Hutan pinus Garut, destinasi wisata alam bikin ogah pulang

Hutan pinus Garut, destinasi wisata alam bikin ogah pulang 2

Hutan pinus Garut memang belum begitu populer. Namun belakangan ini, sudah mulai menjadi salah satu daya tarik wisata. Udara yang sejuk dengan semilir angin, memang memberi sensasi tersendiri.

Destinasi wisata ini, namanya Karacak Valley. Berada di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota. Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat wisata ini, memang terbilang baru. Mulai dikenal karena photo-photo nya banyak diposting di media sosial. Viral di facebook dan instagram, menjadi karacak Valley dikenal dan diserbu banyak pengunjung.

Wisata karacak Valley, merupakan wilayah hutan pinus dan lahan perkebunan kopi. Milik Perhutani. Dikelola oleha Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri.Berada diareal seluar 92 hektar. Namun, yang dimanfaatkan untuk lokasi wisata, sekitar 10 hektar.

Nuansa alam yang indah. Dan berada dilokasi yang tidak jauh dari pusat kota Garut, membuat tempat wisata ini mendapat respon positif masyarakat. Dan terbilang cukup ramai. Apalagi saat hari-hari libur.

Rute ke Karacak valley Garut

Hutan pinus Garut, destinasi wisata alam bikin ogah pulang 3

Tempat wisata Karacak Valley, biasanya dibuka untuk umum sekitar pukul 7 pagi hingga 5 sore. Itu waktu relatif. Anda bisa juga datang lebih cepat. Dan pulang sedikit lebih lambat.

Akses transportasi menuju lembah Karacak, titik lokasi wisata, cukup lancar. Dari Kota Garut, mobil atau sepeda motor bisa mengarah ke jalan Bratayudha. Selanjutnya, berbelok ke jalan Margawati. Lokasi pertigaan untuk berbelok ke lokasi wisata didekat perempatan antara jalan ciledug, jalan bratayudha, dan jalan tembusan ke Singaparna.

Saat sudah berada di jalan Margawati, anda terus saja menyusuri jalan terebut. Ada cukup banyak petunjuk arah menuju lokasi tempat wisata Karacak Valley.

Jika menggunakan alat transportasi umum, akan lebih mudah lagi. Anda bisa naik angkot jurusan sukaregang atau sukadana. Dari terminal guntur. Dan berhenti di pertigaan jalan margawati. Setelah itu, bisa dilanjutkan naik ojek langsung ke lokasi Karacak Valley.

Apa saja yang ditawarkan Karacak Valley?

Photo: Native Indonesia

Hal utama yang ditawarkan objek wisata Karacak Valley adalah suasan alam. Masih alami. Khas suasan priangan.

Di Karacak Valley, anda akan disajikan suasana khas hutan pinus. Dari sana, anda dapat pula menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian. Dan itu sangat menyenangkan.

Di Karacak valley, anda bisa ke lokasi Curug Ngebul. Berada sekita 1 kilometer dari pintu masuk. Jalannya, cukup terjal. Namun, rasa letih anda akan terbayar ketika sudah berada di lokasi.

Selain itu, ada lokasi yang biasa disebut dengan Puncak Dogar. Juga tidak jauh dari pintu gerbang masuk. Tempat ini, berupa puncak bukit kecil. Nah, disinilah spot terbaik untuk melihat Kota Garut.

Traveling ke kota Garut dan sekitarnya Anda masih akan menemukan banyak lagi tempat wisata alam, Khususnya di daerah Jawa Barat dengan udara yang sejuk menjadikan kesan dan rasa betah tersendiri.

Seperti yang kita semua ketahui udara pegunungan yang sejuk dan bersih selain baik untuk kesehatan paru-paru juga menjadi daya tarik tersendiri guna merefresh otak kita dari kepenatan rutinitas kerja.

Saya pribadi sangat menyukai pegunungan, pepohonan dan hutan rindang memberi efek kebaikan tersendiri pada fisik dan psikis. Disadari atau tidak perasaan tenang dan bahagia selalu menyertai saat dan sesudah perjalanan berlangsung.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan alam atau meditasi ketenangan, silahkan mencoba spot-spot yang tersedia dialam guna menyerap energi kesembuhan dan terbarukan secara gratis.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu berlibur baik sendiri maupun bersama keluarga, selain dapat mendirikan tenda, Anda juga dapat menginap dihotel yang banyak tersedia disana.

Villa dan homestay pun dapat ditemukan tanpa kesulitan. Bawa selalu peta ketika bepergiuan tanpa guide. Upayakan membawa bekal secukupnya jika hendak melakukan perjalanan mendaki, agar tidak keberatan dan menjadi beban selama berjalan.

Spot wisata di sekitar Garut ini juga bisa dimanfaatkan untuk acara gathering perusahaan, tentunya akan semakin menambah keakraban dan suka cita dalam kebersamaan yang tak terlupa.

Demikian sekelumit ulasan dalam tulisan ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih.

Anda mungkin menyukai : Hal Menarik Seputar Pura Ulun Danu Bratan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =

Scroll to Top