Skip to content →

Ini Dia Potret Perempuan Inspiratif, Kartininya Lawyers Indonesia. Intip Yuk!

Deretan Perempuan Inspiratif Lawyers Ini Bukan Hanya Hebat, tapi juga Cerdas

Membicarakan perempuan inspiratif dan juga hebat, akan selalu dikaitkan dengan sosok kartini. Seorang pahlawan perempuan terkenal di Indonesia yang menginspirasi perempuan lain untuk bangkit dan bisa sejajar dengan laki-laki.

Kini setelah berpuluh tahun berlalu,semangat emansipasi itu terus menyala dengan banyaknya perempuan yang berkembang, setara serta bisa mengembangkan kemampuannya seperti laki-laki di semua sektor bidang.

Salah satu sektor yang menjadi saksi betapa perempuan Indonesia menyimpan potensi hebat adalah di bidang hukum. Meskipun identik dengan dunia laki-laki, nyatanya perempuan-perempuan ini bisa membuktikan sukses di usia muda. Berikut ini adalah potret para perempuan hebat yang terangkum dalam hukum online NexGen Lawyers 2019:

Claudia Trevena

Perempuan inspiratif yang pertama adalah Claudia Trevena, lulusan Hukum Universitas Trisakti ini dikenal cerdik membaca situasi, mengerti detail arahan hingga cerdas saat melakukan eksekusi. Bernaung di Firma Legisperitus Lawyers, Vena demikian ia dipanggil sangat berbakat dalam mengurusi masalah hukum yang berkaitan dengan kepailitan.

Sebagai konsultan hukum ia telah membuktikan keberhasilannya menangani berbagai kasus pailit dan menjadi lulusan pendidikan kurator terbaik.

Sinta Dwi Cestakarani

Sosok lain yang menginspirasi di bidang hukum adalah Sinta Dwi Cestakarani. Pengacara muda yang bergelut dengan hukum yang berkaitan dengan keuangan dan perbankan ini telah bertahun-tahun menangani transaksi yang berkaitan dengan dua hal tersebut.

Perempuan yang energik, cerdas dan kritis ini berkarier di Firma Walalangi & Partners. Selain itu Sinta juga sempat beberapa kali menerbitkan artikel hukum yang berskala internasional.

Amalia Prama Putri

Berkat kerja kerasnya selama 6 tahun, perempuan yang akrab dipanggil Amma ini berhasil diangkat menjadi  senior Associate tahun 2019 dan menjadi partners 3 tahun kemudian. Pengacara muda yang juga dikenal rendah hati ini bernaung pada Firma ABNR & Partners.

Amma pun diberikan kepercayaan untuk menangani berbagai macam transaksi yang berkaitan dengan bidang power project, fintech hingga project finannce.

Vera Harwanto

Perempuan inspiratif selanjutnya yang berkarier di dunia laki-laki adalah Vera Harwanto. Perempuan yang juga pengacara muda ini lebih banyak berkarier menangani permasalahan yang ada di dunia Aviasi.  Vera sendiri telah banyak memimpin proyek penerbangan. Kliennya pun tidak sembarangan mulai dari pemilik pesawat, pemberi sewa hingga operator pesawat yang ada di Indonesia.

Berkarier di Firma hukum Nurjadin Sumono Mulyadi & Partners memberikan ia kesempatan tidak hanya di bidang Aviasi, tapi juga investasi, merger dan akuisisi

Setyawati Fitri Anggraeni

Belajar tentang hukum, menjadi lawyer muda hingga dosen tidak membuat perempuan  penuh inspiratif ini merasa cukup. Ia mendirikan Firma dengan namanya dan mengelolanya bersama dengan beberapa karyawan.

Sebagai pengacara muda Fitri berkonsentrasi pada bidang hukum pidana, peradata serta arbitrase. Ia mempunyai banyak pengalaman di bidang sengketa dagang dan sengketa perdagangan internasional. Selain itu ia juga berpartisipasi sebagai Hakim Arbiter dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan di Hongkong yaitu Mooting Willem C. Vis International.

Safita Narthfilda

Perempuan ini merupakan konsultan hukum pada Oentoeng Suria & Partners. Paham bahwa ia telah berkeluarga, perempuan ini mempunyai komitmen untuk bisa menjadi seorang Ibu, Istri yang baik untuk anak dan suami di samping komitmennya sebagai pengacara muda. Di OSP Safita merasa beruntung menemukan banyak kesempatan dalam banyak transaksi yang tidak hanya menambah ilmunya, tapi juga wawasannya.

Victoria

Pengalamannya yang panjang saat melewati transisi dari  pengamat perkara pidana menjadi seorang pengacara korporasi dan ligitasi komersial. Namun, ia bisa melewatinya dengan mudah dengan bimbingan partners di ANSSlaw tempat ia berkarier.

Perempuan inspiratif ini punya banyak pengalaman utamanya di bidang penanaman modal.  Pada bagian permodalan dan perijinan Victoria berperan sebagai leader yang memberikan bantuan hukum pada E-commerce asing dan juga perusahaan marketplace.

Banyaknya pengalaman dalam transaksi tersebut telah menempanya menjadi salah satu pengacara muda yang kritis, kaya pengalaman dan juga cerdas dalam menangani transaksi lain yang hampir serupa.

Paula Aprijanto

Perempuan menginspiratif selanjutnya adalah Paula Aprijanto yang merupakan seorang Lawyers yang aktif di bidang pembentukan Holding BUMN.  Ia ahli dalam bidang hukum bisnis dan hukum publik.

Ia bekerja di firma hukum Melli Darsa & Co. Di tempat tersebut ia aktif ikut serta dalam berbagai transaksi yang berhubungan dengan sektor pasar moda, properti dan perbankan. Selain itu ia juga ikut membantu dalam audit hukum dalam berbagai perusahaan baik swasta atau pun BUMN.

Setelah beberapa tahun bekerja pada Melli Darsa, ia kemudian pindah menjadi Associate senior pada UMBRA. Di tempat ini ia terus meningkatkan kemampuannya utamanya dalam pembentukan holding. Berbagai sektor holding pernah ia tangani mulai dari holfing sektor perumahan, infrastruktur hingga pengembangan kawasan.

Aisyah Ramadhania

Saat kuliah ia memang lebih berkonsentrasi pada bidang hukum tata negara. Akan tetapi setelah lulus kuliah ia memutuskan untuk aktif menjadi corporate lawyer. Ia bergabung dalam firma hukum ADCO Attorneys at Law pada tahun 2016.

Di dalam firma tersebut ia berkonsentrasi pada bidang hukum ligitasi komersial, debt restructuring dan juga perselisihan hubungan industrial. Di samping bidang tersebut yang membuatnya tertarik adalah tentang transaksi dalam PKPU atau penundaan kewajiban pembayaran utang.

Menurutnya dalam bidang PKPU tidak hanya tentang legal formal, tapi juga hal lain yang erat berhubungan dengan keuangan, strategi dan perencanaan bisnis serta manajemennya. Selama tahun 2018 ia juga terlibat dalam restrukturisasi utang dari PT Merpati Airlines sebagai kuasa hukum.

Tracy Tania

Tracy Tania merupakan perempuan Inspiratif adalah pengacara muda yang peduli dengan work life balance.  Ia ingin membuktikan bahwa sukses sebagai pengacara muda, tapi juga dapat berperan sebagai istri yang baik.

Tracy memulai kariernya berawal dari magang di Assegaf Hamzah & Partners pada tahun 2011 hingga sekarang sebagai Associate senior termuda. Setelah berhasil menyelesaikan S2 nya di New York University ia kemudian menjadi bagian dari banking & finance practice group yang berfokus pada bidang restructuring and insolvency.

Stephanie Kandou

Pengacara muda sukses ini menilai bahwa menjadi seorang perempuan tidak perlu merasa rendah diri dengan kemampuannya. Ia yakin kemampuan yang dimiliki oleh perempuan bisa setara dengan laki-laki termasuk dalam profesi konsultan hukum.

Stephanie menjalani karier di firma hukum Makarim & Taira S sebagai Associate senior. Ia aktif terlibat dalam berbagai transaksi diantaranya adalah mendampingi klien dalam rangka pembiayaan pembangunan pembangkit listrik. Selain itu ia juga menjadi konsultan hukum dalam bidang general corporate law dan investment.

Demikian sekilas tentang potret perempuan inspiratif srikandi dalam bidang hukum sebagai lawyer muda yang menempuh berbagai tantangan dalam kariernya hingga berhasil seperti sekarang sebagai perempuan yang mandiri, cerdas dan juga tangguh.

Related Posts

Published in Inspirasi Tokoh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *