Pesona Alam Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut

Pesona Alam Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut

Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut, kini sudah dikenal oleh banyak orang. Destinasi wisata ini, terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Salah satu tempat yang paling populer dan unik di gunung ini, adalah Hutan Mati.

Hutan Mati atau dead forest ini, terbentuk secara alami, yakni disebabkan, oleh letusan Gunung Papandayan. Di sekitar Hutan Mati, Anda akan melihat batang-batang kering dan berwarna gelap.

Tapi, semua menjadi suatu pemandangan yang unik, dan instagramable.

Keindahan Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut

Letusan terbesar di Gunung Papandayan, tercatat pada bulan Agustus 1772. Letusannya bahkan, mampu menghancurkan 40 desa, dan mengakibatkan korban jiwa.

Peristiwa alam ini, bahkan dimuat di dalam buku Natural Disaster yang ditulis oleh Lee Davis.

Jalur Gunung Papandayan Menuju Lokasi Hutan Mati

Dalam perjalanan mendaki Gunung Papandayan – Photo Dok.

Untuk pendaki pemula, Gunung Papandayan sangat cocok sebagai pilihan hiking. Setiap pendaki tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk datang ke sini.

Jalur perjalanannya mudah sekali ditempuh. Terutama untuk menuju ke Hutan Mati.

Bagi pendaki, telah disediakan jalur khusus untuk dilewati. Jika Anda tidak berpengalaman dalam pendakian, tidak perlu khawatir, Anda akan mudah melaluinya.

Hutan Mati adalah tempat yang cukup tersembunyi. Dari pintu utama Gunung Papandayan, jaraknya cukup jauh. Pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam, dengan track yang mudah dilalui.

Sesampainya di Hutan Mati, Anda bisa memanfaatkan momen dengan berfoto. Tidak heran jika tempat ini begitu populer, karena Hutan Mati ini merupakan spot fotografi yang keren.  Bagi Anda yang ingin mendapatkan spot foto terbaik buat Instagram, disinilah tempatnya.

Gunung Papandayan & hutan mati di Garut ini menjadi tujuan akhir, sebab letaknya di puncak jalur pendakian. Meskipun panas begitu terik, namun udara dan anginnya tetap terasa sejuk.

Meski demikian jangan lupakan sunblock ya, kulit harus tetap sehat dan terlindungi dari sinar matahari.

Aktivitas Wisata di Gunung Papandayan

Hutan Mati, bukanlah satu-satunya pesona dari Gunung Papandayan. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Terdapat kolam air panas, yang bisa dijadikan sebagai tempat terapi. Pengunjung juga dapat menyaksikan langsung, kawah belerang, taman edelweis dan Pondok Saladah.

Gunung ini, terletak di ketinggian 2.665 meter, di atas permukaan laut. Di tempat ini, pengunjung bahkan dapat melihat keindahan sunrise. Anda dapat menikmati keindahan sunrise sesaat sebelum melanjutkan pendakian.

Naiklah ke atas suar yang tersedia didekat area parkir, melewati rangkaian anak tangga kayu hingga sampai di landasan atapnya.

Saksikan awan-awan putih yang terbentang sejauh mata memandang dihadapan Anda. Pemandangan indah yang mungkin hanya bisa disaksikan ketika berada di dalam pesawat terbang.

Aktivitas lainnya, seperti mountain bike, motor trail, camping, trekking, panorama view ada disana. Di gunung Papandayan & hutan mati di Garut, yang tak kan terlupa.

Kini, tempat wisata Garut ini dikelola oleh, PT. Asri Indah Lestari. Luasnya mencapai 92,87 Ha, dan bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Gunung Papandayan, termasuk dalam taman wisata alam. Jadi, berbagai kegiatan wisata yang dilaksanakan, tidak boleh bertentangan dengan konsep perlindungan alam maupun konservasi.

Daya Tarik Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut

Daya tarik utama Gunung Papandayan adalah, panorama alamnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti camping, trekking, dan pendakian. Pengunjung akan mencium bau belerang yang khas. Tapi jangan khawatir, karena aroma belerang dalam batas normal.

Saat ini, kenyamanan wisatawan semakin terjamin. Terhitung sejak tahun 2016, Gunung Papandayan terus dilakukan perbaikan aksesibilitas jalan. Jalan setapak menuju Hutan Mati, dan Ghober Hoet pun semakin lebih baik.  

Untuk keamanan, Gunung Papandayan sudah semakin lebih baik. Dari pos pertama, pos pendaftaran hingga pos-pos di camping ground, semua telah dilengkapi petugas keamanan.

Pengunjung yang membutuhkan bantuan, bisa langsung mengunjungi pos terdekat. Petugas yang berjaga, siap membantu para traveler.

Fasilitas di tempat Gunung Papandayan pun, sudah sangat lengkap. Tersedia cottage, yang berada di sekitar parkiran kendaraan. Disediakan juga, menara pandang untuk pengunjung. Melalui menara tersebut, Anda bisa melihat panorama alam yang indah.

Demikian pemaparan tentang, Gunung Papandayan & Hutan Mati di Garut. Siapkan tanggal libur Anda, untuk dihabiskan di tempat wisata ini.  

Baca juga: rekomendasi destinasi wisata Jeng Susan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 18 =

Scroll to Top