Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

10 Ide Konten Instagram Bisnis yang menarik untuk audiens

10 Ide Konten Instagram Bisnis Yang Menarik Untuk Audiens

Semua pengusaha pemula mengatakan bahwa instagram menjadi sosial media paling favorit. Diantara mereka banyak yang menjadikan platform instagram sebagai media penjualan utama dan satu-satunya. Tentunya pemeliharaan instagram wajib dilakukan dan ditambah dengan ide konten instagram bisnis.

Sehingga dapat menciptakan pemasaran efektif, meningkatkan brand awareness, jangkauan customer, dan promosi. Konten yang dipublikasikan harus mencerminkan produk. Selain itu, orisinalitas perlu diperhatikan agar membuat kredibilitas usaha dan kepercayaan customer.

Sayangnya masih ada perusahaan yang terkendala ide konten instagram bisnis. Seperti membuat konten relevan yang dikemas semenarik mungkin. Supaya mendatangkan pelanggan untuk mencari tahu produk yang dijual lebih mendalam.

Ide Konten Instagram Bisnis

Ide Konten Instagram Bisnis
instagram peripera

Jika Anda masih bertanya-tanya mengenai ide konten bisnis yang hendak dibagikan. Berikut ini beberapa ide konten paling inspiratif yang mengelola instagram bisnis agar tampil profesional. Check this out!

1. Foto dan Video Produk

Tahukah Anda ada cara paling sederhana menjalankan instagram bisnis yakni mengunggah video dan foto produk. Cara sederhana seperti ini suda ketinggalan zaman. Sebaiknya yang diposting tidak sekedar foto dan video produk polos semata. 

Bayangkan saja jika pengambilan konten tidak dilakukan sebaik mungkin. Ujung-ujungnya akan disangka seperti spam dan membuat calon customer kabur. Cara paling efektif membuat konten produk yang professional yakni menampilkan berbagai sisi produk.

Disamping itu, gunakan desain khusus pada setiap fitur-fitur yang ditonjolkan. Misalnya ketika ingin menunjukkan jika material produk berkualitas. Maka lakukan pemotretan produk secara close-up supaya material produk terlihat jelas mutunya.

Sangat penting pula menggunakan background yang sesuai dengan tema foto. Background produk tersebut boleh saja berganti asalkan tidak terlihat kontras atau berbeda dalam unggahan feed. Hindari background yang terlalu ramai karena membuat foto produk terlihat tidak jelas.

Apabila ingin memaksimalkan pengalaman berbelanja customer. Jangan ragu untuk menambahkan fitur shopping tag instagram dalam setiap foto produk. Sehingga mempermudah calon pembeli mempelajari produk dan akhirnya melakukan transaksi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Cara Promosi Instagram Bisnis

2. Gaya Hidup

Foto produk sangatlah penting, tetapi membagikan konten yang menunjukkan produk adalah bagian gaya hidup akan lebih menarik. Hal tersebut membuat para pelanggan melihat produk bermanfaat.

Contohnya ketika menawarkan pakaian dan sepatu olahraga. Tampilan foto haruslah model yang tengak berolahraga dan mengenakan produk. Cara satu ini juga efektif untuk membangun citra brand atau brand awareness. Bahkan, dalam satu foto tidak ada salahnya menampilkan beberapa produk sport.

Baik itu penggunaan baju, topi, sepatu, dan kaos kaki olahraga. Pada masing-masing produk yang dikenakan model tersebut dipasangka shopping tag instagram. Disinilah akan membuat exposure meningkat lewat postingan 1 buah konten. Supaya produk terlihat bervariasi maka tambahkan konteks produk.

3. Flatlay

Flatlay  merupakan jenis foto yang cara pengambilannya dengan diletakkan diatas media datar. Contohnya meja, lantai, tempat tidur, dan lainnya dengan tata letak yang kreatif. Pada penjualan pakaian biasanya menggunakan flatlay untuk inspirasi foto outfit of the day. 

Ciri khas konten flatlay terlihat simple, menarik, dan bersih. Sehingga lebih diminati anak muda. Dalam satu konten outflay dapat menampilakan lebih dari satu produk. 

4. Memainkan Pola Feed

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak akun instagram bisnis membuat pengaturan feed mengikuti pola tertentu. Tampilan feed akan terlihat menarik saat customer pertama kali mengunjungi profil bisnis. Faktanya cara seperti ini digunakan agar menarik customer lebih banyak. 

