Inspirasi

8 Jenis Kemasan Makanan Menarik yang Sering Digunakan

Produk makanan tentu saja tidak bisa lepas dari kemasan. Ada banyak jenis kemasan makanan yang dapat kamu gunakan. Namun, banyak pemilik usaha...

Written by SEO Expert · 3 min read >
8 Jenis Kemasan Makanan Menarik yang Sering Digunakan

Produk makanan tentu saja tidak bisa lepas dari kemasan. Ada banyak jenis kemasan makanan yang dapat kamu gunakan.

Namun, banyak pemilik usaha makanan tidak mengetahui apa saja jenis kemasan makanan tersebut, sehingga mereka menggunakan jenis kemasan yang sama dengan yang mereka lihat di pasar. Padahal, setiap jenis kemasan memiliki fungsinya sendiri. 

Selain berkaitan dengan fungsinya untuk melindungi produk makanan, kemasan juga mampu meningkatkan nilai jual produk. Produk yang dikemas secara baik dan eksklusif akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding dikemas dengan cara tradisional. 

So, buat kamu yang lagi mempersiapkan bisnis usaha kuliner, berikut 9 kemasan makanan yang sering digunakan dan cocok untuk produk kamu!

8 Jenis Kemasan Makanan Menarik

Vacuum Bag

Jenis Kemasan Makanan Menarik

Jenis kemasan makanan pertama yang sering digunakan dan pasti kamu mengetahuinya adalah vacum bag. Kemasan ini biasanya  untuk frozen food seperti seafood, bakso, daging, sosis. Namun saat ini vacum bag juga digunakan untuk kacang dan beras . 

Sistem vakum yang diterapkan dalam kemasan ditujukan untuk meningkatkan daya tahan dari produk tersebut. Hal ini karena saat proses vakum terjadi, udara yang ada di sekitar produk akan keluar sehingga mencegah proses oksidasi yang dapat menyebabkan kuman dan bakteri masuk ke dalam kemasan dan mempercepat kerusakan produk. 

Kemasan vacuum bag biasanya menggunakan bahan yang terbuat dari nylon dengan ketebalan 80 micron. Bahan tersebut ditujukan karena tebal dan mampu menghalangi udara untuk masuk. 

Nah, buat kamu yang berencana berbisnis frozen food, maka kemasan vacuum bag merupakan pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. 

Gable Box

Jenis Kemasan Makanan Menarik

Kemasan gable box merupakan kemasan yang dapat digunakan untuk makanan kering seperti roti dan biskuit. Kemasan ini dirancang untuk memudahkan pelanggan membawa produk yang dibeli. Dengan begitu, mereka tidak perlu menyediakan kantong belanjaan lagi. 

Selain digunakan untuk membawa makanan ringan, gable box juga digunakan untuk pengganti keranjang minuman. Ada beberapa coffee shop yang menggunakan kemasan ini, sehingga mereka tidak menggunakan kantong plastik lagi. 

Standing Pouch

Kemasan standing pouch cocok untuk produk padat maupun cair. Beberapa produk cair yang menggunakan standing pouch adalah saus, kecap, sabun cair, nata de coco, minyak goreng, dan masih banyak lagi. 

Kemasan produk cair menggunakan plastik sebagai bahan dasar kemasan karena anti bocor sehingga sangat aman bagi produk. Selain itu, kemasan juga dapat divakum untuk menghilangkan gelembung udara yang ada di dalam kemasan. 

Produk makanan kering juga menggunakan standing pouch sebagai kemasannya. Beberapa makanan tersebut adalah keripik, abon, granola, kopi, makaroni, dan masih banyak lagi. 

Standing pouch patut kamu pilih karena mampu menjaga isi produk di dalamnya dan memiliki ukuran yang berbagai macam. Selain itu, kemasan ini juga dapat ditambah zipper lock sehingga membantu pelanggan untuk membuka dan menutup kemasan lagi. 

