengurangi risiko peradangan atau peradangan akibat kulit kering.

Penghapus Riasan Alami

Makeup remover yang dijual di pasaran bikin kulit makin iritasi? Yuk, pakai saja gel aloe vera. Anda bisa menggunakan soothing gel aloe vera kemasan produk kecantikan yang banyak beredar.

Atau menggunakan fresh aloe vera petik, dengan mengupas kulitnya kemudian dihaluskan dan oleskan pada handuk bersih.

Setelah itu, usap perlahan handuk tersebut pada kulit wajah Anda. Voila! Sisa riasan akan terangkat dengan sempurna. Anda tidak perlu khawatir kulit akan gatal akibat pengaruh alkohol yang ada dalam aloe vera gel. Sebelum menggunakan, pastikan jika Anda tidak alergi terhadap aloe vera

Memperbaiki Sistem Metabolisme

Metabolisme yang lambat memang menjadi salah satu alasan mengapa Anda sangat sulit untuk menjalani diet yang sukses. Untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, cobalah konsumsi aloe vera secara rutin. Air dan serat yang terkandung dapat membantu memaksimalkan proses detoks melalui buang air besar. Dengan usus yang bersih, proses penyerapan nutrisi tentu akan berjalan lebih lancar.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Sejarah Dan Manfaat Dari Gel Aloe Vera semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top