Ketika visual feed berhasil menarik perhatian audiens, otomatis mereka rela menghabiskan waktu melihat-lihat konten. Selanjutnya mempelajari mengenai produk untuk mencari apa yang dibutuhkan.

Kini pengaturan pola feed instagram dapat dilakukan dengan  udah. Misalnya dimulai dengan pengaturan feed dengan pola grid diagonal. Ada juga pola tiles yang memuat konten selang-seling hingga berbentuk sepeti papan catur.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pola feed yang banyak digunakan lainnya yakni pola baris yang setiap 3 deret foto dipenuhi dengan postingan. Selanjutnya 3 deret foto hanya latar berwarna putih atau desain lainnya. Pola puzzle juga sering digunakan untuk menampilkan foto dengan skala besar. Sebagus apapun pola feed harus terlihat rapi dan warna digunakan secara konsisten.

5. Membagikan Konten Bermanfaat 

Membagikan seputar konten produk nyatanya membuat audiens bosan. Oleh karena itu, bagikan pula konten lain yang dirasa bermanfaat dan mengedukasi customer. Contohnya, membagikan beragam quotes relevan dan menarik untuk dibaca audiens. Dapat juga membagikan tips-tips yang relevan dengan produk.

Ketika menjual makanan sehat, maka bagikan tips hidup sehat dan video tutorial membuat makanan sehat. Tipe konten yang dipublikasikan dapat menerapkan pola feed tiles. Alhasil, audiens tertarik berlama-lama di profil instagram dan mempelajari produk lebih lanjut.

6. Meme atau Konten Hiburan

Menyelipkan sedikit humor dalam setiap postingan instagram bisnis merupakan hal wajar. Misalnya menggunakan meme atau konten lucu. Manfaat yang diperoleh adalah mendorong jangkauan audiens lebih luas.

Terlebih lagi konten atau meme lucu membuat orang tidak ragu untuk membagikannya. Disinilah akan mendorong brand awareness bisnis muncul dan meningkat. Gunakanlah meme yang tengah tren supaya konten terlihat lebih segar. Selain itu, manfaatkan meme atau konten kocak untuk memperkenalkan produk yang dijual.

7. Konten Interaktif

Ide konten instagram bisnis lainnya yakni menciptakan konten yang interaktif. Dapat berupa konten quiz, game, giveaway, dan mengajukan pertanyaan. Faktanya konten interaktif ini akan efektif dalam menaikkan engagement sekaligu memelihara komunikasi dengan audiens.

Konten interaktif juga membantu instagram bisnis untuk memperoleh insight dari audiens. Sehingga penjualan dan pengembangan produk berjalan lebih optimal. Selain itu, tambahkan pula kalimat call to action dalam caption agar mendorong keterlibatan audiens. Misalnya mengajak followers tag teman, klik link, dan berkomentar.

8. Behind The Scene

Audiens banyak yang bertanya-tanya mengenai apa yang bisnis lakukan dari belakang layar. Oleh sebab itu, ide konten instagram bisnis yang dapat dibuat berupa konten behind the scene. Ide konten instagram bisnis satu ini mencerminkan persona brand.

Contohnya jika menjual tas kulit, buatlah foto atau video behind the scene pembuatan produk tas kulit. Metoode ini membuat produk terlihat lebih personal. Dampaknya custor merasa semakin dekat dengan brand.

Advertisement. Scroll to continue reading.

9. Momen Spesial

Faktanya audiens suka melihat konten yang menyajikan momen special. Contohnya momen saat liburan akhir tahun, natal, dan ulang tahun produk. Jadi, tidak ada salahnya membuat konten musiman dalam tiap momen spesial. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah waktu unggahan harus tepat pada hari momen special dilaksanakan. Cara seperti ini dapat menarik minat audiens sekaligus membangun hype terhadap brand. Terlebih lagi jika didukung dengan promo khusus pada setiap momen spesial.

10. Testimoni

Biasanya setelah customer melakukan transaksi, pemilik bisnis akan menanyakan perihal kepuasan menggunakan produk jualan di instagramnya. Jika mereka mengatakan puas, maka mintalah untuk membagikan foto dan review produk. 

Inilah testimoni yang dapat Anda publikasikan di feed khusus instagram. Konten testimoni tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari calon customer dan meningkatkan penjualan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...