Biasanya standing pouch yang digunakan untuk makanan memiliki ketebalan 120 micron dan material super clear pp. Kamu juga dapat mendesain sendiri standing pouch yang diinginkan, apakah full print atau ada bagian yang transparan. Lebih lanjut, bahan kemasan standing pouch ada berbagai macam, seperti aluminium foil, kertas, dan plastik. Kamu juga dapat menggabungkan dua bahan sekaligus dalam satu kemasan.

Baca juga: 9 Tips Bisnis Kuliner Online Omzet Puluhan Juta 

Food Pail

Apakah kamu pernah datang ke festival makanan? Nah, kamu pasti tidak asing dengan kemasan food pail

Food pail merupakan kemasan khusus makanan yang didesain khusus untuk membantu pelanggan ketika ingin menyantap hidangan tersebut. Kemasan ini berbentuk seperti mangkuk kubus dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun dapat menampung satu porsi makanan. 

Kemasan ini sangat cocok digunakan untuk jenis makanan rice box atau noodle box. Kamu hanya perlu menyediakan sumpit atau sendok lagi, maka pelanggan akan lebih mudah untuk menyantap hidangan saat perjalanan maupun di rumah. 

Food Tray

Selain food pail, ada juga kemasan yang ditujukan untuk makanan yang siap santap, yaitu food tray. Kemasan ini sering digunakan untuk makanan yang digoreng ataupun cemilan. Food tray merupakan kemasan yang praktis dan juga ekonomis serta kemasan sekali pakai.

Berbeda dari food pail, food tray biasanya tidak memiliki bagian atas sebagai penutup, sehingga makanan yang disajikan perlu dimakan secepatnya. Namun kedua kemasan ini menggunakan kertas yang tahan air dan minyak, sehingga mampu melindungi makanan yang ada di dalamnya. 

Lunch Box Bento

Jenis kemasan makanan yang sering digunakan selanjutnya adalah lunch box bento. Jenis kemasan ini sangat cocok digunakan buat kamu yang ingin membuka bisnis kuliner jenis bento. 

Bento merupakan bentuk penyajian makanan yang terdiri dari nasi dengan berbagai macam lauk. Seperti chicken teriyaki, chicken karage, salad, dan masih banyak lagi. Penempatan setiap item makanan juga memiliki space masing-masing sehingga satu item dengan item lain tidak akan tercampur. 

Kelebihan dari kemasan ini adalah praktis, karena pelanggan tidak perlu memindahkan makanan ke tempat lain. Mereka dapat langsung menikmatinya. Selain itu, kemasan ini juga aman untuk dibawa kemana-mana. 

Paper Bowl

Jika food pail dan food tray cocok untuk makanan yang kering, maka jenis kemasan makanan yang berkuah adalah paper bowl. Kemasan ini memiliki bentuk yang bulat serta memiliki tutup dan didesain untuk menampung makanan yang berkuah atau bersaus. Seperti bakso dan mie ayam. 

Walaupun terbuat dari kertas, jenis kemasan makanan ini mampu menahan makanan berkuah di dalamnya. Karena kertas yang digunakan memiliki ketebalan tertentu seperti karton. 

Paper Packing

Jika kamu pecinta makanan cepat saji atau sering berbelanja di toko roti, maka kamu pasti familiar dengan jenis kemasan makanan ini. Paper packing merupakan kemasan makanan yang simple dan cocok untuk makanan siap santap. Kemasan ini hanya menggunakan kertas yang dibuat seperti kantung, dan di dalamnya diisi makanan seperti burger, fried chicken, roti, dll. 

Karena banyak digunakan oleh restoran fast food, maka kemasan ini biasanya menggunakan bahan kertas  yang anti minyak dan air. Sehingga dapat melindungi produk yang ada di dalamnya. 

Sekarang kamu sudah mengetahui jenis kemasan makanan apa saja yang sering digunakan oleh produsen makanan serta jenis makanan yang cocok untuk setiap jenis kemasan. Pilihlah kemasan yang sesuai dengan produk yang kamu sajikan serta desain semenarik mungkin dan tentukan ukurannya. Kemasan yang baik adalah kemasan yang praktis, mampu membantu konsumen untuk menyantap makanan di dalamnya, serta menarik. 

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *