Connect with us

Hi, what are you looking for?

Travel

Hal Menarik Seputar Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pulau yang menjadi primadona Indonesia karena keindahan alamnya yang menakjubkan membuatnya terkenal di seluruh penjuru dunia. Tiap tahun, ratusan ribu wisatawan baik dari dalam negeri ataupun luar negeri datang untuk berkunjung ke pulau ini. Pulau Bali memiliki sangat banyak pilihan destinasi objek wisata yang menarik dan mempesona untuk dikunjungi. Namun, kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata bali yang cukup terkenal dan tentu tidak bisa dilewatkan ketika berkunjung ke Pulau Dewata yaitu Pura Ulun Danu Bratan.

Apa itu Pura Ulun Danu?

Pura ulun Danu Bratan merupakan sebuah tempat suci bagi umat Hindu yang terletak di ujung Danau Bratan, yang berada di daerah Bedugul, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan. Ketika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata ulun memiliki arti tepi, sedangkan Danu artinya danau.

Jadi Pura Ulan Danu bisa diartikan sebagai pura yang terdapat di tepi danau. Pura yang terletak di daerah Bedugul ini berdiri di ketinggian 1200-an meter di atas permukaan laut dan terdapat persawahan berundak disekitarnya sehingga tidak heran lagi jika kita merasa sangat sejuk ketika berkunjung ke sana.

Mengapa Anda Harus Mengunjungi Pura Ulun Danu?

Objek wisata Pura Ulun Danu ini sangat pas bagi anda yang menikmati hal-hal seperti keunikan arsitektur , pesona tata kebun berbagai jenis bunga, dan keasrian alam yang masih alami. Selain itu, ada hal yang membedakan Pura Ulun Danu ini menarik dibanding pura pura Hindu lainnya yang terletak di Pulau Bali.

Yaitu ketika level air di Danau Bratan mulai meningkat, Pura Ulun Danu akan tampak seakan-akan terapung diatas air. Danau bratan yang airnya masih jernih dan tenang semakin menambah keindahan yang ditawarkan  oleh pura yang terletak di tepi danau ini, dan tentunya akan menjadi salah satu bahan fotografi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Biaya Tiket Untuk Masuk

Ketika kita akan berkunjung ke objek wisata Pura Ulun Danu ini, terlebih dahulu kita perlu mengeluarkan biaya masuk dan biaya parkir. Kisaran harga yang dikeluarkan untuk tiket masuk yaitu Rp. 30.000 untuk tiap orang dewasa, dan Rp. 20.000 untuk tiap anak. Dibelakang tiket masuk yang kita beli juga terdapat sejarah singkat mengenai Pura Ulun Danu.

Yaitu Pura Ulun Danu dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu yang merupakan raja dari kerajaan Mengwi. Pura ini dibangun untuk pemujaan Tri Murti yaitu Wisnu,Brahma,Siwa dengan tujuan agar mendapat berbagai berkah, mulai dari kemakmuran,kesejahteraan, dan keselamatan.

Komplek Pura Ulun Danu

Komplek Pura Ulun Danu terdiri dari 5 pura dan 1 stupa. Yang pertama ialah Pura penataran agung, Pura ini dibuat untuk memuja Tri Purusha Siwa yaitu Siwa, Sada Siwa, dan Parama Siwa agar diberi kesuburan, dan kemakmuran. Kemudian ada pura dalem purwa yang bertujuan untuk memuja Dewi Durga dan Dewi Rudra sebagai lambang kesuksesan. Pura yang ketiga ialah Pura taman beji yang biasanya digunakan untuk upacara ritual penyucian bernama Ngebejiang.

Yang keempat ialah pura lingga petak yang tidak asing dan biasanya kita temui di uang kertas Rp. 50.000 lama. Pura ini dipercayai sebagai sumber utama air kesuburan di danau bratan. Dan pura yang terakhir ialah Pura Prajapati yang dipercayai sebagai tempat berstananya dewi durga. Kemudian ada stupa yang menandakan adanya kerukunan antar kehidupan beragama.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Keindahan pemandangan Pura Ulun Danu

Jika anda berminat untuk mengunjungi destinasi wisata Pura Ulun Danu ini disarankan untuk berangkat pagi pagi agar bisa dapat menikmatinya ketika belum terlalu ramai pengunjung. Jika misalnya anda menginap di Denpasar maka cobalah berangkat pukul 6 pagi karena Pura Ulun Danu dibuka sekitar jam 8 pagi dan tutup pada jam 6 sore . Dengan berangkat pagi-pagi anda bisa mengambil berbagai foto di spot spot wisata Pura Ulun Danu ini tanpa gangguan banyaknya pengunjung lain.

Sejak matahari terbit hingga matahari terbenam Danau Bratan tidak kunjung kehilangan pesonanya. Suasana yang tenang dan asri, awan yang menyinari dengan lembut, danau yang damai, serta latar Pura Ulun Danu membuatnya digemari untuk dibuat sebagai tempat foto pra wedding. Berbagai pasangan datang ke Danau Bratan. Mulai dari pasangan lokal maupun pasangan manca negara datang hampir setiap hari untuk menyimpan momen spesial tersebut.

 Tidak sebatas foto pra wedding saja, wisatawan yang mampir bisa mengambil foto di berbagai spot yang tersedia ketika mengelilingi Danau Bratan ini. Jika tidak puas dengan hasil jepretan kamera ponsel sendiri, terdapat banyak fotografer fotografer yang menawarkan jasa untuk mengambil foto kita dengan kamera dslr yang tentunya pasti kualitasnya lebih bagus.

Para fotografer fotografer ini biasanya dapat dijumpai di tepian Danau bratan dan dengan membayar harga kisaran Rp.30.000 per foto. kita sudah bisa langsung mendapatkan sebuah foto yang dicetak langsung dan juga telah diberi bingkai yang cukup sederhana.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pura Ulun Danu

Selain menikmati pemandangan dan keindahan Pura Ulun Danu. Banyak wisatawan yang berkunjung datang untuk menikmati kegiatan-kegiatan watersport seperti memancing, berlayar , kayak, dll. Di Pura ini kita dapat menyewa beberapa transport air seperti speedboat,kapal layar dan perahu-perahu angsa untuk anak.

Dengan speedboat atau kapal layar kita bisa berkeliling danau untuk mendapat sudut-sudut foto baru. Namun kita harus memikirkan keselamatan terlebih dahulu karena salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah Danau Bratan memiliki kedalaman berkisar 23 meter dan ada baiknya jika pandai berenang jika ingin mengikuti kegiatan kegiatan watersport tersebut.

Kita bisa menemukan tempat menyewa alat-alat pancing dan tempat menyewa speedboat di dermaga di sisi kanan Pura Ulun Danu. Jika anda ingin mengelilingi area Danau Bratan dengan speedboat, anda harus menyiapkan biaya kira kira sebesar Rp.100.000. Akan tetapi harga yang ditawarkan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Harga tersebut merupakan harga biasa yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin menawar dan menyewa speedboat di Pura Ulun Danu.

Jika anda bukan penikmat kegiatan watersport. Ada tempat di dekat pura Ulun Danu yang bisa dikunjungi dan cocok untuk keluarga, yaitu taman tempat penangkaran rusa yang terdapat di bagian sisi kiri Pura Ulun Danu. Disini anda bisa menemukan rusa dari yang masih berumur muda sampai dengan dewasa. Disini juga terlihat banyak bapak bapak yang memancing di tepi danau sembari menunggu anak anaknya bermain dengan rusa.

Festival Tahunan Pura Ulun Danu

Beberapa tahun belakangan ini. Pemerintah daerah Tabanan menggelar sebuah festival yang bernama Ulun Danu Bratan Art and Culture Festival yang biasanya diselenggarakan pada pertengahan tahun antara bulan Juli sampai Agustus dan melibatkan ribuan seniman dari daerah sekitar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Para seniman bergantian menyajikan berbagai rangkaian pementasan mulai dari parade, hingga tari tarian. Festival ini bertujuan untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bali. Jadi, jika anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Dewata, terutama berkunjung ke Pura Ulun Danu, bulan Juli atau Agustus merupakan waktu yang sangat tepat untuk datang.

Baca juga mengenai: Thrift shop: Belanja Baju Unik dan Murah!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....