Intermezzo

Jenis Kapal Laut Berdasarkan Fungsinya

Kapal laut merupakan alat transportasi yang tak kalah peminat dibanding moda transportasi lainnya. Beroperasi di air, kapal laut memiliki banyak kegunaan dan...

Written by Dennis · 3 min read >
jenis kapal

Kapal laut merupakan alat transportasi yang tak kalah peminat dibanding moda transportasi lainnya. Beroperasi di air, kapal laut memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Selain mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lain, jenis kapal laut juga memiliki kegunaan lain. Diantaranya adalah untuk menangkap ikan dan mengantarkan barang barang dalam jumlah besar. Perlengkapan navigasi kapal pun menunjang keberlangsungan kapal laut ini. Karena ini, terdapat banyak macam kapal laut sesuai dengan kegunaannya dan tujuannya masing masing.

Sejarah Jenis Kapal laut

Jika kita kilas balik, kapal laut pada zaman dahulu sangatlah beda dengan sekarang. Perlengkapan kapal serta desain dari kapal itu sendiri, pada dahulu kala, kalah bagus dengan sekarang. Dulu, orang orang akan menggunakan jenis kapal yang sama untuk kegiatan yang berbeda beda. Mereka menggunakan kapal perikanan untuk menangkap ikan contohnya. Hal ini sangat tidak efisien.

Ini dikarenakan perlengkapan serta desain dari kapal perikanan tidak dapat memenuhi kebutuhan lain selain hanya untuk menangkap ikan. Contohnya, kapal perikanan tidak bisa secara utuh menopang keperluan logistic karena kapal perikanan tidak memiliki ruang yang cukup besar untuk kontainer ataupun barang logistik lainnya. Maka dari itu, orang orang mulai berinovasi untuk menicptakan kapal yang dapat digunakan untuk kegiatan yang berbeda beda.

Kita bisa melihat contoh itu di abad ke 21 ini. Sudah mulai banyak jenis kapal yang di desain dan dibuat. Pada tahun 2019, total dari kapal laut yang ada di dunia mencapai 51,684 kapal. Keseleruhunanya memiliki total berat yaitu 1,96 miliar ton. Ini sudah menunjukkan kemajuan dari zaman dulu yang dimana orang hanya bisa membuat kapal sederhana dari kayu kayu besar. Di zaman sekarang, kapal laut sudah dapat dikategorikan untuk mencapai kegunaan serta tujuannya sendiri. Maka dari itu, muncul banyak jenis kapal laut.

Kategori kapal laut

Kapal laut dapat dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria – mulai dari tenaga penggeraknya, jenis pelayarannya dan fungsinya. Berdasarkan tenaga penggerak, terdapat beberapa kapal. Diantaranya ialah kapal bertenaga manusia, kapal layar, kapal uap, kapal motor dan kapal nuklir. Berdasarkan jenis pelayarannya, terdapat kapal permukaan, kapal selam, kapal mengambang dan kapal bantalan udara. Yang terakhir berdasarkan fungsinya, terdapat kapal perang, kapal penumpang, kapal barang dan masih banyak lagi. Yang akan dibahas secara rinci dalam artikel ini adalah jenis jenis kapal berdasarkan fungsinya.

Terdapat banyak jenis jenis kapal laut berdasarkan fungsinya. Yang pertama ialah kapal feri. Kapal inilah yang paling diminati oleh turis serta orang yang gemar liburan. Kapal ini merupakan jenis kapal penumpang yang berlayar dalam jarak yang relatif dekat. Contohnya seperti antar pulau.

Kapal feri

Di Indonesia sendiri, kapal feri memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kapal feri menjadi pengangkut banyak orang yang tinggal di kota pesisir pantai. Secara utama, kapal feri digunakan untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, kapal feri juga digunakan untuk melakukan tour disekitaran area liburan. Contohnya pada negara Yunani, kapal feri digunakan untuk membawa turis mengarungi perairan indahnya.

Kapal kargo

Selain kapal feri, terdapat kapal barang. Kapal barang, sesuai namanya, merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut barang. Dalam Bahasa inggris, kapal ini dikenal dengan sebutan cargo ship. Kapal ini biasanya membawa banyak barang dalam sekali perjalanan. Jenis jenis barang yang dibawa sangatlah beragam. Mulai dari kebutuhan pangan, barang barang ekspor/impor serta barang mewah seperti mobil maupun motor.

Biasanya, barang barang di taruh dalam sebuah kontainer yang amat besar. Terdapat ribuan kapal barang yang berlabuh setiap tahunnya. Kapal ini juga sangat bermanfaat dalam menopang berlangsungnya perdagangan internasional karena membantu untuk mengirimkan barang ekspor dan impor. Kapal ini pun pada umumnya dilengkapi dengan crane dan kelengkapan lainnya yang mempermudah bongkar muat barang.

Perlu diketahui bahwa kapal barang sangat rawan menjadi objek pembajakan oleh bajak laut. Hal ini sering terjadi bahkan di lautan sekitar Asia, terutamanya di Selat Malaka. Oleh karena itu, negara negara yang berdekatan dengan laut tersebut akan memberikan perlindungan ekstra dalam bentuk tentara dan kapal perang agar tidak banyak terjadi pembajakan.

Kapal pesiar

Jenis kapal lain adalah kapal pesiar. Kapal ini hampir sama fungsinya seperti kapal feri. Jika kapal feri juga digunakan untuk mentransportasi orang, kapal pesiar digunakan khusus untuk pariwisata. Kapal pesiar membantu penumpang atau turis untuk lebih mudah melihat dan menikmati keindahan dari laut. Selain itu, perbedaan menonjol antara kapal pesiar dan kapal feri adalah fasilitas penginapannya. Dalam kapal feri, tidak ada bentuk penginapan apapun.

Namun dalam kapal pesiar, disediakan fasilitas penginapan dalam bentuk hotel yang biasanya berbintang dan mewah. Dengan fungsi demikian, kapal pesiar dapat melakukan perjalanan air dalam rentan waktu hari hingga minggu. Kapal ini juga berbeda dengan kapal samudra. Kapal samudra pada umumnya mengantarkan penumpang dari satu benua hingga benua lain. Namun, kapal pesiar hanya dikhususkan untuk rekreasi dan wisata.

Kapal tanker

Jenis kapal terakhir yang sering dijumpai adalah kapal tanker. Kapal ini sama halnya seperti kapal barang, namun secara spesifik digunakan untuk mengangkut minyak dan sejenisnya. Tanker juga memiliki desain yang lebih aman dan safety dibanding jenis kapal laut lain. Kapal tanker pun secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu crude carrier dan product tanker. Crude carrier adalah jenis kapal tanker yang dikhususkan mengangkut hasil tambang minyak yang belum sama sekali diolah. Product tanker disisi lain mengangkut produk minyak yang siap pakai dan sudah diolah.

Selain yang dicantumkan diatas, masih banyak lagi jenis jenis kapal. Kapal selam, kapal perang serta kapal derek diantaranya. Namun secara umum, yang diatas lah jenis jenis kapal yang sering ditemukan dan memiliki fungsi dan peran yang besar dalam kehidupan sehari hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *